5 Kepala Daerah Yang Berhasil Merubah Wajah Daerahnya

AnakRegular | Keberhasilan daerah dalam meningkatkan ekonomi tak lepas dari sosok pemimpin yang memimpinnya.

Keberhasilan seorang kepala daerah baik itu gubernur, walikota, dan bupati, dapat dilihat dari bagaimana perubahan yang terjadi pada daerah yang dipimpinya. Saat ini ada beberapa pemimpin daerah yang sudah berhasil membuat daerahnya menjadi lebih baik dan menjadi panutan daerah lainnya.

Sebut saja Ridwan kamil, walikota Bandung yang sedang naik daun karena kepemimpinan yang telah dilakukannya. Berkat tangan dingin dan kedekatannya dengan masyarakat Bandung, walikota yang suka dipanggil Kang Emil ini telah berhasil merubah kota Bandung menjadi kota yang lebih baik, bersih dan nyaman untuk ditinggali.

Keberhasilan pemimpin-pemimpin daerah ini dapat membuka harapan baru bagi Negara Indonesia yang selama ini mencari sosok pemimpin yang bisa membuat Indonesia lebih dikenal di mata dunia. Nah siapa sajakah para pemimpin daerah yang telah berhasil merubah daerah kepemimpinannya menjadi lebih baik, berikut ulasannya :

Lima kepala daerah yang berhasil mengubah wajah daerahnya


Joko Widodo, saat menjabat sebagai Walikota Surakarta (Solo)
5 Kepala Daerah Yang Berhasil Merubah Wajah Daerahnya

Sebelum menjadi orang nomor satu di Indonesia, Joko Widodo sempat menjabat sebagai Walikota Surakarta (Solo) periode 2005-2012. Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo, berhasil mengubah Solo menjadi kota yang lebih baik. Awalnya, Solo adalah kota dengan penataan yang buruk. Ditambah, masyarakat Solo seringkali menolak untuk ditertibkan. Namun, di bawah kepemimpinan Jokowi, Solo mengalami perubahan dan menjadi kajian di universitas dalam maupun luar negeri.

Saat masih menjabat sebagai Walikota Solo, Jokowi aktif membangun kota hingga blusukan menyambangi warganya. Ia kerap mengampanyekan gerakan anti korupsi, yang membuatnya mendapat reputasi sebagai politisi jujur di Indonesia dan diakui dunia.

Walikota Bandung Ridwan Kamil


Walikota Bandung Ridwan Kamil, yang akrab disapa Kang Emil, telah menjadi salah satu ikon pemimpin muda. Tak sedikit yang setuju bahwa Bandung menjadi lebih baik dari berbagai aspek. Presiden PKS Anis Matta juga menyetujui adanya perubahan tersebut. Ia menilai bahwa masyarakat jadi punya lebih banyak pilihan tempat untuk mengekspresikan kreativitas.

Bandung yang semula padat, macet, bertumpuk sampah, dan penuh dengan jalan berlubang, telah berubah menjadi kota yang nyaman. Perubahan yang telah ia lakukan adalah dengan melakukan sendiri apa yang ia perintahkan kepada warganya. Kemudian, ia juga turun langsung ke lapangan untuk melihat berbagai permasalahan kota Bandung.

Walikota Surabaya Tri Rismaharini

5 Kepala Daerah Yang Berhasil Merubah Wajah Daerahnya

Nama Walikota Surabaya Tri Rismaharini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Bahkan orang ternama bernama Swatt, pendiri Business Executives for National Security Stanley Weiss pernah menulis artikel mengenai sosok Ibu Risma, sapaan akrab Tri Rismaharini, dengan judul “Surabaya’s Mrs. Mayor: Indonesia’s Best-Kept Secret”. Dalam artikel itu, Stanley Weiss menulis Risma adalah pahlawan baru Surabaya dalam bentuk walikota. Ibu Risma kerap terlihat sedang memunguti sampah di sepanjang jalan pada pukul 05.30. Sore hari, ia terlihat mengingatkan anak-anak, yang sedang asyik bermain di taman, untuk rajin belajar. Kemudian, malam harinya, ia kerap terlihat berpatroli di taman dan memarahi anak di bawah umur yang berkeluyuran.

Ibu Risma juga telah berhasil mengubah tempat pelacuran menjadi taman kanak-kanak dan mengubah SPBU tua menjadi lokasi bermain. Surabaya yang oleh novelis Belanda disebut sebagai “Kota kotor penuh pretensi dan keserakahan”, kini berubah menjadi “Sparkling Surabaya” karena Ibu Risma.

Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah

5 Kepala Daerah Yang Berhasil Merubah Wajah Daerahnya

Bupati Bantaeng Nurdin Abdullah juga dikenal karena kiprahnya membangun Bantaeng dari daerah tertinggal menjadi kabupaten dengan kemajuan pesat. Berkat kepemimpinannya pertumbuhan ekonomi kabupaten Bantaeng selalu menunjukkan peningkatan. Tahun 2010, pertumbuhan ekonomi Bantaeng mencapai 7,9%. Tahun 2011, juga meningkat menjadi 8,43%. Kemudian, setahun berikutnya, di atas 9%. Hal ini dapat terjadi karena Nurdin Abdullah mampu mengubah pola pikir masyarakat, dari konsumtif menjadi produktif.

Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo

5 Kepala Daerah Yang Berhasil Merubah Wajah Daerahnya

Syahrul Yasin Limpo pernah menerima penghargaan Budhipura Kencana, yang merupakan penghargaan tertinggi di bidang inovasi teknologi daerah, tiga tahun berturut-turut terhitung sejak 2012. Penghargaan Budhipura Kencana merupakan bentuk apresiasi dari Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Penghargaan itu diperoleh Syahrul karena telah memimpin Sulawesi Selatan (Sulsel) dengan baik. Ia berhasil membawa Sulsel sebagai provisi yang mandiri dalam banyak hal. Pemprov Sulsel dinilai sudah menunjukkan kemandirian seperti kemandirian pangan dan energi yang membuat BPPT merekomendasikan negara memberikan penghargaan itu.

Semoga para pemimpin daerah yang lainnya bisa ikut serta menjadi pemimpin yang berhasil dan bisa membuat semua daerah di Indonesia menjadi daerah yang lebih maju dan lebih baik.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.