Tak Bisa Jadi Dokter Pria Ini Sukses Buka Usaha Cuci Mobil Tanpa Air

Jalan Sukses Itu Beragam Kawan :

Tak selamanya pendidikan yang telah kita tempuh sejalan dengan apa yang kita inginkan. Seperti kisah yang di alami oleh Pria Makassar bernama Yus Ardiansyah. Sejak kecil pria ini mempunyai impian ingin menjadi seorang dokter, saat kuliah ia pun masuk ke universitas kedokteran di Universitas Muslim Indonesia, Makassar. Namun apa yang terjadi, dia tidak bisa menyelesaikan kuliah-nya tersebut. Dan cita-cita untuk menjadi dokter pun hilang sudah.

Tak Bisa Jadi Dokter Pria Ini Sukses Buka Usaha Cuci Mobil Tanpa Air

Namun, Yus (nama panggilan) tidak pernah putus asa, di saat dia gagal menjadi seorang dokter, ia malah sukses menjadi seorang pengusaha. Dari usaha cuci mobil tanpa air yang ia lakoni tak lama ini, membuat namanya mulai dikenal banyak orang. Kecintaan dirinya kepada dunia penelitian telah berhasil membuat sebuah terobosan baru, yakni menemukan alternatif untuk mencuci mobil tanpa menggunakan Air. 

Kenapa Bisa Berikut rangkaian pernyataannya :

Dalam suatu sesi wawancara Yus Ardiansyah menyatakan bagaimana ia menemukan inspirasi untuk membuka usaha cuci mobil tanpa menggunakan Air. Awalnya ia melihat masalah yang sering terjadi di Makassar. Di Makassar setiap cuci satu unit mobil bisa menghabiskan 500 liter air dan 90% air yang di gunakan adalah air tanah. Yus berpikir jika seandainya penggunaan air ini terus menerus dilakukan pasti akan menimbulkan efek yang kurang nyaman di masyarakat. Dari sanalah, bisnis cuci mobol tanpa air (door to door) dimulai.

Yus mulai melakukan penelitian membuat ramuan cuci mobil tanpa menggunakan air. Akhirnya ia temukan formula yang ia beri nama Yussie di tahun 2012 hasil penelitiannya dengan mengekstrak tumbuhan tertentu.
"Jadi ada formula yussy, berupa cairan tetapi tidak mengandung air, dari ekstrak tumbuhan. Dia seperti minyak bisa melepas kotoran dengan otomatis," imbuhnya.
Idenya itu dimulai tahun 2012 dan di tahun itu juga ia mulai membangun bisnis cuci mobil door to door dengan beberapa rekan temannya. Yus menjelaskan mencuci mobil tanpa air menggunakan formula Yussie juga ada teknik tertentu.
"Kita gunakan kain lap micro fiber atau kain lap yang 10 kali lebih halus. Lalu cara mengelap ini punya teknik tersendiri, di-wipe dulu kemudian di-buff. Jadi ada tekniknya," paparnya.
Cairan Yussie digunakan untuk membersihkan bagian dalam dan luar mobil. Kotoran yang menempel pada body mobil hingga roda kendaraan akan rontok seketika menyemprot cairan Yussie dan cairan itu merupakan oil base.
"Cuci mobil dengan menggunakan cairan Yussie untuk semua bagian mobil baik luar dan dalam. Jadi pakai formula itu tinggal disemprot dan kotoran hilang karena mengandung oil base dengan konsentrasi seperti minyak cukup tinggi," tuturnya.
Dalam sehari biasanya Yus menggunakan 1 botol berisi 375 ml cairan Yussie untuk membersihkan 5 unit mobil. Sekali cuci mobil Yus mematok tarif Rp 50.000. Saat ini Yus masih sebatas membuka bisnis di Makassar, Sulawesi Selatan. Seiring berjalan waktu kini Yus mempunyai 12 tim, masing-masing tim mempekerjakan 2 orang. 

Yus belum mau memberikan detil omzet yang ia dapatkan setiap bulannya. Dalam waktu dekat, Yus akan kembangkan bisnis serupa di Jakarta karena peluang yang cukup besar.
"Kalau omzet sudah bisa mencukupi kebutuhan hari-hari. Formula ini untuk membersihkan semua yaitu kaca, interior, dan kita sudah produksi sabun-nya juga. Semua bahan kita produksi dari tumbuhan kami ekstrak dan diambil konsistensi seperti minyak," ujar Yus yang menyabet juara Wirausaha Mandiri Pemula oleh Bank Mandiri.
Yaps semoga di Indonesia muncul lebih banyak lagi wirausaha wirausaha kreatif seperti Yus Ardiansyah. Tak ada salahnya menjadi seorang pengusaha, karena menjadi seorang pengusaha apa pun kita yang menentukan, toh yang menjadi bosnya kita sendiri.

Salam Sukses...
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.