7 Danau Terdalam di Indonesia

AnakRegular | Inilah 7 danau terdalam yang berada di Indonesia, kedalamannya sebanding dengan keindahan yang ditawarkan.

7 Danau Terdalam di Indonesia

Danau adalah cekungan yang merupakan genangan air yang sangat luas di daratan. Danau dapat dipandang sebagai tempat penampungan (reservoir) air tawar di darat pada ketinggian tertentu di atas permukaan laut yang bersumber dari mata air, air hujan, sungai, dan gletser.

Di dunia ini ada banyak sekali danau yang tersebar di berbagai negara dunia. Danau mempunyai fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Selain sering digunakan untuk wahana rekreasi danau juga menjadi tempat penampungan air tawar dunia. Hampir sebagian besar air tawar dunia ini di tampung di danau-danau yang ada di berbagai belahan dunia.

Dari banyaknya danau tersebut, tentunya ada beberapa danau yang terbilang sangat besar dan dalam. Bahkan saking besar dan luasnya danau tersebut, kita yang melihat danau tersebut mengira itu adalah lautan. Berikut adalah danau terdalam yang ada di Indonesia.


Waduk Gajah Mungkur – JaTeng (136m)

Waduk Gajah Mungkur Adalah sebuah waduk yang terletak sekitar 3 kilometer dari jantung kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Waduk Gajah Mungkur ini merupakan perairan buatan yang dibuat dengan membendung sungai Bengawan Solo dan mulai dibangun pada akhir tahun 1970. 

Waduk ini mulai dibuka pada tahun 1978 dengan luas 8.800 hektar yang meliputi 7 kecamatan dan mampu mengrigasi sawah seluas 23.600 di daerah Sukoharjo, Klaten, Karanganyar dan Sragen. 

Selain untuk memenuhi kebutuhan pengairan, Waduk Gajah Mungkur juga digunakan sebagai PLTA dengan kekuatanhingga 12,4 MegaWatt serta untuk memasok kebutuhan air minum seluruh kota Wonogiri.

Danau Maninjau – SumBar (169 m)

Danau Maninjau terletak di kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam, Sumatera Barat, danau Maninjau merupakan danau vulkanik yang terletak di ketinggian 461,50 mdpl. 

Memiliki luas sekitar 99,5 km2 dengan kedalaman mencapai 169 m. menurut kepercayaan legena setempat, cekungannya terbentuk karena letusan gunung Sitinjau, hal ini dilihat dari bentuk bukit di sekeliling danaunya yang sepert dinding.

Danau Segara Anak – LoTim (190 m)

Bagi para pecinta alam yang sering melakukan ekspedisi ke gunug-gunung di Indoneisa, pasti sudah tidak asing dengan Danau Segara Anak ini. Danau Sagara Anak merupakan danau kawah di Gunung Rinjani, desa Sembalun Lawang, Lombok Timur. 

Terletak di ketinggian 2.000 mdpl, danau ini memiliki banyak sekali jenis ikan yang memang dikembangbiakkan oleh pemerintah setempat untuk menambah daya tarik tersendiri bagi para pendaki yang pasti melintasi Danau Segara Anak ini sebelum sampai ke puncak gunung Rinjani. 

Pemandangan di Danau ini sungguh menakjubkan dan sangat indah sehingga banyak wisatawan luar maupun dalam negeri berdatangan dan mendaki Gunung Rinjani untuk menyaksikan keindahan Danau tersebut.

Danau Towuti – SulSel (203 m)

Danau Towuti adalah sebuah danau yang terletak di Sulawesi Selatan. Secara administratif, danau ini terletak di Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Kawasan Danau Towuti merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Danau Towuti, yang dikelola oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sulawesi Selatan, di bawah Departemen Kehutanan Republik Indonesia, dengan kedalaman maksimum 203 meter. 

Danau Towuti yang luasnya 56.000 Ha terdapat di wilayah Kompleks Malili, Sulawesi Selatan dan merupakan danau tektonik yang oligotrofik. Danau ini telah ditetapkan sebagai kawasan Taman Wisata Alam berdasarkan keputusan Mentan No. 274/Kpts/Um/1979. 

