7 Negara Terkaya dan Termakmur Di Dunia

AnakRegular | Inilah 7 Negara di dunia paling kaya dan makmur serta maju dalam segala bidang, yang tentunya ekonomi dan kualitas hidup masyarakatnya terjamin.

Di dunia ini banyak sekali negara-negara yang saling berlomba guna menjadikan diri sebagai negara maju dan disegani oleh negara lainnya. Menjadi negara maju berarti negara tersebut telah berhasil membangun ekonomi negara yang kuat. Negara maju selalu identik dengan negara-negara kaya, karena nya di negara kaya tersebut kita bisa melihat bagaimana kehidupan masyarakatnya yang makmur dan sejahtera.

Untuk menilai suatu negara dikatakan maju dan makmur kita bisa metode perbandingan, yakni membandingkan standar hidup penduduk satu negara secara keseluruhan dengan menggunakan produk domestik bruto (PDB) per kapita yang didasarkan para paritas atau keseimbangan daya beli secara internasional.

Seperti mengukur standar hidup antar negara dengan menggunakan indikator biaya hidup relatif, inflasi, serta nilai tukar mata uang suatu negara yang dikonversi ke mata uang bersama (Dollar Amerika). Lantas negara mana sajakah yang menjadi negara kaya dan makmur kehidupan ekonomi nya, berikut ulasan singkatnya.

Anak Regular : 7 negara paling kaya dan makmur di dunia (dikumpulkan dari berbagai sumber)
7 Negara Terkaya dan Termakmur Di Dunia

Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab adalah negara kaya minyak dan gas dan sangat maju diantara negara-negara di timur tengah. Uang ini hanya mengarah pada perkembangan lebih lanjut sebagai pendapatan tersebut diinvestasikan dalam arsitektur dan proyek-proyek seperti Khalifa Burj (hampir dua kali menara setinggi Empire State Building) dan banyak pulau buatan. Ini juga memiliki industri wisata yang berkembang – terutama di Dubai yang merupakan kota yang terlihat seperti itu terletak di salah satu negara terkaya di dunia.

So bukan tak mungkin kehidupan masyarakatnya pun sangatlah makmur.

Kuwait

Kuwait adalah salah satu negara terkaya di dunia karena cadangan minyak yang membentuk 10% dari total mengejutkan dunia. Hal ini membuat salah satu negara terkaya di dunia dan jauh lebih kaya dari tetangga Arab Saudi dan Irak. Tak hanya kaya dalam hal pendapatan, masyarakatnya pun bisa merasakan kehidupan yang makmur dengan segala kebutuhan dapat terpenuhi.

Qatar

Qatar adalah sebuah negara berbahasa Arab dan jauh dari salah satu negara terkaya di dunia sampai tahun 1940-an ketika menemukan banyak gas alam dan cadangan minyak. Alasan lain mungkin salah satu negara terkaya di dunia adalah populasi menit yang hanya lebih dari satu juta orang yang menciptakan masalah yang lebih sedikit dan membantu uang untuk melangkah lebih jauh. 

Hal ini membuat tempat yang bagus untuk hidup dan pilihan populer untuk mereka yang sudah kaya karena tidak memiliki pajak penghasilan apapun. Dengan menarik orang-orang dari negara-negara terkaya di dunia hanya meningkatkan berdiri nya finansial.

PDB per kapitanya sangatlah tinggi yakni sebesar 102.943 USD. Perekonomian Qatar fokus pada perikanan dan mutiara, namun sejak munculnya pembudidayaan mutiara dari Jepang pada 1920an dan 1930an, industri mutiara negara ini jatuh. Perubahan ekonomi terjadi pada 1940 saat penemuan kandungan minyak bumi yang melimpah ruah.

Hingga saat ini Qatar memasok kebutuhan minyak dan gas bumi dunia, simpanan minyak negara ini diperkirakan hingga 15 miliar barel. Dengan begitu, taraf hidup masyarakatnya pun bisa disamakan bahkan dianggap lebih maju dibandingkan negara-negara di Eropa barat, dengan berbagai layanan sosial dengan fasilitas modern.

Switzerland

Tidak banyak orang akan berpikir untuk menempatkan Swiss di hitung mundur dari negara-negara terkaya dunia menjadi negara yang sering tetap ‘dari radar’. Hal ini sebagian mengapa Swiss tetap salah satu negara terkaya di dunia Namun – dengan menghindari terlibat dalam urusan dunia dan tetap independen. 

