10 Penyebab Yang Membuat Kulit Anda Berminyak

AnakRegular | Kulit yang bersih dan sehat akan membuat Anda tetap cantik dan Elegan

10 Penyebab Yang Membuat Kulit Anda Berminyak

Penyebab Kulit Berminyak | Kulit merupakan bagian tubuh yang selalu bebepapasan langsung dengan sinar matahari. Untuk itu sangat penting bagi kita mengerti dan memahami jenis kulit yang dimiliki. Dalam dunia kesehatan setidaknya ada 3 jenis kulit yang harus kita pahami mulai dari kulit berminyak, kulit kering, dan kombinasi keduanya. 

Karena itu mengetahui jenis kulit sangat diperlukan, agar ketika kulit Anda mengalami masalah kesehatan Anda tahu bagaimana cara mengatasinya. Seperti kulit berminyak, keadaan kulit berminyak selalu jadi masalah bagi banyak orang. Kulit berminyak sangat mudah terkena kotoran. Akibatnya jerawat dan serentetan masalah kulit lainnya kerap terjadi pada kulit yang berminyak.

Dalam penelitian terbaru beberapa orang cenderung memiliki kulit yang berminyak. Ada banyak faktor yang menyebabkan kulit Anda menjadi berminyak, salah satunya karena faktor genetika. Kulit berminyak yang disebabkan oleh faktor genetik cenderung sulit untuk diatasi. Selain faktor genetika kulit berminyak juga bisa disebabkan oleh berbagai hal. Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan kulit berminyak, silahkan disimak :

10 Penyebab kulit Anda menjadi berminyak :


Penggunaan Kosmetik

Kosmetik memang tidak memengaruhi kulit berminyak secara langsung, namun riasan wajah yang terlalu berat dapat menghalangi minyak untuk keluar sehingga jerawat mudah sekali muncul bahkan meradang. Hindarilah penggunaan make up tebal dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Penyebab kulit berminyak ternyata cukup banyak, usahakan agar Anda tidak salah memilih kosmetik atau melakukan gaya hidup tidak sehat. Rawatlah selalu kebersihan wajah dengan mencuci wajah menggunakan pembersih atau sabun cuci muka supaya wajah Anda terbebas dari minyak berlebih dan jerawat yang biasanya akan menjadi bonus yang tidak menyenangkan yang dapat memengaruhi kecantikan kulit wajah Anda.

Siklus Menstruasi

Beberapa wanita akan mengeluh mengenai jerawat yang timbul lebih banyak ketika siklus menstruasi datang, ini disebabkan karena perubahan hormon. Hormon yang tidak stabil ditengarai mampu mensyimulus kelenjar minyak yang pada akhirnya akan membuat kotoran mudah menempel dan pori-pori tersumbat hingga jerawat mudah muncul. Supaya kulit wajah tidak terlalu berminyak gunakan pembersih wajah yang tepat, berbentuk foam dan tidak memiliki kandungan minyak di dalamnya.

Stres

Perubahan sikap dan perilaku wanita bukan melulu disebabkan karena perubahan hormon karena datang bulan, tekanan batin dan pikiran menjadi alasan yang tepat mengapa banyak orang yang mengalami stres dan membutuhkan obat untuk menenangkan diri. Stres bisa dipicu oleh beberapa faktor, baik dari dalam lingkungan rumah maupun dari luar lingkungan rumah, yakni masalah pekerjaan atau pergaulan di luar rumah. Stres sebenarnya bisa diatasi dengan mudah, cukup dengan mengerjakan sesuatu yang menyenangkan dan mengalihkan diri dari rutinitas harian yang membuat Anda tertekan. 

Disaat Anda stres, hormon kortisol akan dilepaskan secara otomatis untuk membuat Anda fokus dan lebih waspada sehingga stres bisa diatasi dengan lebih cepat. Namun, pelepasan hormon kortisol yang melibihi batas normal akan berakibat negatif bagi kesehatan kulit wajah. Wajah tampak lebih berminyak karena produksi minyak mengalami peningkatan yang cukup pesat. Penyebab kulit berminyak ini bisa diatasi dengan mengatasi terlebih dahulu stres Anda, baik dengan relaksasi atau melakukan meditasi. Anda juga bisa mengoleskan master tanah liat instan pada wajah untuk mengurangi kadar minyak berlebih sehingga kulit tampak lebih sehat dan bebas dari minyak berlebih.

