10 Negara Dengan Teknologi Terbaik di Dunia

AnakRegular | Inilah Sepuluh negara dengan teknologi terbaik di Dunia

10 Negara Dengan Teknologi Terbaik di Dunia

Negara maju adalah Istilah yang digunakan untuk menguraikan negara-negara yang dihitung menikmati tingkat pembangunan yang tinggi berdasarkan ukuran-ukuran tertentu seperti tingkat kesejahteraan rakyat dan kualitas hidup yang tinggi. Ciri dari sebuah negara maju adalah adanya sektor perindustrian yang terus meningkat, mempunyai sumber daya manusia yang berkualitas, hingga mampu mengelola sumber daya alam dengan baik serta memiliki kemajuan di bidang ilmu pengetahuan dan Teknologi.

Berkaitan dengan teknologi, ada beberapa negara yang memiliki keunggulan dalam bidang bidang teknologi bahkan bisa dikatakan sangat maju dan mengalahkan negara-negara lainnya. Amerika, misalnya negara yang dianggap sebagai negara adidaya ini mempunyai teknologi yang sangat modern. Di Amerika berbagai penemuan penting terjadi, dari lampu pijar hingga pesawat terbang.

Selain itu ada negara Finlandia di Eropa yang tak hanya fokus dalam pengembangan teknologi saja melainkan memperhitungkan dampaknya bagi kesehatan manusia. Negara-negara maju tahu betul apa yang harus dilakukan agar negara dan masyarakatnya bisa menikmati kehidupan yang sejahtera. Negara maju selalu membuat dan memanfaatkan teknologi guna memberikan kesejahteraan bagi masyarakatnya.


Amerika Serikat

Sejak abad ke-19, Amerika Serikat telah menjadi garis depan dalam kemajuan teknologi. Di Amerika lah kamera film pertama tercipta, bola lampu pertama dibuat, penerbangan pesawat pertama dilakukan, dan berbagai penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat telah membawa dunia menuju ke Zaman Atom.

Kemajuan teknologi ruang angkasa yang dicapai Amerika bahkan menjadikan negara itu sebagai salah negara adidaya dunia. Selain itu, dalam riset ilmiah, Amerika Serikat adalah produsen sebagian besar dari seluruh makalah penelitian yang tersebar di dunia.

Australia

Pemerintah Australia telah berkomitmen untuk mendorong dan mempromosikan ilmu pengetahuan serta teknologi di negaranya. Untuk tujuan itu, Australia bahkan membangun tempat khusus yang disebut Taman Teknologi di Sidney. Tempat itu tidak hanya menjadi pusat penelitian ilmiah, tetapi juga menjadi pusat hiburan bagi anak-anak, untuk mendekatkan mereka dengan dunia teknologi.

Dalam hal ini, Australia berfokus pada teknologi informasi dan komunikasi, bioteknologi, manufaktur, pertambangan, dan industri makanan. Langkah besar itu pun menempatkan Australia di garis depan perlombaan teknologi di antara negara-negara lain.

Belanda

Walau luas wilayahnya tak sebesar pulau Jawa teknologi di negeri kincir angin tersebut tak bisa terbantahkan. Dengan segala keterbatasan seperti tidak mempunyai sumber daya alam yang kaya layaknya Indonesia, Belanda bisa membuat dan memanfaatkan teknologi guna menutupi kekurangannya.

Dalam penemuan teknologi, Belanda termasuk hebat tidak kalah dengan Amerika dan Jepang. Belanda memiliki daftar panjang penemuan, meliputi mikroskop, compact disc, jam pendulum, sampai ginjal buatan. Selain itu, Belanda juga telah melakukan kemajuan besar dalam bidang rekayasa, kedirgantaraan, dan teknologi militer.

Finlandia

Di dunia internasional, Finlandia dikenal sebagai negara ber teknologi tinggi. Dalam hal teknologi industri, Finlandia bisa dibilang lebih maju dibandingkan negara-negara lain. Hal itu karena Finlandia tidak hanya berfokus pada keunggulan teknologi nya semata, namun juga memperhitungkan dampak bagi kesehatan manusia.

Para peneliti dari Finlandia juga terkenal dalam bidang perawatan lingkungan, perbaikan hutan, penelitian otak dan genetika, teknologi komunikasi, sampai infrastruktur dan berbagai penemuan lain yang inovatif.

Inggris

Inggris memiliki pengaruh besar bagi negara-negara lain di dunia, tidak hanya dalam sejarah namun juga dalam teknologi. Inggris adalah negara pertama di dunia industri, selain menjadi tempat penemuan berbagai hal penting yang pengaruhnya mencakup ke seluruh dunia.

