Gaping Gill, Air Terjun Nan Indah di Gua Bawah Tanah

Anakregular | Keindahan Air terjun tidak hanya di permukaan air saja, melainkan dibawah tanah pun ada yang lebih indah.

Gaping Gill, Air Terjun Nan Indah di Gua Bawah Tanah

Air terjun indah di gua bawah tanah | Air terjun adalah formasi geologi dari arus air yang mengalir melalui suatu formasi bebatuan yang mengalami erosi dan jatuh ke bawah dari ketinggian. Keberadaan air terjun selalu menghadirkan suatu keindahan yang membuat banyak orang takjub karenanya. Seperti air terjun Niagara yang sudah banyak dikenal dunia.

Keindahan air terjun tidak selalu berada di permukaan tanah, nyatanya air terjun yang sangat indah bisa kita jumpai di bawah tanah. Tepatnya di Inggris, ada Gaping Gill yang sangat menakjubkan. Gaping Gill adalah keajaiban alam yang berupa gua bawah tanah di Inggris yang memiliki air terjun yang sangat indah setinggi 102 meter.

Seperti yang diberitakan media Daily mail dan Telegraph, Gua Gaping Gill ibarat surga yang berada dibawah tanah. Cahaya yang masuk kedalam gua serta adanya air terjun didalamnya membuat tempat ini sangat nyaman dan tenang. Gua Gaping Gill dikatakan mirip dengan Gua Pindul yang ada di Yogyakarta.

Perjalanan turun menuju ke Gaping Gill bisa dibilang seperti perjalanan menuju ke perut bumi. Dibutuhkan peralatan yang mumpuni untuk bisa mengeksplorasi keindahan gua bawah tanah di Inggris ini. Tali pengaman, helm dan pakaian khusus wajib untuk dikenakan saat menuju ke dalam.

Selain itu, ada air terjun yang jatuh secara bebas dari mulut gua hingga ke dalam ruang utama. Air terjun ini memiliki tinggi 2 kali lipatnya Air Terjun Niagara, yaitu sekitar 102 meter. Air terjun ini merupakan cabang dari aliran dari Sungai Fell Beck yang ada di Kota Yorkshire, Inggris.

Gaping Gill, Air Terjun Nan Indah di Gua Bawah Tanah

Ruang utama gua ini punya panjang 145 meter, lebar 25 meter dan tinggi atapnya mencapai 35 meter. Luas lantai dasar guanya saja mencapai 144 meter persegi. Sangat luas sekali.

Bagi Anda yang berminat bisa mendatangi gua ini dan menuruninya hingga ke lantai dasar gua. Ekspedisi pun dibuka setiap tahunnya, namun dengan kuota yang terbatas. Ekspedisi ini difasilitasi oleh Bradford Potholing Club, sebuah perkumpulan lokal yang khusus mendalami eksplorasi gua.

Turis yang ingin masuk ke dalam gua akan dikenai biaya sebesar £ 15 per orang, atau setara Rp 217.000. Masalah keamanan jangan khawatir, karena Bradford Potholing Club menggunakan peralatan yang profesional seperti mesin derek bertenaga diesel, hingga pompa hidrolik yang canggih. Semua itu demi menjaga keselamatan dan kenyamanan turis sewaktu sedang mengeksplorasi gua Gaping Gill.

Nah bagaimana mau mencobanya kawan??
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.