6 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Anda Kurang Minum

Anak-Regular | Makan dan Minum adalah suatu kewajiban yang harus di penuhi oleh seluruh makhluk hidup setiap harinya.

Sebagai makhluk hidup manusia tak bisa lepas dari aktivitas makan dan minum. Makan dan minum adalah kebutuhan primer yang harus selalu terpenuhi setiap harinya. Tanpa makan dan minum manusia tidak akan bisa bertahan lama untuk bisa hidup di dunia ini.

6 Dampak Buruk Bagi Kesehatan Jika Anda Kurang Minum

Makanan dan minuman yang dikonsumsi akan memberikan tenaga dan membantu proses metabolisme pada tubuh. Pentingnya asupan makanan memang tak terbantahkan lagi. Namun saat ini banyak orang mulai mengabaikan 'kewajiban' tersebut.

Seperti yang terjadi setiap harinya, ketika mau berangkat kerja atau berangkat sekolah, kadang banyak orang yang melupakan sarapan pagi. Banyak dalih yang diungkapkan yang pada akhirnya lupa tidak memberikan asupan pada tubuh. Hal ini sepertinya menjadi kebiasaan bagi banyak orang, mulai melupakan sarapan di pagi hari. Padahal sesungguhnya sarapan di pagi hari sangatlah baik bagi tubuh kita.

Terutama minuman, jika seseorang kekurangan cairan dalam tubuh, bisa dipastikan tubuh tidak akan bekerja dengan baik. Kekurangan cairan dalam tubuh akan menyebabkan dehidrasi yang berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya tubuh cepat lemas dan capek serta fungsi beberapa organ pada tubuh akan berkurang.

Nah berikut adalah beberapa efek buruk ketika tubuh kurang minum yang dikutip dari berbagai sumber :

1. Tubuh akan cepat lelah dan lemas

Tak bisa kita ingkari, bahwa air merupakan sumber energi 'wajib' yang paling penting dalam tubuh manusia. Kekurangan cairan pada tubuh akan menimbulkan dehidarasi yang menyebabkan aktivitas enzimatik dalam tubuh menjadi sangat lambat. Hal ini sangat berdampak buruk bagi tubuh. Tubuh akan cepat merasa lelah dan bahkan pusing ketika kekurangan cairan. Untuk mengatasinya alangkah baiknya kita memberi asupan cairan kepada tubuh setiap satu jam sekali. Seperti disaat sedang bekerja, walaupun tidak sedang haus, asupan cairan pada tubuh tak boleh ditinggalkan.

2. Asma dan alergi

Ketika dehidrasi, tubuh akan membatasi keluar masuknya udara sebagai sarana untuk 'menghemat' air. Selain itu, tingkat histamin yang diproduksi oleh tubuh juga akan meningkat secara eksponensial sebagai efek dari kadar air yang terus-menerus turun. 

3. Kolesterol tinggi

Kekurangan air dalam tubuh memang sangat berakibat fatal, selain menimbulkan dehidrasi. Tubuh yang kekurangan cairan akan secara alami menghasilkan lebih banyak kolesterol guna mencegah kadar air di dalam sel-sel semakin menurun.

4. Masalah kandung kemih atau ginjal

Dengan tubuh yang sedang mengalami dehidrasi, akumulasi racun dan limbah asam akan menciptakan lingkungan di mana bakteri berkembang lebih banyak. Efeknya kandung kemih dan ginjal menjadi lebih rentan terhadap infeksi, peradangan dan nyeri.

5. Sembelit

Ketika kekurangan air, usus besar adalah salah satu organ tubuh yang menarik air guna memberikan cairan untuk fungsi tubuh yang vital lainnya. Tanpa asupan air yang cukup dalam jangka waktu lama, sisa-sisa makanan yang bergerak melalui usus besar juga akan menjadi lebih lambat atau kadang-kadang tidak bisa bergerak sama sekali sehingga mengakibatkan sembelit.

6. Naik berat badan

Saat dehidrasi, tubuh tidak dapat menghilangkan racun dalam tubuh secara efektif sehingga akan tersimpan di dalam sel-sel lemak. Selanjutnya, tubuh juga tidak akan mampu melepaskan lemak dan membuang racun-racun tersebut kecuali kebutuhan cairan telah terpenuhi.

Jadi, tak ada kata tidak untuk minum, minum dan makan memang wajib kita lakukan. Dan untuk urusan minum walau kita sedang sibuk bekerja atau belajar, kita harus tetap minum setidaknya setiap satu jam sekali, walaupun kita tidak merasa haus. 
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.