Meskipun sudah ditetapkan sebagai kawasan Taman Wisata Alam, danau yang luas ini juga digunakan untuk berbagai keperluan antara lain PLTA, perikanan tangkap, navigasi, ekowisata dan sumber air untuk kebutuhan domestik.

Danau Ranau – SumSel (229 m)

Danau Ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera. Danau ini terletak di perbatasan Kabupaten Lampung Barat Provinsi Lampung dan Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan Propinsi Sumatera Selatan. 

Danau ini tercipta dari gempa besar dan letusan vulkanik dari gunung berapi yang membuat cekungan besar, dengan kedalaman maksimum 229 meter. Secara geografis topografi danau Ranau adalah perbukitan yang berlembah hal ini praktis menjadikan danau Ranau memiliki cuaca yang sejuk.

Danau Singkarak – SumBar (268 m)

Danau Singkarak berada di dua kabupaten di Sumatera Barat, Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Jika danau ranau adalah danau terbesar kedua di Sumatera, maka dengan luas 107,8 km², danau Singkarak merupakan danau terluas kedua di Pulau Sumatera. 

Danau ini merupakan hulu Batang Ombilin. Air danau ini sebagian dialirkan melewati terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Padang Pariaman. Memiliki kedalaman maksimum 268 meter.

Danau Dibawah – SumBar (309 m)

Sumatera memang memiliki banyak sungai yang mampu masuk jajaran sungai terpanjang di Indonesia, serta danau-danau yang mampu menduduki beberapa posisi 10 danau terdalam di Indonesia. 

Danau Dibawah adalah danau di Sumatera Barat, Indonesia. Danau ini terletak di 1°0′35″S 100°43′51″E / 1.00972°S 100.73083°E / -1.00972; 100.73083. Danau ini bersama-sama dengan Danau Diatas, yang dikenal sebagai Danau Kembar. Memiliki kedalaman maksimum 309 meter.

Danau Poso – SulTeng (450 m)

Danau Poso merupakan sebuah danau yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Tepatnya di Kabupaten Poso. Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan memiliki panjang 32 km dan lebar 16 km. 

Danau ini terletak pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut dan memiliki kedalaman maksimum 450 meter. Danau yang tenang dan luas ini tempat peternakan ikan belut , ikan Sidat atau Sogili terbesar di Dunia, bisa sampai 2 mtr, dikelilingi alam perbukitan yang ditumbuhi tanaman cengkeh. 

Pada saat cengkeh berbunga (bulan Juni hingga November) pohon cengkeh akan mengeluarkan aroma harum bunga cengkeh. Sekitar danau masih dikawasan Desa Tentena, ditemukan Gua yang cukup dalam, sampai ke dasar danau. 

Disesa Bancea, desa dipesisir pantai danau dapat ditemukan Pelestarian Angrek terbesar di Indonesia yang ditemukan Angrek Hitam yang sangat khas dan hanya ada di daerah ini. Beberpa kilometer dari tentena di temukan Air terjun Salu Opa dan tempat pembuatan Sovenir Kayu Ebony.

Danau Toba – SumUt (529 m)

Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Memiliki keadalaman maksimum 529 meter. 

Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Danau Matano (590 m)

Danau Matano adalah sebuah danau di Sulawesi Selatan, tepatnya berada di ujung selatan pulau Sulawesidi kota Sorowaku, kabupaten uwu Timur. Danau ini memiliki kedalaman sejauh 600 m (1.969 kaki), 382 meter di antaranya di atas permukaan laut. Menurut WWF, danau ini adalah danau terdalam di Asia Tenggara serta terdalam kedelapan di dunia

Danau Matano bukan merupakan pembentukan dari beberapa anak sungai, tetapi terbentuk dari ribuan mata air sehingga tidak akan pernah mengalami kekeringan. Airnya sangat jernih. 

Sebagai sumber daya alam yang sangat potensial maka perusahaan tambang nikelterbesar kedua dunia, PT.INCO memanfaatkan buangan air dari Danau Matano sebagai PLTA untuk pemanfaatan di pabrik, dan juga untuk penggunaan oleh masyarakat. Danau matano sering dijadikan sebagai wisata saat berlibur.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.