3 Cara Memaafkan Mantan Kekasih Yang Mengecewakan

AnakRegular | Tak mudah untuk memaafkan mantan kekasih yang telah menyakiti kita

Tak ada yang sempurna dalam hidup ini. Selalu ada kekurangan dan kesalahan yang kita lakukan di dunia ini. Sama seperti hidup masalah asmara pun demikian. Tidak ada hubungan asmara yang sempurna. Selalu ada saja masalah yang timbul ketika kita menjalani hubungan asmara dengan kekasih hati.

3 Cara Memaafkan Mantan Kekasih Yang Mengecewakan

Untuk itu dua kata antara "minta maaf" dan "memaafkan" selalu terucap dari banyak orang. Ketika melakukan sebuah kesalahan banyak orang yang minta maaf dan orang yang tersakiti berkenan untuk "memaafkan". Tapi untuk memaafkan tidak lah mudah, selalu ada hambatan dan kesulitan bagi sebagian orang untuk memaafkan orang yang telah membuat salah.

Seperti ketika masalah muncul dalam sebuah hubungan asmara dan kata "maaf" sudah tidak bisa lagi menyelesaikan masalah tersebut. Biasanya 'putus' menjadi jalan terbaik yang harus dilakukan. Namun terkadang 'putus' juga tidak dapat menyelesaikan masalah, malahan ketika putus bukannya senang yang didapatkan melainkan sakit hati malah bertambah.

Untuk itu memaafkan sebelum mengucap kata "putus" sangatlah diperlukan.

Mengutip perkataan dari Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd, seorang psikologis yang berkata walau sudah putus dan sudah mengencani pria baru/wanita baru, tapi hati belum bisa memaafkan sang mantan sampai kapan pun tidak akan ikhlas. Itu tandanya masih ada cinta kepada mantan yang sudah menyakiti Anda.
"Nggak ada caranya untuk memaafkan dengan ikhlas, reflektif dari diri sendiri saja, bukan berarti kita pergi dengan orang lain terus bisa nggak dendam lagi sama yang dulu. Mau ngerjain hobi, jalan-jalan sama teman, itu fungsinya menenangkan diri bukan untuk memaafkan," kata psikolog yang merupaka lulusan Psikologi Universitas Indonesia itu.
Oleh karena itu, penting belajar memaafkan kesalahan mantan dengan ikhlas. Hal ini baik untuk hubungan asmara Anda ke depannya serta membuat diri sendiri lebih tenang. Ingat saja, memaafkan itu penting untuk kesehatan Anda. Kemudian cari seseorang yang dipercaya untuk menceritakan semua unek-unek yang masih tersimpan dalam hati.

Berikut ini beberapa tips sederhana agar lebih mudah memaafkan mantan kekasih yang mengecewakan: 

1. Maafkan Diri Sendiri

Sebelum berusaha memaafkan orang lain, maafkanlah diri sendiri. Membawa perasaan negatif membuat Anda terus memikirkan kejelekan mantan dan itu tidak akan mengubah keadaan, tapi justru membuat Anda semakin kecewa. Cobalah untuk menerima keadaan, jauhkan perasaan negatif dan mulai dengan memaafkan diri sendiri. 

2. Curhat Pada Orang yang Dipercaya 

Curhat pada salah satu orang terdekat akan membuat perasaan Anda lebih lega. Tapi Anda tidak perlu mengumbar cerita kesalahan mantan kekasih ke banyak orang. Bukannya membuat lega, Anda malah mendapatkan banyak saran yang mungkin bisa membuat Anda semakin negatif. Ini hanya membuat Anda semakin sulit memaafkan si dia.

3. Menulis Surat 

Tulislah surat untuk mantan dan tumpahkan seluruh perasaan Anda padanya, termasuk alasan mengapa Anda harus memaafkannya dan mengapa Anda belum bisa memberi maaf padanya. Ketika surat sudah selesai di tulis, Anda tidak perlu mengirimkan surat tersebut. Robeklah! Setidaknya dengan menulis membuat perasaan Anda lebih lega dan memberi sugesti bahwa Anda mampu melewati masa terpuruk dan dapat memaafkan mantan kekasih.

Nah itulah "tiga cara mudah bagi Anda untuk memaafkan mantan kekasih" semoga bisa membantu, dan cepat move on dari segala keterpurukan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.