7 Fakta Penting Penyakit Hepatitis B yang Harus Diketahui

AnakRegular | Inilah tujuh  fakta penting dari sebuah penyakit menular bernama hepatitis b yang harus Anda ketahui kawan.

7 Fakta Penting Penyakit Hepatitis B yang Harus Diketahui

Ada banyak jenis penyakit yang menyebar dan belum banyak di temukan obatnya di dunia ini. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berat yang sangat sulit untuk ditanganinya. Memang tidak ada manusia yang kebal akan suatu penyakit. Setiap manusia pastinya akan pernah merasakan bagaimana rasanya sakit dalam menjalani kehidupan.

Terlebih bagi mereka yang telah terserang penyakit yang tergolong sangat berat untuk itu diperlukan penanganan yang serius sedari sekarang guna mencegah dan mengobati penyakit tersebut semakin menjadi. Salah satunya adalah penyakit hepatitis B.

Dalam dunia kedokteran Hepatitis B merupakan salah satu penyakit menular yang disebabkan infeksi virus Hepatitis B (HBV) dan berdampak buruk untuk kesehatan hati. Hepatitis dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui darah, cairan tubuh, dan luka. 

Sayangnya, penyakit ini sering kali tak disadari penderitanya, karena tak menimbulkan gejala. Sehingga, penularannya pun tak diketahui. Karena itu pula, hepatitis B disebut sebagai silent killer. Jika tidak cepat ditangani, penyakit ini bisa menyebabkan kematian. 

Bertepatan dengan Hari Hepatitis Sedunia yang jatuh pada tanggal 28 juli, kesadaran masyarakat mengenai penyakit ini pun diharapkan terus meningkat. Berikut adalah fakta menarik tentang hepatitis B yang perlu Anda ketahui seperti dikutip dari boldsky.com. 


1. Setiap satu menit, satu orang di seluruh dunia meninggal dunia, karena terinfeksi Hepatitis B. Terinfeksi HBV dapat menyebabkan sirosis, kanker hati, hingga gagal hati. 

2. Banyak orang tak mengetahui telah terinfeksi HBV. Akibatnya, penularan penyakit ini terus terjadi. HBV bisa menulari orang lain melalui kontak dari luka terbuka hingga hubungan seks tanpa perlindungan. 

3. HBV 10 kali lebih sering penularannya dibanding HIV. Bahkan, HBV dapat menyebar 100 kali lebih cepat dari HIV. 

4. Bila pengobatan tidak diberikan tepat waktu, HBV dapat membunuh korbannya karena kerusakan hati. Ini adalah salah satu fakta yang berbahaya tentang hepatitis B. 

5. Wanita hamil yang terinfeksi HBV dapat menularkan virus ke bayinya. Untuk itu, penting bagi ibu hamil untuk tes hepatitis B. 

6. HBV dapat dicegah dengan vaksin. Pemberian vaksin wajib dilakukan untuk mencegah penularan HBV lebih banyak lagi. 

7. Gejala HBV antara lain demam, sakit kuning, kelelahan, sakit perut, dan mual. Masalahnya, gejala tersebut sering kali tidak disadari penderitanya.

So mulai dari sekarang mulai lah untuk selalu menjaga dan memikirkan kesehatan diri kita. Silahkan mulai dari hal yang terkecil dan termudah dalam menjaga dan mencegah tubuh kita terserang penyakit.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.