5 Tempat Ini Yang Membuatmu Bangga Jadi Orang Indonesia





AnakRegular | Dengan segala yang ada di nusantara aku bangga jadi anak bangsa Indonesia.

Berbicara tentang kekayaan alam Indonesia kita patut bangga. Indonesia mempunyai segalanya, keindahan dan kekayaan Alam mulai dari laut, pantai, gunung, hingga hutan Indonesia punya. Keindahan alam Indonesia terbentang panjang dari ujung Sabang bagian  barat Indonesia hingga ujung Merauke yang ada di bagian timur Indonesia. 

Indonesia memang di berkahi bentang alam yang sangat luar biasa indah serta budaya yang banyak dan beragam. Indonesia punya salah satu puncak tertinggi di dunia yang berada di Papua dan selalu diselimuti salju abadi serta api biru yang sangat Indah di Banyuwangi. Indonesia punya segalanya.

Tak heran jika beberapa tempat yang indah di dunia hanya bisa dijumpai di Indonesia. Malahan sebagian negara tetangga merasa iri karena tidak memiliki bentang alam yang lengkap dan seindah seperti yang berada di negeri garuda ini. Berikut adalah 5 hal yang ada di Indonesia dan membuat mu bangga menjadi orang Indonesia. Silahkan disimak!!

5 Tempat berikut ini Yang Membuat Kita Bangga Jadi Orang Indonesia


Candi Borobudur di Magelang

5 Hal Yang Membuatmu Bangga Jadi Orang Indonesia
Candi Borobudur salah satu icon Indonesia yang terkenal Wikipedia
Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia. Candi ini merupakan salah satu icon yang menggambarkan Indonesia. Candi besar ini berada di Magelang, Jawa Tengah. Banyak sekali para wisatawan yang datang setiap harinya hanya untuk menikmati keajaiban dan keindahan Candi Borobudur ini.

Candi Boroburur memang sangatlah populer, bayangkan saja Candi megah ini terdiri dari 2 juta balok batu vulkanik, yang dipahat sedemikian rupa sehingga saling mengunci satu dengan yang lainnya. Tak banyak yang tahu bagaimana nenek moyang kita membangun candi besar ini, yang pastinya Candi Borobudur sudah menjadi warisan bangsa yang telah diakui oleh dunia.

Candi Borobudur memiliki luas 123x123 meter persegi dengan 504 patung Budha, 72 stupa terawang dan 1 stupa induk di dalamnya. Bahkan candi ini memiliki 2672 panel relief yang sangat beragam dan apabila disusun berjajar maka panjangnya akan mencapai 6 km. Waw banget dah kawan.

Dari relief-relief itu, tersimpan penjabaran tentang kehidupan manusia yang dibagi dalam 4 kelompok dalam ajaran Buddha. Ada Karmawibhanga, Jatakamala, Awadana, Gandawyuha dan Bhadracar. Itu semua menggambarkan riwayat sang Buddha dan suatu kehidupan masyarakat.

Berbicara tentang sejarahnya, Candi Borobudur dibangun pada masa Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra pada tahun 824. Alias, pada pertengahan abad ke-9 hingga awal abad ke-11. Kalau dibandingkan, Candi Borobudur dibangun 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral-katedral agung di Eropa.

Pihak UNESCO dari PBB pun sudah menasbihkan Candi Borobudur sebagai World Heritage atau Situs Warisan Dunia. Bentuknya yang besar dan teridir dari 10 tingkat, membuat siapa saja akan jatuh cinta dengan candi ini. Buktinya, bos Facebook, Mark Zuckerberg sudah datang dan jatuh cinta saat datang ke sana akhir tahun lalu.

Untuk itu kita patut bangga karena Indonesia mempunyai tempat yang sangat indah seperti Candi Borobudur.

Api Biru di Kawah Ijen, Banyuwangi

5 Hal Yang Membuatmu Bangga Jadi Orang Indonesia

Selain candi Indonesia juga memiliki keindahan fenomena alam yang sangat langka dan hanya ada 2 di dunia. Api biru yang ada di Banyuwangi menjadi salah satu keunggulan indonesia yang tidak dimiliki oleh negara tetangga. Perlu diketahui fenomena api biru hanya ada 2 di dunia ini. Yakni Api biru yang ada di Islandia Eropa, dan di Banyuwangi Indonesia. Wah banget dah.

Fenomena api biru bisa dilihat saat malam hari. Tepatnya pada memasuki dinihari, kita akan dibuat takjub dengan api yang terlihat biru. Apinya keluar dari celah bebatuan di dasar kawah. Indah, indah sekali.

Fenomena ini ternyata sudah diketahui turis sejak tahun 1999-an. Kala itu, adalah seorang reporter Prancis bernama Nicolas Hulu. Dia terbang ke atas puncak Gunung Ijen terlebih dulu (setinggi 2.443 mdpl). Dia pun bermalam di sekitar kawah untuk melihat api biru dari dekat. Dan kini, ratusan turis datang ke Kawah Ijen setiap tahunnya untuk melihat pemandangan yang sama.

Kalau ditelaah, api biru sebenarnya bukanlah api. Itu adalah gas belerang yang keluar dari celah bebatuan belerang yang terkena oksigen. Wush... Jadilah berbentuk seperti api dan bentuknya biru. Tapi sebutan blue fire atau api biru sudah terlanjut melekat di benak turis dan tak menjadi persoalan. Sungguh, kamu benar-benar harus melihatnya dari dekat agar tahu bagaimana keindahannya.