Di Inggris lah lokomotif ditemukan, bersama mesin jet, motor listrik, dan televisi. Di Inggris pula layanan listrik komersial pertama dikembangkan. Dan akhirnya, internet atau World Wide Web yang saat ini digunakan miliaran orang di dunia juga diciptakan di Inggris. 

Jepang

Dalam menunjang penelitian di bidang teknologi, pemerintah Jepang menganggarkan biaya sampai US$ 130 miliar. Dengan dana sebesar itu, para ilmuwan dan insinyur Jepang bisa dibilang dapat melakukan apa saja dalam hal penelitian. Hasilnya, para ilmuwan Jepang telah memberikan kontribusi luar biasa dalam bidang elektronik, mobil, mesin, manufaktur, industri robotika, sampai semikonduktor.

Jepang telah dianggap sebagai pemimpin global dalam eksplorasi ilmiah dan teknologi dasar. Sebanyak 13 ilmuwan Jepang telah memenangkan penghargaan Nobel yang dianggap sebagai bukti nyata bahwa anggaran besar yang diberikan kepada mereka tidak terbuang sia-sia.

Kanada

Sebanyak 85 persen penduduk Kanada telah menggunakan internet. Kenyataan itu sudah bisa menjadi ilustrasi mengenai lekat nya negara ini dengan kemajuan teknologi. Kenyataannya, Kanada memang telah melakukan banyak pengembangan dan penelitian dalam bidang teknologi. Pemerintah negara itu bahkan mengalokasikan 1,8 persen dai PDB negaranya untuk tujuan penelitian dan riset.

Di bidang teknologi global, Kanada terkenal dalam bidang sains ruang angkasa. Sementara 18 ilmuwan negera itu telah memenangkan penghargaan Nobel dalam bidang fisika, kimia, serta kedokteran.

Korea Selatan

Korea Selatan terus maju tanpa bisa dibendung lagi dalam hal pengembangan teknologi yang luar biasa di bidang elektronika, mobil, kapal, mesin, petrokimia, dan robotika. Sebagian ekspor mereka bahkan dari sektor-sektor itu, dan hasilnya digunakan untuk terus mengembangkan kemajuan negara tersebut dalam bidang teknologi.

Salah satu teknologi spektakuler Korea adalah penciptaan robot mirip manusia yang disebut Hubo. Tidak lama setelah itu, para ilmuwan di sana juga melakukan terobosan di bidang bioteknologi dan berhasil melakukan kloning terhadap anjing. Setelah kesuksesan tersebut, mereka mulai merencanakan untuk mengkloning spesies-spesies yang terancam punah.

Singapura

Meski bukan negara besar, Singapura adalah salah satu negara terkaya di dunia. Menggunakan kekayaannya, pemerintah Singapura membangun lembaga khusus dalam bidang penelitian teknologi, dan membiayai nya. 

The Agency for Science Technology and Research, atau yang biasa disebut A-Star, adalah lembaga pemerintah yang berkomitmen mendorong penelitian dan pengembangan, demi tujuan menyediakan sumber daya yang lebih baik untuk warganya.

Di dunia internasional, Singapura telah diakui sebagai negara yang sangat maju dalam bidang kedokteran, ilmu makanan, penelitian klinis, sementara militer di negara itu dikenal sebagai militer berteknologi paling maju di Asia Tenggara.

Swedia

Sebagai negara yang relatif kecil, Swedia memiliki standar hidup yang tertinggi di dunia. Tapi bukan itu yang menjadikan Swedia masuk dalam daftar negara berteknologi paling maju. Swedia menganggarkan 4 persen dari PDB-nya untuk keperluan riset dan penelitian dalam bidang teknologi, suatu hal yang jarang dilakukan negara lain.

Karena kenyataan itu, Swedia pun terkenal dengan kualitas pengembangan ilmiah dan teknologi nya. Komitmen besar Swedia adalah menciptakan inovasi, dan untuk tujuan tersebut mereka memproduksi tak terhitung banyaknya makalah ilmiah dalam bidang kedokteran, ilmu alam, sampai rekayasa. Dalam bidang teknologi, dua bidang yang sangat hebat dari Swedia adalah farmasi dan telekomunikasi.

Memang keberadaan teknologi bagi semua negara tak bisa terbantahkan, majunya suatu negara bisa kita lihat dari bagaimana negara tersebut mengelola dan memanfaatkan teknologi untuk kepentingan masyarakatnya.

t;/noscript>

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.