4 Manfaat Makan Beralaskan Daun Pisang

Di Jawa Barat Makan Dengan Alas Daun Pisang Adalah Hal Yang Sangat Menyenangkan!

Sejatinya makan yang baik adalah, makan dengan alas piring di barengi dengan sendok dan garpu. Namun jika kita ingin makan di restoran tradisional kita akan disuguhkan hidangan beragam makanan yang beralaskan daun pisang. Di Jawa Barat misalnya, banyak restoran tradisional yang menyediakan hidangan dengan alas daun pisang. Bukan hanya di restoran saja, masyarakat juga sering memakai daun pisang ketika mengadakan suatu acara makan tertentu.

4 Manfaat Makan Beralaskan Daun Pisang

Kuno? Memang. Kurang elit sudah pasti, mungkin bagi orang kota bila harus makan dengan alas daun pisang akan mengatakan jijik dan tidak sopan. Namun tahukah Anda, cara makan tradisional yang telah di lakukan sejak jaman dulu ini ternyata memberi banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh maupun manfaat bagi lingkungan. Apa saja Manfaat tersebut, berikut ulasannya.

Empat Manfaat Makan dengan Alas Daun Pisang :

1. Tubuh Menjadi Sehat

Dalam beberapa penelitian daun pisang diperkaya akan polifenol, sebuah antioksidan yang sama yang bisa ditemukan dalam daun teh hijau. Polifenol merupakan anti oksidan alami yang mampu melawan radikal bebas dan dapat mencegah berbagai penyakit. Daun pisang memang tidak dianjurkan untuk di makan langsung karena sangat sulit untuk di cerna. Namun ketika daun pisang di gunakan untuk membungkus makanan, makanan di dalamnya bisa menyerap polifenol dari daun pisang. 

Selain itu daun pisang juga diyakini mengandung antibakteri yang membunuh kuman serta bakteri pada makanan sehingga mengurangi risiko Anda terkena penyakit. Dengan catatan, jika daun pisang sebelumnya telah dibersihkan dan juga berasal dari lingkungan yang bersih.

2. Makanan Terasa Lebih Nikmat

Daun pisang memiliki lapisan seperti lilin yang memiliki aroma khas. Ketika makanan panas ditempatkan di atas atau dalam daun tersebut, 'lilin' akan meleleh dan menebarkan aroma harum tersebut ke makanan. Rasa makanan pun jadi lebih nikmat dan enak disantap. Sebagai perbandingan, lontong yang dibungkus menggunakan daun pisang dengan lontong yang dibungkus plastik, tentu rasanya jauh lebih enak lontong pertama.

3. Daun Pisang Lebih Ramah Lingkungan

Mengemas makanan dengan wadah plastik atau styrofoam adalah bentuk sikap tidak peduli lingkungan. Plastik dan styrofoam sulit terurai oleh tanah dan membutuhkan waktu hingga puluhan, bahkan ratusan tahun untuk bisa menyatu dengan bumi. Makanan yang dibungkus dalam daun pisang jauh lebih ramah lingkungan karena mudah terurai dalam waktu singkat. Hanya dalam hitungan minggu, bahkan hari. Jadi jangan pernah mengatakan jijik dan tidak tau akan kesehatan kalau anda diberi makanan dengan bungkus daun pisang!

4. Daun Pisang Lebih Aman

Berbeda dengan alas makan lainnya seperti piring/mangkok yang terbuat dari plastik, melamin atau metal, daun pisang adalah produk alami yang dihasilkan oleh pohon pisang. Daun pisang hanya di gunakan sekali pakai, sedangkan piring dan mangkok di pakai beberapa kali hingga tak terhitung jumlah pemakaiannya. Dalam pembersihannya, untuk mencuci piring dan manggkok haruslah menggunakan sabun dan air. Tentunya cara pencucian ini akan meninggalkan jejak-jejak atau residu bahan kimia dan jika tidak benar-benar bersih dibilas, akan menimbulkan racun. Sedangkan daun pisang cukup dibersihkan dengan cara dicuci di dalam air bersih, lalu dilap menggunakan kain bersih. Sehingga makanan bebas bahan kimia.

Nah itulah mungkin berbagai Manfaat makan dengan Alas Daun pisang bagi kesehatan dan Lingkungan
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.