6 Teknologi Otomotif Yang Akan Jadi Kenyataan

Di dunia fantasi seperti film, kita selalu melihat beragam jenis mobil dengan teknologi super canggih yang sering digunakan sebagai kendaraan para pemeran. Kita sering berpikir akan kah mobil-mobil canggih tersebut bisa kita gunakan di dunia nyata. Pastinya dunia akan lebih berwarna.

Kini semakin berkembangnya teknologi dan ilmu pengetahuan, semua yang menjadi fantasi saja, kini bisa terwujud. Sejak pertama kali mobil diciptakan yang awalnya adalah hal mustahil ternyata bisa juga di realisasi-kan. Seperti yang sedang hangat sekarang ini, munculnya berbagai mobile pintar yang diperkenalkan oleh Google. Mobil besutan google ini dapat mengemudi sendiri atau tanpa pengemudi di dalamnya.

Belum lagi beberapa mobil baru seperti mobil listrik yang awalnya pesimis untuk di ciptakan, kini banyak perusahaan yang terus mengembangkan produk mobil ini. Buat kedepan-nya diharapkan mobil listrik dapat menggantikan mobil-mobil berbahan bakar premiun. Yang sejatinya bahan bakar yang banyak di gunakan pada mobil, perlahan persediaan-nya terus menipis.

Melihat perkembangan tersebut bukan tak mungkin yang selama ini kita hayal-kan mobil mobil keren seperti dalam dunia fantasi bisa menjadi kenyataan. Berikut adalah Teknologi Otomotif yang akan menjadi kenytaan dalam kurun waktu 10 tahun ke depan :

10 Teknologi Super Canggih Otomotif Yang Akan Menjadi Kenyataan :

1. Mobil autonomous

6 Teknologi Otomotif Yang Akan Jadi Kenyataan

Dalam dunia fantasi seperti film kita sering melihat banyak mobil yang berjalan sendiri tanpa ada pengemudi di dalamnya. Kini mobil seperti itu ada di dunia nyata. Adalah mobil autonomous (mobil tanpa pengemudi) milik google yang sudah di ujicobakan selama beberapa tahun kebelakang.

Selain Google, beberapa produsen lainnya juga tengah berusaha mengembangkan mobil autonomous, agar kelak mobil ini bisa digunakan secara massal dalam 10 tahun kedepan.

Dengan adanya mobil ini diharapkan dapat mengurangi tingkat kemacetan, mengurangi reskiko kecelakaan, dan yang paling penting adalah para pengguna tidak perlu repot mengemudi sambil menelpon atau dandan selama di perjalanan. Akan ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan dari mobil yang satu ini.

2. Mobil listrik yang lebih murah

6 Teknologi Otomotif Yang Akan Jadi Kenyataan

Mengingat persediaan minyak bumi dunia yang akan habis dalam beberapa tahun kedepan. Banyak beberapa produsen otomotif dunia yang berpikir untuk mengembangkan teknologi mobil listrik. Dimana kelak mobil ini bisa digunakan tanpa harus menggunakan bahan bakar minyak.

Negara yang tengah menggenjot teknologi ini adalah Amerika Serikat, negara adidaya ini tengah memproduksi massal mobil listrik. Tapi yang menjadi permasalahan disana, warga Amerika masih pesimis dan belum banyak yang percaya akan mobil listrik. Mereka enggan membeli karena harganya yang lebih mahal dari mobil berbahan bakar minyak.

Mahalnya harga mobil listrik disebabkan oleh baterai mobil listrik Lithium Ion yang sangat mahal. Jika harga baterai tersebut tidak turun, harga mobil listrik juga tidak akan turun. 

Akan tetapi, para peneliti mulai mengembangkan baterai yang terbuat dari lithium polymer yang dipercaya lebih tahan lama, lebih ringan, lebih mudah beradaptasi, dan lebih murah untuk diproduksi. Dengan demikian, harga mobil listrik juga akan semakin murah.

So, kita tunggu saja kapan mobil hemat energi ini bisa masuk ke Indonesia..

3. Tenkonolgi Fitur pengaman aktif

6 Teknologi Otomotif Yang Akan Jadi Kenyataan

Mobil-mobil modern dan canggih saat ini sudah dilengkapi dengan banyak fitur keselamatan, antara lain anti-lock brakes system, forward collision warning, adaptive cruise control, dan lain sebagainya. Namun, satu lagi fitur keamanan yang belum banyak digunakan oleh para produsen mobil, yakni display transparan di kaca depan mobil. 

Beberapa mobil saat ini memang sudah dilengkapi layar display yang akan menampilkan informasi seberapa cepat mobil melaju dan sedang pada posisi gigi berapa. Namun, ke depannya, layar display ini akan menampilkan informasi yang lebih lengkap lagi sehingga pengemudi tetap dapat melihat ke depan (jalanan) sambil melihat informasi yang disediakan, misalnya petunjuk jalanan akan berbelok ke kanan atau kiri, petunjuk nama jalan, kondisi kemacetan, dan sebagainya.

4. Komunikasi antar-mobil

6 Teknologi Otomotif Yang Akan Jadi Kenyataan

Teknologi super canggih yang banyak diharapkan oleh semua orang termasuk saya adalah teknologi yang memungkinkan mobil-mobil dapat berkomunikasi dengan yang lainnya. Dalam hal ini, nantinya setiap mobil dapat berkomunikasi dengan mobil lainnya menggunakan transmiter yang dipasang di setiap mobil. Dengan demikian, setiap mobil dapat bertukar data mengenai kecepatan yang digunakan dan lokasi yang akan di lewati.

Dampak positifnya adalah setiap mobil jadi dapat mengetahui daerah mana yang sedang macet, serta setiap mobil juga dapat menghindari menabrak satu sama lain berkat adanya komunikasi tersebut.

5. Mobil jejaring

6 Teknologi Otomotif Yang Akan Jadi Kenyataan

Mobil jejaring (networked cards) merupakan perkembangan dari mobil autonomous. Bedanya, mobil jejaring ini seperti taksi yang dapat kita panggil dari mana saja, dan mobil ini akan mengantarkan kita ke tujuan yang diinginkan. Anda dapat memanggil mobil jejaring ini menggunakan aplikasi pada ponsel pintar.

Mungkin Anda berpikir bahwa ini adalah hal yang sangat mustahil, tapi kenyataannya General Motors sedang mematangkan rencana untuk melakukan uji coba pada generasi kedua EN-V di beberapa negara pada tahun 2020. Mobil jejaring ini sangat berguna bagi orang-orang yang tidak memiliki mobil atau tidak dapat mengemudi, seperti orang tua.

6. Mobil terbang

6 Teknologi Otomotif Yang Akan Jadi Kenyataan

Terakhir salah satu teknologi yang sangat dinanti-nanti kemunculannya adalah mobil terbang. Sudah sekian lama banyak para ilmuan yang ingin mengembangkan teknologi yang satu ini. Dalam buku sejarah, percobaan mobil terbang sudah dimulai sejak tahun 1917 oleh seorang ilmuan bernama Curtiss Autoplane. Saat ini, banyak produsen otomotif yang mulai mengembangkan mobil yang dapat terbang, salah satunya adalah Terrafugia yang menciptakan mobil bernama Transition.

Mobil ini diperkenalkan dan melakukan demonstrasi pertama kali pada Juli 2013. Karena itu, bersiaplah untuk mengendarai mobil terbang dalam beberapa dekade mendatang. Akankah mobil terbang ini bisa masuk indonesia, kita tunggu saja kawan...


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.