Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Di Depan Komputer Seharian

AnakRegular | Mata adalah organ tubuh yang sangat vital adanya, mata yang sehat akan memberikan hasil yang memuaskan bagi penggunanya.

Saat ini kebutuhan akan komputer atau laptop memang tak terbantahkan lagi. Komputer seakan menjadi teman dalam kehidupan kita. Pelajar dan pekerja tak pernah lepas dari benda elektronik ini. Belajar atau bekerja di depan komputer seharian rentan membuat mata lelah.
Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Di Depan Komputer Seharian
Mata yang lelah akan membuat pekerjaan pun tertunda
Untuk itu para pakar mengatakan pentingnya menjaga kesehatan dan mengatasi mata lelah yang disebabkan bekerja di depan komputer yang terlalu lama. Untuk itu setiap beberapa saat adakalanya mata kita harus diistirahatkan, jangan terlalu dipaksakan untuk bekerja. Karena jika dipaksakan takutnya mata akan tidak sehat dan penglihatan mulai terganggu.

Mengutip dari perkataan dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung yang mengatakan "biasanya banyak orang yang bekerja menggunakan komputer selalu bermasalah dengan matanya, para pekerja kerak memakai komputer untuk bekerja dengan jarak yang dekat". Semakin dekat dan semakin sering menggunakan komputer, mata akan bekerja lebih keras dan menyebabkan lebih mudah lelah.

Baca juga :
  1. 5 Antibiotik Alami Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
  2. Cara Melakukan Olahraga Pagi Dengan Benar

Menggunakan komputer atau laptop dengan jarak dekat apalagi kalau kontras nya tidak diatur akan menyebabkan mata cepat lelah dan perih. Mata yang lelah tidak seperti lelah yang dialami oleh organ tubuh lainnya.

dr Syumarti lebih lanjut mengatakan ada dua cara untuk mengistirahatkan mata yang lelah. Cara paling mudah adalah dengan memejamkan mata selama 15 menit. Memejamkan mata bertujuan untuk mengurangi ketegangan yang terjadi di mata karena terus menerus melihat komputer.

Yang kedua adalah melihat benda atau objek yang jaraknya jauh, kurang lebih 6 meter selama 10-15 menit. Selain mengurangi ketegangan yang terjadi di mata, melihat benda yang jauh juga mengembalikan fokus mata kembali normal karena sebelumnya terlalu fokus ke layar komputer.

Pijat ringan pada kelopak mata juga merupakan teknik lain yang memberi manfaat besar. Perlu diingat, pastikan tangan Anda bersih. Kemudian tutup mata dan gunakan ujung jari Anda untuk memijat permukaan kelopak mata dengan lembut dan gerakan melingkar. Lakukan selama 1-2 menit hingga terasa lebih rileks.

Perlu diingat untuk melakukan latihan ini secara perlahan dan tidak mengerahkan banyak tekanan, sebab ini justru merusak mata Anda.

Selain menutup mata dan membiarkan mata istirahat sejenak, cara lain seperti menggunakan tetes mata lubrikan (artificial tears) yang sekarang banyak dijual di pasaran juga dapat membantu memberikan efek rileks.

Sayangi mata Anda jangan terlalu memaksakan untuk bekerja terus menerus, dan jika pun harus menggunakan komputer seharian ada bagusnya setiap satu jam sekali meluaangkan waktu sebentar untuk mengistirahatkan mata, agar mata tetap sehat dan bisa berguna dengan baik setiap saat.

Selamat mencoba, dan salam sehat dari AnakRegular : 
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.