7 Presiden Pembasmi Korupsi Yang Terkenal Di Berbagai Negara

AnakRegular | Hukuman mati layaknya pantas bagi para koruptor yang telah menjadi aib bagi masyarakat sebuah negara.

Presiden pembasmi korupsi terkenal di dunia | Korupsi merupakan tindakan kriminal yang dapat menghancurkan sebuah bangsa. Banyaknya kasus korupsi yang terjadi di setiap negara telah membuat kerugian yang amat besar bagi rakyat yang berada di negara tersebut. 

Kegiatan korupsi kerap sekali terjadi di lingkungan politik. Dalam praktiknya kegiatan ini sangatlah beragam. Seperti di Indonesia saja, kegiatan memakan uang rakyat ini seakan sudah menjadi hal yang biasa. Mereka yang tersandung kasus korupsi terlihat santai seakan mereka tidak melakukan suatu kesalahan. Memang untuk untuk membangung sebuah negara yang bersih dari penyakit 'korupsi' tidaklah mudah.

Karena itulah untuk membangun negara yang bersih dan terbebas dari korupsi dibutuhkan sebuah hukum dan tindakan tegas dari seorang presiden sebagai pemimpin negara. Seperti yang telah dilakukan oleh para presiden berikut ini. Dimana dengan beraninya para presiden ini memerangi dan memberantas para koruptor yang selama ini telah menjadi duri bagi masyarakat. 

Berikut adalah 7 Presiden Pembasmi Korupsi Di Berbagai Negara :


 1. Mikheil Saakashvili - Presiden Georgia

7 Presiden Pembasmi Korupsi Yang Terkenal Di Berbagai Negara

Mikheil Saakashvili merupakan presiden ketiga di negara Georgia yang terkenal karena ketegasannya dalam memberantas korupsi yang terjadi di negara Georgia. Dalam masa kepemimpinannya ia telah memecat seluruh personil polisi lalu lintas karena terindikasi terlibat kasus korupsi. Tak tanggung-tanggung sang presiden memecat langsung 30.000 personel kepolisian yang saat itu terlibat dalam kasus korupsi.

Padalah sebelum melakukan pemecatan massal Prisenden Mekheil telah menaikan gaji kepada para polisi, namun kenaikan gaji tidak serta merta membuat para polisi Georgia bersih dari kegiatan korupsi. Kini berkat tangan dingin Mikhei dalam memerangi kasus korupsi, kepolisian Georgia mulai menunjukkan banyak perubahan. Kasus kriminalitas di negara georigia mulai menurun dan citra kepolisian mulai terangkat kembali.

2. Lee Myung Bak - Presiden Korea Selatan

7 Presiden Pembasmi Korupsi Yang Terkenal Di Berbagai Negara

Presiden kedua yang sangat berani dalam memberantas kegiatan korupsi adalah Lee Myung Bak presiden dari Korea Selatan. Tak tanggung-tanggung dalam memerangi korupsi sang presiden tidak melihat ikatan keluarga, ia tetap akan menghukum berat para koruptor walaupu koruptor tersebut adalah anggota keluarganya sendiri. Dan hal inilah yang ia lakukan di tahun 2011 silam dimana sang presiden menyuruh aparat kepolisian untuk menangkap kakaknya sendiri Lee Sang Deuk yang duduk sebagai anggota parlemen karena tersandung dalam kasus suap dari berbagai bank yang sedang bermasalah kala itu.

3. Ellen Johnson Sirleaf - Presiden Liberia

7 Presiden Pembasmi Korupsi Yang Terkenal Di Berbagai Negara

Ellen Johnson Sirleaf merupakan presiden wanita pertama yang terpilih sebagai pemimpin negara Liberia dalam sejarah Afrika Modern. Ellen juga termasuk salah satu orang yang telah membuat sebuah perubahan di Liberia. Dalam masa kepemimpinannya pria yang kini berusia 74 tahun tersebut sangat terkenal tegas dalam memberantas kegiatan korupsi yang terjadi di lingkup politik dan negara. Tak tanggung tanggung Ia memecat anaknya sendiri yang menjabat sebagai direktur bank central di Liberia karena kasus korupsi.

Selain itu ia juga tak segan-segan memecat para pejabat negara yang tidak mau menyerahkan jumlah kekayaan kepada komisi pemberantasan korupsi. Serta tidak mengijinkan para pejabat untuk mencalonkan kembali menjadi penjabat jika belum memberikan jumlah serta sumber kekayaan yang didapatkan.

4. Hu Jintao - Presiden China 

7 Presiden Pembasmi Korupsi Yang Terkenal Di Berbagai Negara

Sebagai negara yang sangat maju China sangat ketak akan sebuah aturan. Dalam hal korupsi saja China tak segan-segan menghukum berat para koruptor. Hal inilah yang dilakukan oleh presiden Hu Jintao. Sejak terpilih sebagai presiden pada tahun 2002, Jintao telah menyiapkan sebanyak 1000 peti mati bagi para koruptor dan satu peti mati bagi dirinya jika terbukti melakukan korupsi. 

Memang China akan memberikan hukuman yang sangat berat bagi pra koruptor. Selain itu juga hukuman sosial pun akan diberikan kepada koruptor, dimana wajah para koruptor akan selalu dipajang dan dibenci oleh masyarakat China.

5. Felipe Calderon - Presiden Meksiko

7 Presiden Pembasmi Korupsi Yang Terkenal Di Berbagai Negara

Presiden Felipe Calderon sangat dikenal akan ketegasannya dalam memberantas kasus korupsi. Bayangkan saja ia telah memecat sebanyak 3200 personel kepolisian karena dianggap bekerja tidak benar dan terlibat dalam kasus korupsi. Sang presiden tak segan-segan memecat para bawahannya yang terbukti telah melakukan tindak korupsi yang dikenal meresahkan masyarakat ini. 

6. Alvaro Colom - Mantan Presiden Guatemala

7 Presiden Pembasmi Korupsi Yang Terkenal Di Berbagai Negara

Alvaro Colom memjabat presiden di Guatemala pada periode 2002 sampai dengan 2008 silam. Selama masa kepemimpinannya ia sangat terkenal akan ketegasaanya dalam memberantas dan memerangi korupsi. Dalam prakteknya ia tidak memandang siapa saja. ia bahkan memecat secara langung ketua kepolian karena tersandung dalam kasus korupsi dan penjualan narkoba. 

7. Ollanta Humala - Presiden Peru

7 Presiden Pembasmi Korupsi Yang Terkenal Di Berbagai Negara

Setelah menjabat sebagai presodem Peru, Ollanta langsung bertindak cepat dengan memecat secara langsung 30 jendral karena terlibat dalam kasus korupsi. Ia tak kenal takut akan ancaman dari bebagai pihak yang tidak menyukainya. Peperangan dan pemberantasan korupsi ia lakukan sebagai bukti pembukian, dimana pasa masa kampanyenya ia telah berjanji akan memerangi dan memberantas kegiatan korupsi yang selama ini telah membuat masyarakat menjadi sangat sengsara.

Nah sahabat, mungkin itulah 7 presiden dunia yang sangat terkenal akan ketegasan dalam memerangi dan memberantas ketiatan korupsi. Karenanya semoga para pemimpin di Indonesia bisa mengikuti langkah seperti presiden-presiden diatas.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.