Perubahan Cuaca

Karena Anda hidup di negara yang beriklim tropis, Anda harus siap untuk merawat kulit wajah dari cuaca panas. Memang tidak berpengaruh langsung bagi produksi kelenjar minyak, namun produksi keringat yang berlebih membuat wajah cepat berminyak. Supaya kulit Anda tidak berminyak karena cuaca panas dan keringat, gunakan make up yang mampu bertahan lama di cuaca yang kering, Anda bisa mencoba untuk menggunakan dasar make up yang dibuat dari formula mattyfing yang mana dapat membantu mengurangi kilap di wajah dan membantu penyerapan minyak.

Mencuci Muka Terlalu Sering

Mungkin Anda mengira bahwa kulit yang bersih dan cerah bisa didapatkan dengan cara sering mencuci wajah. Namun terlalu sering mencuci wajah justru tidak baik untuk kesehatan kulit, karena akan membuatnya menjadi kering dan iritasi. Bahkan untuk jenis kulit wajah berminyak, kulit akan semakin banyak memproduksi minyak jika dicuci terlalu sering. Untuk itu, Anda cukup mencuci wajah dua kali sehari saat pagi dan malam hari, atau cukup sekali sehari untuk jenis kulit kering.

Penggunaan Krim

Memang hal ini bergantung pada produk krim, tetapi menggunakan krim wajah yang berlebihan tetap akan membuat kulit semakin berminyak. Menggunakan krim dalam jangka waktu panjang pun akan membuat kulit berminyak.

Perawatan Kulit Tidak Diperlukan

Senang menggunakan blush-on dengan sikat? Hati-hati karena bisa menyebabkan kulit iritasi. Sangat perlu juga diperhatikan, bahwa kelebihan menggunakan produk wajah justru akan membuat kulit berminyak. fokus pada satu produk, jangan selalu mencampur atau bahkan selalu berganti produk kecantikan. Karena kulit sangat rentan sekali terkena iritasi jika kita selalu berganti produk kecantikan.

Salah Produk

Anda harus mengetahui jenis kulit terlebih dahulu sebelum membeli sebuah produk kecantikan. Seperti contoh, jika Anda menggunakan produk pembersih untuk kulit kering, justru akan membuat kulit semakin berminyak.

Tidak Membersihkan Wajah

Mencuci dan membersihkan wajah sangatlah wajib dilakukan. Apalagi jika Anda tinggal di daerah pekotaan dimana polusi menjadi makanan 'konsumsi' setiap hari. Untuk itu rutinlah mencuci wajah setidaknya 2 kali sehari. Jika Anda tidak membersihkan wajah pastinya segala hal yang tidak baik bagi kulit akan terjadi.

Makanan Berminyak

Makanan berminyak adalah jenis makanan yang banyak digemari orang. Harga murah serta rasa yang bersahabat tentunya membuat semua orang selalu mengkonsumsi makanan berminyak setiap hari.

Tapi tahukah Anda makanan berminyak adalah faktor yang membuat kulit Anda berminyak. Banyak orang yang tahu akan akibat makan makanan berminyak. Tapi banyak yang mengabaikannya. Jika Anda memang suka makan makanan berminyak, silahkan kurangi porsi makanannya. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan berminyak, karena sangat tidak baik bagi kesehatan kulit dan juga tubuh Anda.

Nah itulah beberapa penyebab mengapa kulit Anda berminyak. Bagi yang masih melakukan beberapa kegiatan diatas, mulai dari sekarang Anda harus meninggalkan kebiasaan kebiasaan diatas. Tapi jika Anda tidak ingin mendapatkan kulit sehat dan tidak berminyak silahkan abaikan postingan ini. hehehehehe

tag : kulit berminyak, penyebab kulit berminyak, cara mengatasi kulit berminyak, kulit yang sehat
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.