7 Alasan Banyak Orang Malas Naik Angkutan Umum

AnakRegular | Angkutan kota (Angkot) adalah jenis transportasi umum yang sering digunakan banyak orang.

7 Alasan Banyak Orang Malas Naik Angkutan Umum

Alasan banyak orang malas naik angkutan umum | Angkutan umum atau yang sering dikenal sebagai angkot adalah jenis transportasi yang hampir selalu ada di setiap daerah. Baik itu di kota besar atau di kota kecil kendaraan jenis ini selalu ada kecuali di Yogyakarta.

Dulu keberadaan angkutan umum memang telah membantu banyak orang, banyak orang yang bepergian entah itu berangkat kerja atau sekolah selalu menggunakan angkutan umum. Namun sekarang nyatanya banyak orang yang sudah meninggalkan angkutan umum, tak sedikit orang-orang mulai menggunakan motor atau mobil pribadi sebagai kendaraan sehari-hari.

Alhasil sekarang ini banyak sekali angkutan umum yang tidak terisi sebagaimana mestinya. Terkadang terisi tapi hanya sedikit penumpangnya, terlebih di beberapa daerah terjadi hal yang parah dimana angkutan umum kosong tanpa ada satu penumpang didalamnya.

Tidak tertariknya orang untuk naik angkutan umum memang menjadi polemik tersendiri, apalagi naiknya harga BBM yang mengikuti harga pasar internasional juga menimbulkan dampak yang besar bagi masyarakat, BBM naik tarif angkot pun naik mungkin hal itulah yang menjadi alasan banyak orang enggan untuk naik angkot lagi.

Terlebih untuk saat ini mudahnya masyarakat mendapatkan kredit kendaraan juga jadi alasan kenapa orang tidak memakai angkutan umum. Sekarang hampir setiap kepala keluarga mempunyai kendaraan pribadi di rumahnya entah itu sepeda motor ataupun mobil.

Hal tersebut berdampak pada para penghasilan supir angkot yang semakin hari semakin menurun karena tidak mendapatkan penumpang. Namun masyarakat juga tidak bisa disalahkan akan ketidakmauannya untuk naik angkot, disisi lain masyarakat punya alasan tersendiri kenapa tidak mau menggunakan angkot sebagai alat transportasinya sehari-hari.

Berikut adalah beberapa alasan kenapa saat ini masyarakat sudah tidak mau lagi menggunakan Angkutan umum sebagai alat transportasinya :

Alasan banyak orang sudah malas menggunakan angkutan umum :


Ngetem

Sebagai seorang penumpang siapa yang tahan jika sudah diburu waktu untuk sampai ke tempat tujuan, tapi angkutan yang kita naiki malah berhenti di pinggir jalan malahan untuk beberapa saat tidak mau jalan jika kursi belakangnya sudah terisi penuh oleh penumpang. Ngetem memang menjadi polemik tersendiri bagi kenyamanan penumpang.

Tak sedikit penumpang yang kesal akan kelakuan para sopir ini, memang para sopir menggantungkan hidupnya kepada para penumpang yang naik, namun penumpang juga tidak mau dibuat lama oleh kelakuan supir angkot ini. Tak seperti di luar negeri dimana angkutan umum selalu terus berjalan walau penumpangnya hanya ada satu didalamnya.

2. Rokok

Memang, untuk kelas angkutan umum, jarang sekali yang disematkan AC di dalam kendaraannya atau bahkan memang tidak ada sama sekali. Untuk yang mempunyai kebiasaan merokok, tentunya menyenangkan, tetapi untuk para perokok pasif, ya, merekalah korbannya dan itu yang membuat mereka enggan untuk kembali menggunakan transportasi umum tersebut.

3. Kotor

Kondisi yang paling sering ditemui saat menggunakan angkutan umum, membuat para penumpang tidak nyaman dengan keadaan seperti ini. Bukan hanya kotor saja, mungkin ada bau-bau yang tidak enak untuk dicium jika kondisinya seperti itu. 

Memang bukan sepenuhnya kesalahan dari si supir atau pun pemilik angkot, pasti saat akan mulai jalan, angkot pasti bersih, tidak ada kesadaran dari penumpang yang mungkin membuang bekas makan atau minum sembarangan atau pun puntung rokok yang dibuang di dalam angkutan umum.

4. Kriminalitas

Ini juga yang menjadi alasan utama untuk tidak menggunakan angkutan umum ini. Keamanan yang belum menjadi jaminan dalam pengelolaan angkutan umum ini. Sehingga para penumpang pun khawatir akan keselamatan mereka. Beberapa kasus pun sudah terjadi didalam angkutan umum, seperti pencopetan penculikan, dan pemerkosaan kerap terjadi di angkutan umum.

5. Ugal-ugalan

Selain kriminalitas, terkadang cara mengemudi supir pun tidak mementingkan keselamatan para penumpangnya karena mengejar setoran, mereka bertindak seolah jalan raya adalah sirkuit sehingga mereka memacu kendaraannya tidak pada batas yang ada. Padahal  sudah banyak kasus kecelakaan karena tindakan para pengemudi angkutan umum yang ugal-ugalan seperti itu.

6. Polusi

Banyaknya angkutan umum yang tak layak jalan namun masih tetap saja dipakai membuat udara sekitar menjadi tercemar, tak sedikit polusi yang ditimbulkan oleh angkutan umum ini.
Banyak kendaraan yang hanya menempel sticker lulus uji emisi sebagai formalitas saja, padahal keadaan sebenarnya kendaraan tersebut sudah tidak layak lagi beredar di jalan raya.

Contohnya saja, dalam sebuah uji emisi, setelah diperiksa dengan alat sensor, diketahui bahwa kepekatan asap dari Metro Mini tersebut mencapai 99,7 persen. Sementara ambang batas yang ditetapkan hanya berada pada angka 50 persen saja.

7. Kenyamanan

Akumulasi dari semua hal yang disebutkan di atas adalah ketidaknyamanan saat menaiki angkutan umum ini. Benar-benar masih di bawah standar kalau untuk alasan kenyaman saat menaiki angkutan umum.

Banyak para penumpang tidak nyaman dengan kondisi dalam angkutan umum, selain sesak bila penumpang penuh dan juga segala jenis penumpang ada di dalam angkutan umum, hal inilah yang tidak membuat para penumpang nyaman ketika berada dalam angkutan umum.

Nah itulah beberapa alasan kenapa banyak orang sudah malas untuk naik angkutan umum. Sudah saatnya pemerintah mentransportasi kendaraan dan angkutan umum yang ada di kota, apakah jenis angkutan umum seperti angkot ditiadakan dan layanan transportasi seperti busway diperncantik? 

Apakah setiap kota mau mencontoh kota Yogyakarta dimana tidak ada angkutan umum yang beroperasi, atau pemerintah akan terus cuek malahan memberi izin penambahan jumlah angkutan umum yang setiap harinya terus bertambah ??

Semoga solusi terbaik bisa segera didapatkan oleh masyrakat banyak
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.