Ini Pria Yang Berhasil Lakukan Cangkok Tenggorokan Pertama Di Dunia

AnakRegular | Tak ada yang mustahil di dunia ini jika kita berani mencoba dan memulai.

Ini Pria Yang Berhasil Lakukan Cangkok Tenggorokan Pertama Di Dunia
Ini Pria Pertama Yang Sukses Lakukan Cangkok Ternggorokan di Dunia
Source : Daily News
Saat ini di jaman serba maju tak ada hal yang tak mungkin kita lakukan. Apa yang dulu kita anggap tidak mungkin terjadi untuk saat ini sudah benar-benar terjadi. Baru-baru ini sebuah berita heboh datang dari dunia medis dimana tim bedah dari Polandia telah berhasil membuat sebuah keajaiban dengan mengembalikan kemampuan bernapas, berbicara dan menelan dari seorang pasien yang telah mengalami kanker pita suara.

Tim bedah ini telah berhasil melakukan Transplantasi alias cangkok tenggorokan kepada pasien yang mengalami kanker pita suara. Dan hasilnya sangatlah luar biasa, cangkok yang dilakukan berbuah manis, dan pasien yang mengidap kanker pita suara tersebut kini telah bisa berbicara dan melakukan hal normal seperti pada umumnya. Padahal jika melihat dari prosedurnya operasi semacam ini sangatlah rumit dan angka keberhasilannya sangatlah kecil.

Pasien pria yang diketahui bernama Michael kini bisa melakukan aktivitas normal seperti laki-laki normal lainnya. Awalnya Michael telah menjalani transplantasi ginjal pada tahun 2001, namun setelah 7 tahun setelahnya, ia didiagnosis mengidap kanker pita suara yang memaksanya tidak bisa bernapas, berbicara bahkan tidak bisa untuk menelan makanan.

Dokter yang menangani dirinya menyarankan agar pita suara dan kelenjar tiroidnya diangkat, sembari menjalani kemoterapi. Namun hasilnya tidak ada yang berubah, malah kesehatan Michael saat ini makin memburuk. Karena melihat kondisi Michael yang terus memburuk seorang dokter benar rekontruksi bernama Dr Adam Maciejewski melakukan suatu perjudian besar, ia menyarankan Michael untuk melakukan trasnplantasi ternggorokan.

Terdengar mustahil, namun prosedur tetap dijalankan pada tanggal 11 April lalu di Oncology Center, Gliwice, Polandia. Michal mendapat tenggorokan dari seorang donor yang tak disebutkan namanya. Saat operasi, Michael mendapatkan seluruh bagian tenggorokan si pendonor tanpa terkecuali, di antaranya pita suara, kerongkongan, kelenjar tiroid berikut kelenjar-kelenjar di sekitarnya, otot, saraf, pembuluh darah hingga kulit yang menempel di tenggorokannya.

Saking rumitnya, operasi ini sendiri berlangsung selama 17 jam. Namun Dr Adam beserta timnya terbukti berhasil membuktikan bahwa mereka dapat melaksanakan operasi langka dan ekstensif tersebut, sehingga Michal dinyatakan bisa kembali menggunakan tenggorokannya sesuai fungsi semestinya.

Dalam konferensi pers dikatakan bahwa transplantasi tenggorokan ini merupakan yang pertama di dunia. Di kesempatan yang sama, Michal mengungkapkan bahwa ia kini sudah bisa mengonsumsi makanan, meskipun baru sebatas makanan yang dihaluskan atau cairan saja.

Kendati demikian Dr Adam mengaku timnya masih harus mengawasi si pasien dan mengantisipasi adanya risiko infeksi maupun penolakan dari tubuh Michael. "Michael juga masih butuh rehabilitasi penuh agar ia bisa 'makan, bernapas dan berbicara' seperti halnya kita semua," katanya seperti dikutip dari NY Daily News, Kamis (7/5/2015).

Nama Dr Adam, di Polandia bukan lah seorang dokter biasa. Dokter yang menjadi otak di balik transplantasi tenggorokan yang dilakoni Michael telah dikenal sejak melakukan operasi transplantasi wajah pertama di Polandia. Bahkan di tahun 2014, ia dianugrahi penghargaan 'Cross of the Order of the Rebirth of Polish' dari Presiden Bronislaw Komorowski atas prestasinya dalam bidang transplantasi tubuh manusia.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.