Ketika Budaya Sunda Mendunia

AnakRegular | Beragamnya budaya di Indonesia tak sedikit yang terkenal hingga belahan dunia.

Kita patut bangga menjadi bangsa Indonesia, bangsa yang kayak akan suku, budaya dan bahasa. Terutama bagi orang-orang yang tinggal di jawa barat, yang mayoritas merupakan suku sunda. Kini budaya yang berasal dari Sunda telah mendunia. Banyak orang-orang luar Indonesia yang mulai menyukai budaya yang berasal dari Jawa Barat ini.

Ketika Budaya Sunda Mendunia

Adalah pihak KBRI Madrid (ibu kota Spanyol) yang telah berpartisipasi pada sebuah acara Diplomatic Cultural Show 2015. Dalam acara tersebut pihak KBRI menampilkan berbagai seni musik, tari dan peragaan busana. Tema Sunda dengan seni musik Rampak Kendang serta busana khas pengantin sunda sangat sukses mencuri perhatian warga Spanyol yang datang dalam acara tersebut.

Seperti yang diberitakan di Laman KBRI Madrid acara Diplomatic Cultural Show 2015 diselenggarakan di Hotel InterContinental Madrid pada tanggal 27 April 2015 kemarin. Acara ini merupakan acara tahunan Asosiasi Diplomatik Internasional di Spanyol (Asociacion Internacional de Diplomaticos en Espana / AIDE) yang dibuka oleh Ratu Spanyol, Sofia.

Diplomatic Cultural Show 2015 pun berjalan sangat meriah, acara tersebut diikuti oleh kalangan pejabat pemerintah dan kalangan diplomatik dari 50 negara yang berakreditasi di Spanyol. Selain budaya sunda beberapa perwakilan negara lain juga ikut serta menampilkan pertunjukkan seni musik dan tari serta peragaan  busana tradisionalnya masing-masing.

Baca Juga :

Beberapa negara yang berpartisipasi, selain Indonesia yakni Azerbaijan, India, Jepang, Pakistan, Filipina, Mesir, Latvia, Slovenia, Rusia, Afrika Selatan, Paragauay, Brasil dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini, Indonesia mengangkat tema Jawa Barat atau Sunda dengan menampilkan seni musik Rampak Kendang dan peragaan busana pengantin tradisional khas Sunda.

Penampilan Indonesia mendapat sambutan yang meriah dari para tamu undangan dan mengundang ketertarikan para tamu undangan untuk mengetahui lebih jauh mengenai Indonesia. Wow!

Disampaikan oleh Duta Besar RI Madrid, Yuli Mumpuni Widarso, partispasi KBRI Madrid dan DWP KBRI Madrid pada acara ini tidak hanya ditujukan untuk mempromosikan Indonesia di Spanyol. Melainkan, juga untuk berperan serta aktif dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada lembaga yang ada di Spanyol.

Hal ini sejalan dengan fungsi KBRI Madrid yakni untuk mempromosikan Indonesia tidak hanya melalui promosi seni budaya Indonesia melainkan juga melalui pembentukan citra positif Indonesia. Serta, peningkatan people-to-people contact di negara akreditasi.

Budaya Indonesia memang sangat beragam, semoga saja budaya-budaya yang lain bisa juga menjadi budaya yang bisa menarik banyak perhatian dunia. Jangan sampai budaya tradisional Indonesia tertinggal dari budaya orang lain. Tunjukkan jika buda Indonesia tak kalah hebat dari budaya negara Lain.

Go Indonesia...
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.