Danau Unik Di Trinidad Isinya Aspal Yang Lengket

Aneh, Danau Ini Di isi Penuh Oleh Aspal, dan Kini Menjadi Salah Satu Tempat Favorit Wisatawan

Jika biasanya danau yang sering kita kunjungi  selalu berisikan air jernih dan bersih. Namun danau yang satu ini berbeda dengan danau pada umumnya. Danau yang terletak di Desa La Brea, Trinidad Afrika, tidak berisikan air yang jernih, tapi di isi oleh Aspal alami yang lengket. Danau ini bernama Danau Pitch, mereka menyebutnya danau Aspal sekaligus sumber aspal terbesar di dunia. Danau Pitch memiliki kandungan aspal alami terbesar di dunia. Setidaknya, ada 10 juta ton aspal alami di danau tersebut.
Danau Unik Di Trinidad Isinya Aspal Yang Lengket

Danau unik ini kali pertama ditemukan oleh Sir Walter Raleigh pada tahun  1595. Raleigh memanfaatkan aspal danau untuk memperbaiki kapal-nya. Segera setelah danau ini terekspos, pertambangan di danau aspal ini pun dimulai pada tahun 1867.

Aspal di danau ini tidak hanya digunakan di Trinidad, Tobago saja melainkan digunakan di pulau-pulau lain di Karibia. Tak hanya itu, aspalnya juga telah digunakan untuk permukaan jalan dilebih dari 50 negara termasuk Amerika Serikat, Inggris, India, Singapura, Mesir , dan bahkan Jepang.

Sejumlah investigasi penelitian dilakukan untuk meneliti komposisi aspal di danau tersebut. Ada teori yang tak terhitung jumlahnya, postulasi, dan kesimpulan mengenai ukuran, sumber, dan aspal. Namun ada satu teori yang mengatakan bahwa danau ini terbentuk selama ribuan tahun lalu oleh proses subduksi, ketika jalur patahan bumi menyebabkan minyak naik ke permukaan.

Permukaan di danau ini semi solid sehingga siapapun dapat berjalan di atasnya. Namun, di beberapa area danau, aspal ini melembut sehingga dapat membuat Anda sedikit tenggelam ketika menginjaknya. Air yang ada di danau ini terasa lengket di kulit karena tercampur aspal. Aspal yang ada di danau kebanyakan berwarna hitam dan kental.

Kolam belerang muncul setiap musim hujan. Dimana air berkumpul pada celah-celah permukaan aspal padat di danau dan tampak seperti kolam. Kandungan belerang di kolam ini cukup tinggi dan diyakini bisa menyembuhkan penyakit kulit serta nyeri sendi.

Danau Unik Di Trinidad Isinya Aspal Yang Lengket

Kini, danau yang luasnya mencapai 41 hektare dan kedalamannya mencapai 75 meter merupakan objek wisata yang menarik sekitar 20.000 pengunjung setiap tahunnya. Selain tempat objek wisata, d danau ini juga menjadi tempat pertambangan aspal. Sebagai keajaiban alam, danau ini memiliki nilai sosial dan ekonomi yang besar untuk penduduk desa ini.

Jika tertarik berkunjung, Anda bisa datang ke danau setiap hari sejak pukul 09.00 hingga 17.00. Biaya masuknya sebesar US$ 12 (Rp 158 ribu) untuk anak di bawah 12 tahun dan US$ 30 (Rp 395 ribu) bagi yang usianya di atas 13 tahun.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.