9 Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mulut

AnakRegular | Inilah 9 Jenis Makanan yang sangat baik di konsumsi untuk menjaga kesehatan mulut Anda.

9 Makanan Yang Baik Untuk Menjaga Kesehatan Mulut

Makan yang baik untuk kesehatan mulut | Menjaga kesehatan mulut bukanlah sekedar tentang membersihkan gigi dan area sekitarnya. Meskipun memang penting untuk menjaga penampilan dan mengurangi bakteri di mulut itu merupakan salah satu upaya saja. 

Hal yang lebih penting adalah Anda harus memperkuat dan meningkatkan kesehatan tubuh anda secara menyeluruh untuk membuat tubuh Anda mampu mendukung kesehatan dan kebersihan mulut dalam jangka waktu panjang.

Dengan kata lain, Anda harus memastikan tubuh anda mendapatkan asupan nutrisi yang tepat guna membuat tubuh mampu menjaga kesehatan mulut secara mandiri. Ada berbagai jenis makanan yang bisa melakukan tugas tersebut dan bisa dimasukkan ke dalam menu diet Anda sehari-hari. Seperti 9 jenis makanan berikut ini yang baik untuk kesehatan mulut Anda.

Inilah 9 Jenis Makanan Yang Baik di Konsumsi untuk menjaga kesehatan mulut Anda :

Keju

Keju sebagai produk olahan susu, memiliki kandungan fosfat dan kalsium yang tinggi. Ini artinya keju memiliki manfaat besar untuk menguatkan tulang dan gigi. Selain itu, keju juga baik untuk menyeimbangkan PH yang bermanfaat untuk menjauhkan anda dari penyakit mulut.

Apel

Apel bersifat asam dan mengandung kadar gula tinggi.  Keduanya memang tidak baik untuk gigi. Namun demikian, apel masih termasuk makanan yang baik bagi mulut, karena mengandung serat yang cukup tinggi, yang memperkuat dan membersihkan gigi saat anda mengunyahnya. 

Kandungan lainnya adalah asam malat, asam baik yang membantu meningkatkan produksi saliva (liur), yaitu cairan alami tubuh di dalam mulut yang berfungsi membunuh bakteri dan memutihkan gigi. Asam malat biasa digunakan sebagai salah satu bahan pasta pemutih gigi. Siapa kira apel dan pasta gigi memiliki kandungan yang sama?

Nanas

Nanas mengandung substansi yang disebut bromelain , yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Bromelain adalah anti peradangan alami dan substansi pembersih. Sekali lagi, bromelain memiliki fungsi sebagai pembersih dan pemutih gigi, yang juga ditemukan dalam berbagai pasta gigi.

Minyak Kelapa

Minyak Kelapa memiliki banyak kebaikan, dan kesehatan mulut termasuk diantaranya. Cara terbaik untuk menggunakan minyak kelapa bagi kesehatan mulut bukanlah dengan memakannya, tetapi dengan berkumur atau membilas isi mulut anda dengan minyak kelapa. 

Hal ini didasarkan atas pengalaman mereka yang menggunakan minyak kelapa untuk membersihkan mulut dan membunuh bakteri di dalamnya. Belum ada penelitian resmi yang menjelaskan hal ini, namun banyak orang yang telah membuktikannya. 

Namun, hal yang membuatnya susah dilakukan semua orang adalah anda harus bertahan selama 10 menit dengan mulut berisi minyak kelapa yang dikumur-kumur!

Seledri

Seledri  terasa renyah di mulut dan memiliki kandungan air dalam jumlah banyak yang baik untuk merangsang produksi saliva sekaligus memijat dan membersihkan mulut saat anda mengunyah.

Teh Hijau

Teh Hijau memiliki banyak sekali manfaat berbeda dan itulah mengapa saat ini teh hijau begitu terkenal. Diantara manfaatnya adalah bagi upaya peningkatan kesehatan mulut karena mengandung catechin yang berfungsi membunuh bakteri penyebab plak serta bau mulut.

Kismis

Kismis juga bisa menghambat perkembangan beberapa jenis bakteri di mulut. Kismis khususnya mengandung fitokimia seperti asam oleanolic yang berfungsi melakukan tugas tersebut.

Wortel 

Wortel seperti halnya kentang manis dan sayuran lainnya, kaya vitamin A. Vitamin ini bermanfaat untuk pembentukan enamel gigi dan memperkuat gusi.

Bawang Putih

Bawang Putih termasuk bahan makan super karena kaya manfaat. Bagi kesehatan mulut, bawang putih adalah anti bakteri yang berarti bisa membunuh bakteri di dalam mulut. 

Dan hal yang paling mengejutkan adalah,  meskipun bawang putih terkenal karena aromanya yang menyengat, apalagi jika dimakan, mengkonsumsi bawang putih dalam jangka panjang memiliki efek baik bagi kesegaran nafas Anda!

Nah itulah 9 jenis makanan yang baik bagi kesehatan mulut Anda, Alangkah baiknya makanan-makanan diatas bisa Anda konsumsi setiap hari, agar tubuh dan juga mulut Anda terjaga akan kesetahannya, dan tetap segar setiap saatnya.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.