7 Cara Paling Ampuh Mengatasi Insomnia

AnakRegular | Inilah cara ampuh atasi penyakit insomnia yang kerap dialami oleh banyak orang.

Sebagai makhluk yang tak luput dari rasa lelah setiap manusia membutuhkan waktu senggang untuk beristirahat. Salah satu istirahat yang sering dilakukan adalah tidur yang biasanya dilakukan di malam hari. Dalam menjalani kehidupan yang melelahkan ini tidur menjadi salah satu kebutuhan paling penting bagi manusia. 

7 Cara Paling Ampuh Mengatasi Insomnia

Setelah tubuh mengalami lelah karena aktivitas banyak di siang hari, dengan tidur tubuh akan diberi kesempatan regenerasi sel-sel penting dan juga proses detoksifikasi. Organ-organ penting seperti limpa, jantung, hati dan paru-paru akan melakukan perbaikan pada saat manusia sedang tidur.

Namun tak semua orang bisa mendapatkan kualitas tidur yang sehat setiap harinya. Berbagai masalah dan penyakit seperti insomnia kerap menjadi salah satu penghalang bagi seseorang untuk bisa memiliki tidur malam yang berkualitas. Insomnia memang bukan penyakit yang serius, namun jika terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama, insomnia akan membawa dampak buruk bagi tubuh.

Terlebih insomnia tingkat akut bisa meningkatkan resiko kematian, merusak sel-sel otak sehingga seseorang menjadi pelupa, serta dapat menyebabkan obesitas dan depresi. Nah menanggapi itu semua, berikut AnakRegular informasikan beberapa tips rahasia mengatasi insomnia, silahkan disimak dan jangan lupa di praktekkan yah ::

Tips mudah mengatasi insomnia yang kerap menjadi penyakit di malam hari : 


Biasakan diri untuk tidur teratur

Banyak orang yang sibuk dengan pekerjaan siang dan malam, sehingga lupa akan waktu untuk beristirahat. Memang bekerja keras untuk keluarga itu sangat baik, namun bekerja juga harus bisa memperhatikan kesehatan, terutama kesehatan organ-organ tubuh. Kita bukan robot yang tak perlu istirahat, kita adalah seorang manusia yang memiliki kekurangan dalam hal kesehatan.

Memang tak masalah bagi seseorang untuk tidur jam berapapun, namun kualitas tidur akan terasa bila seseorang bisa dengan rutin menjadwalkan jam tidur setiap harinya. Jadwal tidur yang tidak teratur kerap menjadi salah satu penyebab insomnia.

Karena itu, dari sekarang mulailah membiasakan diri untuk pergi tidur dengan jam yang sama setiap harinya, begitu juga dengan waktu tidur. Tidur sesuai dengan jadwal pastinya akan membuat tubuh dan pikiran menjadi sehat dan segar ketika bangun di pagi hari.

Buat Suasana kamar tidur menjadi lebih menarik

Suasana kamar ternyata bisa menyebabkan seseorang merasakan kualitas tidur yang menyehatkan. Untuk menghilangkan insomnia yang sering mengganggu Anda, silahkan mulai mendekor mendaur ulang kamar Anda menjadi lebih bersin dan nyaman. Mungkin suasana kamar sebelum nya membuat Anda tidak bisa merasakan tidur yang nyenyak dan berkualitas.

Perlu Anda ketahui suasana kamar sangat berpengaruh terhadap kondisi pikiran serta nyenyak atau tidaknya Anda tidur. Semakin nyaman suasana tidur maka kualitas tidur pun akan semakin baik, begitu pula sebaliknya.

Konsumsi makanan yang bisa jadi "obat tidur"

Dari pada minum obat tidur yang mengandung banyak bahan kimia serta menimbulan efek samping bagi kesehatan, lebih baik Anda mengkonsumsi makanan alami yang bisa merilekskan tubuh dan otak. Makanan yang mengandung potasium dan magnesium seperti pisang dan kacang almond bisa menjadi alternatif cemilan sebelum tidur. 

Dua makanan tersebut bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak dan pastinya tidak akan membuat timbangan Anda terus bergerak ke kanan. Selain pisang dan kacang almond, madu alami juga bisa membantu anda untuk mengatasi insomnia. Hal ini karena madu bisa mengantarkan tripofan ke otak yang selanjutnya akan di ubah menjadi hormonserotonin.

Dalam kasus ini serotonin memiliki peran yang sangat penting dalam membantu proses rileksasi di jam-jam tidur.

Kurangi konsumsi makanan dan minuman yang bersifat stimulan

Hal selanjutnya yang harus Anda lakukan lakukan untuk mengusir insomnia adalah tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang bersifat stimulan sebelum tidur, seperti yang mengandung kafein dan nikotin.

Menyeruput minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan coklat hangat menjelang waktu tidur hanya akan membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam, begitu juga dengan yang mengandung nikotin seperti rokok. Jika ingin minum kopi, teh atau minuman lain yang tinggi akan kafein, minumlah 4 jam sebelum waktu tidur.

Manjakan diri dengan rileksasi

Emosi dan kondisi pikiran yang tidak stabil menjadi salah satu penyebab utama munculnya insomnia. Tapi Anda bisa mengatasinya dengan cara mudah yang satu ini, sering-sering melakukan rileksasi, terutama menjelang jam tidur. Alunan musik yang menenangkan dan memanjakan diri dengan mandi air hangat pastinya akan membantu tubuh serta pikiran kamu untuk menjadi lebih rileks.

Matikan lampu saat tidur

Hormon melatonin memiliki peranan penting dalam mengatur siklus tidur, semakin stabil produksi hormon melatonin pada tubuh, maka semakin teratur pula siklus tidur. Sayangnya tubuh tidak bisa memproduksi hormon melatonin disaat tubuh terkena paparan cahaya.

Oleh karena itu, pastikan Anda mematikan lampu kamar saat tidur. Hindari pula untuk menggunakan alat elektronik yang memancarkan cahaya seperti handphone dan televisi minimal 30 menit sebelum tidur.

Olahraga teratur

Olahraga secara teratur juga terbukti bisa meningkatkan kualitas tidur Anda. Tapi bukan berarti Anda harus berolahraga sebelum tidur yah. Waktu olahraga yang berdekatan dengan waktu tidur hanya akan memperparah insomnia karena energi yang didapatkan setelah olahraga membuat Anda tetap terjaga di jam tidur.

Berilah jarak 3-4 jam antara waktu tidur dengan waktu olahraga. Anda bisa berolahraga di pagi ataupun sore hari, asalkan dilakukan secara rutin.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.