5 Peregangan Wajib Anda Lakukan Saat Kerja Dikantor

AnakRegular | Duduk seharian di kursi tempat kerja sangat beresiko buruk bagi kesehatan.

Peregangan yang baik bagi kesehatan | Bagi Anda yang bekerja sebagai kantoran duduk di kursi seharian penuh memang sudah kewajiban Anda sehari-hari. Anda tak pernah lepas dari tempat duduk karena memang pekerjaan Anda tak pernah jauh dari yang namanya komputer. Duduk seharian penuh di tempat duduk memang tidak baik bagi kesehatan. Seperti tubuh cepat pegal dan bagian tubuh mulai kram.

Untuk menghindari dan mengurangi dampak buruk ketika Anda harus duduk seharian di tempat kerja, ada beberapa hal yang terbilang mudah untuk dilakukan seperti melakukan gerakan peregangan pada beberapa bagian tubuh agar tubuh Anda tidak cepat pegal dan sakit ketika bekerja terlalu lama di tempat duduk.

Melakukan peregangan minimal setiap satu jam sekali sangat baik bagi kesehatan tubuh. Karenanya jika kita melakukan peregangan, tubuh yang dipaksa duduk seharian rentan mengalami pegal dan kaku-kaku. Akibatnya beberapa bagian tubuh akan mengalami kesakitan seperti leher, punggung dan Bahu.

Agar tidak tersiksa oleh keluhan-keluhan tersebut, maka solusinya adalah mengurangi waktu duduk. Sekali waktu beranjak dari meja, jalan-jalan untuk sekedar ke toilet atau cari makan, sudah lebih baik daripada tidak sama sekali. Selain itu, ada beberapa gerakan peregangan yang bisa dilakukan untuk mengurangi dampak buruk terlalu banyak duduk.

5 Peregangan Yang bisa Anda lakukan Saat duduk seharian di tempat kerja :


Chest opener

5 Peregangan Wajib Anda Lakukan Saat Kerja Dikantor

Chest opener jika dilakukan secara berkala akan berdampak bagi bagi kesehatan tubuh Anda. Gerakan Chest opener dilakukan untuk meregangkan otot-otot di wilayah dada yang cenderung terhimpit oleh lengan yang sepanjang hari digunakan untuk mengetik depan komputer. Cara melakukan gerakan ini sangatlah mudah Anda hanya tinggal pertemukan jari-jari tangan di belakang punggung, luruskan lengan dan tarik sejauh mungkin ke belakang. Tahan sekurang-kurangnya 10 detik. Dan nikmati sensasi kenikmatannya.

Hip release

5 Peregangan Wajib Anda Lakukan Saat Kerja Dikantor

Kekakuan otot-otot pinggul adalah keluhan umum pada orang-orang yang terlalu banyak duduk. Berlututlah di lantai dan langkahkan satu kaki ke depan hingga membentuk sudut 90 derajat. Dorong pinggul ke depan sampai pinggul tertarik. Untuk mendapatkan efek yang lebih maksimal, angkat tangan hingga di atas kepala, tahan 10-15 detik.

Trunk rotation

5 Peregangan Wajib Anda Lakukan Saat Kerja Dikantor

Melakukan gerakan Trunk rotation memang memang memerluang ruang yang cukup luas. dan jika tempat kerja Anda memang memadai untuk melakukan gerakan ini tak ada salahnya dilakukan setiap hari. Berbaringlah di lantai dengan lengan dan kaki terbuka. Angkat lutut mendekati dada, lalu jatuhkan perlahan ke samping sementara torso badan tetap lurus menghadap ke atas dan tangan tetap menyentuh lantai. Tahan 10-15 detik lalu ulangi untuk arah sebaliknya.

Shoulder roll

5 Peregangan Wajib Anda Lakukan Saat Kerja Dikantor

Mengetik terlalu lama depan komputer memang selalu membuat pegal pada tangan dan bahu, untuk itu ada baiknya setiap satu jam sekali anda istirahat sejenak minimal 5 menit dan melakukan gerakan Shoulder roll. Caranya putar bahu ke depan dan ke belakang beberapa kali agar tubuh bagian atas merasa rileks. Lakukan sebanyak 2-3 kali, dengan masing-masing 10 pengulangan.

Head-to-toe stretch

5 Peregangan Wajib Anda Lakukan Saat Kerja Dikantor

Peregangan seluruh tubuh bisa dilakukan sambil berdiri. Letakkan tangan jauh di atas kepala sampai terasa ada tarikan, tahan selama 8-10 detik lalu bungkukkan badan hingga tangan menyentuh jari kaki. Tahan 8-10 detik lalu ulangi.

Nah mungkin itulah beberapa gerakan "peregangan" yang bisa Anda lakukan disaat harus bekerja seharian di tempat duduk. Silahkan di lakukan rutin setiap hari, agar otot tubuh tidak pegal dan cepat lelah karena harus duduk setiap saat di tempat kerja. Ingat sayangi tubuh Anda, jangan terlalu memaksa tubuh untuk melakukan hal yang berlebihan, ingan tubuh yang sehat akan memberikan yang sehat pula, namun jika tubuh sakit pekerjaan pun tak akan pernah selesai.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.