10 Fobia Unik Dan Aneh Sepanjang Masa

AnakRegular | Inilah 10 Jenis Fobia Paling Unik Dan Aneh Sepanjang Masa :

10 Fobia Unik Dan Aneh Sepanjang Masa

Fobia Paling Unik Dan Aneh | Fobia adalah rasa ketakutan yang kuat atau berlebihan terhadap suatu benda, situasi, atau kejadian, yang ditandai dengan keinginan untuk menjauhi sesuatu yang ditakuti tersebut.

Fobia disebabkan oleh beberapa faktor, seperti pernah mengalami ketakutan yang hebat atau pengalaman pribadi yang disertai perasaan malu atau bersalah yang semuanya hal tersebut kemudian ditekan kedalam alam bawah sadar. 

Peristiwa traumatis di masa kecil dianggap sebagai salah satu kemungkinan penyebab terjadinya phobia. Perlu kita ketahui juga bahwa hal ini sering disebabkan oleh faktor keturunan, lingkungan dan budaya.

Untuk itu wajar jika seseorang memiliki ketakutan tersendiri terhadap sesuatu yang memang menyeramkan. Namun bagaimana jika rasa takut itu muncul pada sesuatu yang umum seperti sayur atau keju?

Berikut Anakregular rangkun 10 jenis Fobia paling aneh dan unik yang ada dan di idap oleh sebagian orang, mulai dari fobia terhadap wanita cantik hingga fobia takut akan jatuh cinta. Yang pastinya ketika Anda mengetahuinya pasti ada akan bilang ini lucu. 

Namun pada kenyataannya fobia-fobia ini telah membuat penderitanya sangatlah menderita, untuk itu mari disimak dan jangan lupa untuk berbagi yah kawan :

10 Fobia Unik dan Aneh Sepanjang Masa :

Ergophobia - Takut bekerja

Kondisi yang kerap disebut sebagai ergofobia ini merupakan rasa takut tak wajar akan pekerjaan atau lingkungan kerja. Jenis fobia ini umumnya berupa kombinasi dari rasa takut akan beberapa hal, termasuk di antaranya takut gagal mengerjakan tugas, takut berbicara di depan umum, takut bersosialisasi dan takut mengalami tekanan mental akibat situasi di lingkungan kerja.

Lachanophobia - Takut pada sayur-sayuran

Rasa takut berlebihan terhadap sayur atau yang dikenal sebagai lachanophobia merupakan salah satu contoh fobia unik. Bagaimana tidak, sayur merupakan objek yang sangat umum dan bahkan justru berguna bagi kesehatan tubuh.

Meskipun demikian, mereka yang mengidap lachanophobia justru merasa ketakutan luar biasa hanya dengan melihatnya.

Salah satu yang mengalaminya adalah Vicki Larrieux (27). Gadis asal Portsmouth ini didiagnosis dengan lachanophobia. Rasa panik dan tegang selalu muncul seketika jika dirinya melihat sayuran. Selama hidupnya, Larrieux hanya makan daging, kentang, sereal atau apel. Ia menolak jika diberi makan sayur, terutama wortel.

Philophobia - Takut jatuh cinta

Jika orang berlomba-lomba untuk menemukan pasangannya, maka mereka yang mengidap fobia jatuh cinta atau filofobia justru enggan melakukannya. Menurut istilah medis, pengidap Philofobia justru mengalami takut berlebihan terhadap jatuh cinta dan membuat komitmen. Biasanya kondisi ini muncul sebagai akibat dari trauma di masa lalu yang membuatnya kapok untuk jatuh cinta.

Tuorfobia - Takut keju

Bagi sebagian orang, keju merupakan salah satu jenis kudapan yang difavoritkan karena rasanya yang gurih dan manfaatnya yang besar bagi pemenuhan kebutuhan nutrisi. Namun bagi sebagian lainnya, keju justru merupakan objek yang sangat menyeramkan.

Ya, bagi mereka yang fobia terhadap keju, atau yang sering disebut sebagai turofobia, kudapan ini justru membuatnya takut setengah mati.

Sebagian pengidap turofobia takut pada beberapa jenis keju saja, namun sebagian lainnya takut terhadap semua jenis keju.

Ablutophobia - Takut mandi

Takut berlebihan terhadap aktivitas biasa seperti mencuci atau mandi disebut juga sebagai ablutofobia. Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun diduga ketakutan ini bisa saja muncul sebagai akibat dari trauma di masa lalu, emosi yang tidak stabil atau ada pengalaman menyedihkan.

Venustraphobia - Takut Wanita Cantik

Pada dasarnya setiap laki-laki pasti sangat menyukai wanita yang cantik. Tapi malang bagi laki-laki penderita venustraphobia yang malah sebaliknya sangat takut sekali kepada wanita cantik. Penderita phobia ini akan merasa takut jika bertemnu dengan wanita cantik. Biasanya fobia ini muncul karena trauma atau kejadian buruk yang pernah melibatkan wanita cantik.

Pentheraphobia - Takut pada ibu mertua

Meski kedengarannya lucu, tapi bagi yang mengalaminya sendiri, phobia ini sama sekali tidak lucu. Penderita Pentheraphobia mengalami ketakutan berlebihan saat mengahadapi ibu mertua mereka. Saat harus menghadapi ibu mertua biasanya penderita fobia ini akan merasa cemas, takut dan mual karena merasa ia khawatir dirinya akan melakukan hal-hal yang memalukan. 

Catoptrophobia - Takut Akan Cermin

Penderita fobia ini takut terhadap cermin dan sebisa mungkin akan menghindari cermin. Ketakutan yang dialami biasanya akan dihubungkan dengan kepercayaan tertentu. Ia merasa takut ketika bercermin karena nasib buruk bisa menimpanya. Bahkan ia merasakan ketakutan kalau ia terhisap dan terkurung ke dalam cermin.

Ichhthyphobia - Takut kepada ikan

Pada umumnya ikan adalah makanan yang kaya akan vitamin, tapi buat penderita Ichhthyphobia ikan adalah sesuatu yang sangat menakutkan. Penderita fobia ini akan takut saat melihat mata ikan yang sangat besar dan tubuh ikan yang berlendir. Akan sebisa mungkin penderita ini akan menghindari suasana laut ataupun santapan yang terbuat dari ikan.

Domatophobia - Takut tinggal di rumah

Rumah adalah surga bagi seseorang, rumah merupakan tempat untuk bernaung atau berkumpul dengan keluarga. Semua orang pasti membutuhkan rumah untuk kelangsungan hidupnya. Namun rumah bisa menjadi hal yang sangat buruk bagi orang-orang yang menderita Domatphobia. Penderita fobia ini biasanya mengisolasi diri dari lingkungan sekitarnya. Ia merasa takut jika harus tinggal dalam rumah. Ia hanya ingin tinggal di dalam gua atau tempat alami. Kedengarannya sangat konyol, tapi bagi penderita ini adalah hal yang sangat menakutkan.

Nah kawan itulah setidaknya 10 jenis Fobia paling aneh sepanjang masa yang selalu di idap oleh seseorang. Tak ada manusia yang sempurna di dunia ini, sebagaimanapun tingginya derajat atau sekaya apapun harta kekayaannya, pastilah semua orang memiliki rasa takut akan dirinya. Lantas kawan-kawan semua mengidap fobia yang mana nih ???
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.