Danau Kakaban, Kalimantan Timur

5 Tempat Ini Yang Membuatmu Bangga Jadi Orang Indonesia

Tak hanya alam dan bangunan kuno yang menjadi ciri khas Indonesia, lewat satwa dan fauna pun Indonesia tak kalah punya. Indonesia memiliki aneka ragam satwa yang unik dan endemik.  Salah satunya yang hanya ada dua di dunia, adalah ubur-ubur tak menyengat di Danau Kakaban, satu lagi di Palau yang berada di Samudera Pasifik.

Danau Kakaban berlokasi di Pulau kakaban, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau Kakaban merupakan salah satu dari total 31 pulau yang tergabung dalam Kepulauan Derawan. Pasti kamu tahu tentang Derawan, yang disebut-sebut sebagai surga bawah laut di Kalimantan.

Kembali ke ubut-ubur tak menyengat, terdapat empat jenis ubur-ubur di Danau Kakaban. Keempatnya yakni ubur-ubur bulan, ubur-ubur totol, ubur-ubur kotak, dan ubur-ubur terbalik. Yang disebut terakhir adalah yang paling unik karena ubur-ubur ini berada di dasar danau dengan tentakel menghadap ke atas. Suatu hal yang aneh, karena biasanya ubur-ubur berada di atas dengan tentakel menghadap ke bawah. Unik bukan?

Danau Kakaban pun terlihat cantik. Danau ini terbentuk akibat karang yang naik di atas permukaan laut dengan ketinggian hingga 50 meter. Kemudian, karang ini membuat sejumlah air terperangkap, dan terbentuklah danau. Airnya tentu air payau.

Kita bisa berenang langsung di danaunya sambil bermain-main dengan ubur-ubur yang tak menyengat. Mereka terlihat menggemaskan, saat berenang-renang di sekitar kita. Ingat, dilarang langsung terjun ke danaunya karena bisa melukai ubur-ubur tersebut. Kamu harus turun pelan-pelan lewat tangga yang sudah disediakan.

Takabonerate, Sulawesi Selatan

5 Tempat Ini Yang Membuatmu Bangga Jadi Orang Indonesia

Bak Maladewa Takabonerate tak kalah indahnya. Maladewa memang menjadi salah satu tempat yang indah dengan berjuta atol di dalamnya. Namun Indonesia juga punya yakni Takabonerate yang memduduki peringkat ke 3 dunia dengan atol indahnya.

Tepatnya, bisa kita lihat di Taman Nasional Takabonerate, Sulawesi Selatan. Takabonerate memiliki 18 pulau, yang mana hanya 7 saja yang berpenghuni. Kalau dilihat dari udara, pulau-pulaunya pun memiliki atol yang sangat indah.

Bahkan, keindahan atol di Takabonerate disebut-sebut sebagai terindah ketiga di dunia. Masih di bawah Maladewa di Samudera Hindia dan Kepulauan Marshall di Samudera Pasifik. Buktikan sendiri saat naik pesawat dan hendak melintas di atas Makassar. Kamu bisa melongok ke jendela untuk melihat atolnya. Atau, coba saja bawa drone ke sana untuk melihatnya dari ketinggian.

Puncak Carstensz, Papua

5 Tempat Ini Yang Membuatmu Bangga Jadi Orang Indonesia


Tak hanya di gunung Fuji kita bisa melihat salju abadi di atas puncak gunung. Indonesia juga punya salah satu tempat yang sangat indah dan selalu di selimuti salju abadi diatasnya, Puncak Carstensz menjadi tempat yang indah dan hanya bisa dinikmati di Indonesia saja.

Lokasi puncak Carstensz memanglah jauh dan sulit untuk di akses, namun ketika Anda datang kesana semua pengorbanan yang Anda lakukan akan terbayar dengan keindahan didalamnya. Akses yang hanya bisa dilalui dengan naik pesawat dan sulitnya mendapat informasi, memang membuat para traveler  mengurungkan diri datang ke sana. Tapi seperti apa kata musisi Edo Kondoligit tentang Papua, "Tanah Papua tanah yang kaya, surga kecil jatuh ke Bumi".

Itu bisa dibuktikan dengan Puncak Carstensz di rangkaian Pegunungan Sudirman yang membelah bagian tengah Papua. Inilah salah satu puncak tertinggi di dunia yang mendapat predikat Seven Summit alias satu dari tujuh atap dunia. Berdiri di atas puncaknya adalah mimpi para pendaki dunia!

Puncak Carstensz memiliki ketinggian 4.884 mdpl yang juga menjadikannya titik puncak tertinggi di Nusantara. Ketinggiannya, sudah mencapai setengah dari Puncak Everest di Nepal, puncak paling tinggi di dunia. Karena ketinggiannya pula, Puncak Carstensz diselimuti salju abadi. Satu-satunya tempat bersalju di Indonesia. Wow!

Namun, mendaki menuju Puncak Carstensz tidaklah mudah. Puncak Carstensz tidak bisa dibandingkan dengan puncak gunung-gunung lainnya di Indonesia. Dikarenakan, adanya angin kencang, badai salju dan juga hujan es. Pendakian ke Puncak Carstensz pun bisa memakan waktu sampai 12 hari lamanya!

Sebenarnya...
Tak hanya 5 Hal diatas yang membuat kita bangga menjadi orang Indonesia, masih banyak lagi tempat, budaya yang mencirikan Indonesia. Kita patut bangga karena kita bisa memiliki dan menikmati lukisan Tuhan yang begitu sempurna. Aku bangga jadi bangsa Indonesia, bangsa yang kaya akan budaya, ilmu, dan bahasa..





Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "5 Tempat Ini Yang Membuatmu Bangga Jadi Orang Indonesia" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.
Loading...

0 Response to "5 Tempat Ini Yang Membuatmu Bangga Jadi Orang Indonesia"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..