6 Manfaat Warna Biru Bagi Kesehatan

loading...
loading...
AnakRegular | Inilah 6 Manfaat Hebat Warna Biru Bagi Kesehatan

6 Manfaat Warna Biru Bagi Kesehatan

Warna adalah sesuatu yang memiliki pengaruh dalam kehidupan, terutama dari segi penampilan dan segi mood kita. Penggunaan warna pun dapat mempengaruhi psikologis seseorang, misalnya jika seseorang sedang memiliki mood jelek kemudian melihat warna yang menenangkan seperti biru dapat membuat perasaan menjadi lebih tenang. Diyakini warna-warna yang cerah dapat membuat energi positif pada diri seseorang.

Penggunaan warna juga sangat berkaitan dengan kesehatan. Dikatakan penggunaan suatu warna di rumah dapat mempengaruhi kesehatan seseorang. Seperti warna biru yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya dengan warna biru seseorang akan memiliki kualitas tidur yang nyenyak.


Bikin Tidur Lebih Lelap

Studi ini dilakukan oleh Travelodge dengan melibatkan 2.000 rumah di seluruh negara memperlihatkan dominasi biru di kamar tidur bisa memberikan waktu tidur hingga 7 jam 40 menit. Meskipun memang tak hanya biru yang bisa memberikan manfaat ini, namun juga hijau dan kuning.

Menurut survei, hal ini terkait dengan ketenangan yang dapat memperlambat denyut jantung bahkan mengurangi tekanan darah. Alhasil akan mendapat kualitas tidur yang baik. 
"Ini adalah hasil yang luar biasa karena ada reseptor khusus yang disebut sel ganglion retina pada mata kita, yang paling sensitif terhadap warna biru," jelas Chris Idzikowski seorang ahli masalah tidur dari Edinburgh Sleep Centre.
Menurunkan Berat Badan

Jika ingin menurunkan berat badan, cobalah mengecat dapur dan ruang makan dengan warna biru, atau tempatkan lukisan maupun taplak warna biru. Studi menemukan seseorang cenderung akan mengonsumsi kalori 3 kali lebih sedikit jika berhadapan dengan warna biru. 

Hal ini karena biru ditengarai sebagai penekan nafsu makan, karena secara naluri seseorang akan menghindari makanan berwarna biru yang mana beberapa di antaranya mengandung racun. Meskipun memang pada kenyataannya makanan yang berwarna biru atau ungu juga bisa memberi manfaat.

Selain itu, jika Anda menggunakan piring warna biru untuk penyajian, umumnya makanan tampak kurang menarik. Dengan demikian bisa mengurangi hasrat yang menggebu untuk makan.

Bisa Meningkatkan Kinerja

Untuk meningkatkan produktivitas kerja saat di kantor, Anda dapat mengenakan kemeja berwarna biru. Sebab warna ini bisa membuat Anda lebih tenang dan berkonsentrasi terhadap pekerjaan.

Nuansa warna biru juga dianggap dapat memberikan efek yang menyenangkan dan mendatangkan ketenangan, kreativitas, kelembutan dan keamanan.

Mengatasi Depresi Ringan Musiman

Depresi ringan musiman atau seasonal affective disorder (SAD) dapat diatasi dengan paparan cahaya biru. SAD adalah kondisi nyata yang membuat seseorang merasa sendu selama musim hujan. Hal ini terjadi karena kurangnya paparan sinar matahari selama musim dingin dan berpengaruh terhadap kondisi hormonal pengatur suasana hati seseorang.

Sebuah studi yang dilakukan di Inggris pada tahun 2009 menemukan bahwa sekitar 40 persen dari cahaya matahari yang diserap tubuh selama musim panas adalah cahaya dengan spektrum warna biru. Di musim dingin, persentase cahaya biru dari sinar matahari menurun menjadi 26 persen.

Penelitian yang dilakukan di Thomas Jefferson University telah menemukan bahwa paparan cahaya biru menyebabkan koneksi kuat di otak antara daerah yang mengatur bahasa dan emosi. Berada di sekitar cahaya biru dapat merangsang koneksi tersebut dengan lebih baik daripada cahaya hijau, meskipun lampu hijau menguntungkan untuk kesehatan penglihatan.

Studi tahun 2006 menemukan bahwa cahaya biru lebih efektif untuk mengurangi gejala SAD daripada cahaya merah. Para ahli berhipotesis bahwa cahaya biru dapat membantu meningkatkan mood seseorang. Para peneliti juga menyatakan bahwa mengganti lampu kuning dengan lampu biru dapat meningkatkan produktivitas dan suasana hati.

Tangani Lalat Tsetse Penyebab Penyakit Tidur

Perangkap dengan warna biru bisa diandalkan untuk mengatasi lalat tsetse yang menjadi penyebab penyakit tidur. Prof Mike Lehane dari Liverpool School of Tropical Medicine yang memimpin penelitian menyebut bahwa lalat tsetse sangat sensitif dengan warna, terutama warna-warna cerah. Biru dipilih karena penelitian sebelumnya menemukan warna biru dapat menarik perhatian lalat tsetse secara masif.

"Lalat ini akan tertarik kepada perangkap kami, mereka akan mengitarinya dan akhirnya mendarat di situ. Kami sudah memberikan insektisida yang kuat di perangkap itu dan lalat akan mati dalam waktu tiga menit," tutur Prof Lehane.

Perangkap ini diklaim sangat sukses untuk memusnahkan lalat tsetse. Dr Richard Selby, rekan Prof Lehane, mengatakan kesuksesan perangkap sangat besar. Ia mengatakan perangkap ini bisa mengurangi populasi lalat tsetse hingga 90 persen.

Bisa Gantikan Kopi untuk Usir Kantuk

Para ilmuwan di Universite Bordeaux Segalen membuktikan nyala lampu berwarna biru sama manjurnya dengan efek kafein dalam kopi dalam mengusir kantuk. Diketahui warna biru bisa meningkatkan kewaspadaan dengan merangsang sel-sel ganglion retina.

Sel-sel ganglion retina tersebut juga terhubung dengan saraf-saraf kesadaran. Oleh karena itu, rangsang di bagian ini bisa menungkatkan sekresi atau pelepasan melatonin yakni hormon yang membuat orang bisa terjaga dan tetap awas sepanjang malam.

Eksperimen terhadap 48 pengemudi yang menempuh jarak 400 km menunjukkan tingkat kesalahan yang dilakukan pengemudi berkurang berkat lampu biru. Pelanggaran marka jalan dilakukan 15 kali oleh pengemudi yang terpapar lampu biru, 13 kali pada pengemudi yang minum kopi, dan 26 kali pada pengemudi yang tidak mendapat apa-apa.

Temuan ini diharapkan bisa menginspirasi desain mobil atau kendaraan yang lebih aman di masa mendatang. Dengan memasukkan lampu berwarna biru sebagai bagian dari desain interior mobil modern, maka angka kecelakaan akibat pengemudi mengantuk diharapkan akan berkurang.

Nah, itulah sekiranya 6 manfaat hebat menyukai warna biru bagi kesehatan. Memang setiap orang memiliki selera tersendiri akan warna favoritnya. Warna yang disukai selalu menonjolkan sikap dan pribadi seseorang.

Silahkan Jangan Lupa Tonton Juga :
Video Kasus Kasus Anak Durhaka yang Menggugat Ibu Kandung Ke Pengadilan
Dibawah ini :


Loading...
loading...

0 Response to "6 Manfaat Warna Biru Bagi Kesehatan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..