7 Fakta Soal Telur Yang Jarang Diketahui

AnakRegular | Inilah 7 Fakta soal telur yang mungkin tidak banyak orang yang mengetahuinya :

7 Fakta Soal Telur Yang Jarang Diketahui

Telur merupakan salah satu bahan makan hewani yang banyak dikonsumsi oleh manusia selain daging, ikan dan susu. Umumnya jenis telur yang banyak dikonsumsi berasal dari jenis-jenis burung, seperti ayam bebek dan angsa. Akan tetapi telur-telur yang lebih kecil seperti telur ikan kadang juga digunakan sebagai campuran dalam hidangan.

Selain menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi, telur merupakan sumber protein yang gampang didapat. Dengan harganya yang relatif murah dan mudah diolah menjadi beragam hidangan banyak orang yang menyukai jenis makan yang satu ini.

Selain itu telur juga menjadi bahan makanan wajib karena kandungan nutrisinya yang sangat bagus bagi kesehatan. 
Kandungan protein, mineral dan vitamin pada telur jadi andalan untuk asupan nutrisi harian. Namun dibalik enaknya telur, ternyata ada beberapa Fakta menarik tentang telur yang tak banyak orang ketahui.

Seperti 7 Fakta soal telur yang tak banyak diketahui orang versi AnakRegular :

Ukuran Telur

Hampir semua hewan yang bertelur memiliki ukuran dan bentuk telur yang berbeda-beda. Namun tak sedikit pula satu hewan yang sama seperti ayam bisa menghasilkan telur yang berbeda dengan ayam yang lainnya. Ada yang mengatakan kualitas telur ayam kampung dengan telur ayam negeri itu sangat berbeda.

Pada kenyataannya telur yang memiliki ukuran berbeda walaupun berasal dari hewan yang sama tidak berpengaruh terhadap nutrisi yang terkandung. Ukuran telur yang besar jelas membuat Anda mendapatkan nutrisi yang lebih banyak, juga kalori yang banyak. Karenanya, jika sedang berdiet perhatikan pula ukuran telur karena telur yang berukuran besar mengandung lebih banyak kalori.

Telur sangat Baik untuk diet sehat

Kuning telur dan putih telur memang berbeda keduanya memiliki manfaat yang berbeda pula. Dalam dunia medis dikatakan jika kuning telur mengandung kolesterol maka dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. 

Tetapi  penelitian selama lebih dari 40 tahun telah menunjukkan bahwa telur dapat dijadikan sebagai makanan untuk diet sehat karena hanya mengandung 70 kalori. Juga mengandung protein yang sangat tinggi, lutein dan zeaxanthin (dua antioksidan yang membantu untuk kesehatan mata), vitamin A, D, B12, riboflavin, fosfor dan folat. 

Terlebih lagi telur juga mengandung kolin, yang membantu meningkatkan fungsi otak pada orang dewasa dan perkembangan otak janin selama kehamilan.

Mengganti 100 gram sosis dengan 1 butir  telur rebus atau rebus saat sarapan menghemat sekitar 200 kalori. Protein dari telur membantu menjaga kita merasa kenyang sepanjang hari dan menjaga massa otot selama penurunan berat badan.

Telur Sangat Baik untuk kebugaran

Mendapatkan protein yang berkualitas dan cukup sangat penting setelah berolahraga. Protein dibutuhkan tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan otot yang digunakan selama berolahraga. 

Selain itu, protein juga penting untuk menyediakan asam amino bagi tubuh untuk membentuk otot. Telur juga mengandung protein dan karbohidrat sehat yang membantu menjaga tingkat gula darah, energi, dan mencegah rasa lelah setelah berolahraga.

Telur Sebagai Sumber vitamin D

Selain kalsium, vitamin D juga penting untuk kesehatan tulang. Karena tubuh menyerap vitamin D melalui matahari, mengonsumsi makanan yang tepat akan membantu proses penyerapan dengan optimal. Telur ini merupakan makanan alami yang merupakan sumber vitamin D yang baik. Telur juga bisa memenuhi hingga 10 persen keperluan vitamin D seseorang dalam sehari.

Warna telur tak pengaruhi nutrisi

Banyak orang percaya telur berwarna cokelat lebih sehat daripada telur putih. Namun sebenarnya warna telur tidak berpengaruh pada kualitas nutrisi telur, tutur Egg Board Amerika seperti yang dilansir Livestrong. 

Warna kuning telur dapat bervariasi berdasarkan pakan ayam, tapi itu tidak mencerminkan nutrisi yang ada di dalamnya. Kuning telur merupakan sumber vitamin, mineral dan lemak, sedangkan putih telur memberikan asupan protein dan riboflavin. 

Satu telur rebus besar memberikan sekitar 6 gram protein, hampir 5 gram lemak dan 0,2 miligram riboflavin, yang lebih dari 20 persen dari kebutuhan harian wanita untuk vitamin B.

Kandungan lemak Pada Telur

Selama ini telur dianggap mengandung kalori dan kolesterol yang buruk untuk tubuh, namun sebaiknya perhatikan kandungan nutrisinya. Telur yang besar mengandung 1,5 gram lemak jenuh, 1,8 gram lemak tak jenuh tunggal dan satu gram lemak tak jenuh ganda. Beberapa telur mengandung lemak omega-3 dengan memberikan suplemen omega-3 pada ayam, yang dapat diketahui pada kemasan telur. 

Selain itu, telur yang besar juga mengandung 185 miligram kolesterol. Ketentuan diet menyarankan untuk tidak mengonsumsi kolesterol kurang dari 300 miligram per hari.

Cara Menyimpan telur

Anda mungkin akan membuang telur yang sedikit 'cacat'. Telur dapat digunakan dalam waktu tiga minggu dari tanggal pembelian jika disimpan dengan benar dalam lemari es. Bertambahnya usia telur lebih cepat pada suhu kamar, jadi jangan biarkan telur terlalu lama disimpan. Simpan telur di lemari es untuk menjaga telur agar tetap baik dan buang telur setelah dua jam di suhu kamar atau satu jam di suhu hangat. 



Nah itulah kawan 7 fakta soal telur yang mungkin tidak banyak orang yang tidak tahu. Banyak orang yang beranggapan selalu mengkonsumsi telur dapat menyebabkan bisulan, padahal dalam kenyataannya telur sangat baik sekali untuk meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh.

Asalkan dikonsumsi dengan benar telur yang kita makan akan sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.