Selama WW2 Swiss tinggal keluar dari urusan dan selama waktu ini sisa perusahaan Dunia terkaya disimpan uang mereka di bank Swiss mengharapkan mereka agar lebih aman. Menjadi rumah bagi perusahaan-perusahaan seperti Nestle, Logitech, Rolex dan Credit Suisse juga membantu mereka untuk tetap salah satu negara terkaya di dunia.

Amerika Serikat

Amerika Serikat tidak hanya salah satu negara terkaya di dunia di dunia, tetapi mungkin yang paling kuat. Ini juga merupakan pusat budaya populer dan hiburan dan memiliki ekonomi usaha yang ramah yang membuatnya rumah dari milyarder lebih dari negara lain. Sementara banyak negara terkaya di dunia yang sangat kecil, AS berhasil mempertahankan kekayaan di seluruh jumlah penduduk lebih dari 300 juta.

Cina

Cina oleh banyak definisi adalah salah satu negara terkaya di dunia dan berjarak hanya meningkat. Sebagian hal ini disebabkan kekuatan tipis dalam jumlah dan ukuran penduduk China berarti bahwa ia hanya dapat menghasilkan banyak keuntungan serta sejumlah besar ekspor. Pada saat yang sama etos kerja masih ditanamkan pada usia dini, dan merupakan salah satu pemimpin dalam hal pengembangan teknologi. Salah satu negara terkaya di dunia sekarang, dan mungkin bahkan lebih begitu cepat.

Singapura

Singapura yang sebagian besar pulau dan dianggap sebagai salah satu dari empat “Macan Asia bersama dengan Hong Kong, Korea Selatan dan Taiwan. Salah satu alasan itu antara negara-negara terkaya di dunia adalah bahwa ia memiliki pelabuhan tersibuk keempat di dunia yang membuat pusat perdagangan yang sangat aktif. Tidak hanya itu salah satu negara terkaya di dunia, tetapi diperkirakan sangat bisnis friendly.

Selain itu negara Singapura dinobatkan sebagai negara dengan Indeks Kualitas hidup nomer satu di Asia. Hal ini pantas saja, karena taraf hidup di Singapura memang sangat tinggi dengan PDB per kapita sebanyak 60.883,33 USD. Meskipun luas negaranya sangat kecil, namun Singapura adalah pusat keuangan terdepan ke empat di dunia dan merupakan kota kosmopolitan yang berperan penting dalam perdagangan serta keuangan internasional. Cadangan devisanya adalah yang terbesar ke sembilan di dunia, Singapura juga memiliki angkatan bersenjata yang maju.

Norwegia

Norwegia merupakan negara yang sangat modern di Eropa yang bagaimanapun bukan merupakan bagian dari Uni Eropa. Hal ini membantu untuk tinggal sebagai salah satu negara terkaya di dunia, seperti halnya kaya cadangan minyak dan gas (dan juga sebagai salah satu negara terkaya di dunia ini adalah salah satu dari lima negara utama bagi pengekspor minyak).

Selain itu negara Norwegia yang terkenal akan keindahan alam dan gunung-gunung indahnya ini memiliki PDB per kapita sebesar 55.398 USD. Luas wilayah sebesar 385,525 km2, dengan jumlah populasi sebesar 4,9 juta, menjadikan Norwegia sebagai negara dengan kepadatan penduduk terendah ke dua di Eropa. 

Cadangan minyak bumi, gas alam, mineral, makanan laut dan air segar yang kaya membuat negara ini termasuk negara yang subur dan makmur, serta merupakan penghasil minyak dan gas alam per kapita terbesar di luar Timur Tengah. Bentang alamnya kasar dan bergunung-gunung, sebagian besar wilayah tertutup oleh gletser. 

Bagian utara negara ini dikenal sebagai Tanah Matahari Tengah Malam karena terletak pada ujung paling utara bumi, saat musim panas matahari tidak pernah tenggelam dan saat musim dingin, matahari tidak pernah muncul sama sekali.

Luxembourg

Luxembourg tidak hanya salah satu negara terkaya di dunia, tetapi juga salah satu terkecil Perusahaan (8 terkecil harus tepat) dengan kurang dari 500.000 penduduk. Hal ini sebagian membantu untuk tetap kaya karena hanya memiliki ‘mulut untuk memberi makan’ lebih sedikit, yang mungkin juga telah membantu Qatar menjadi nomor satu pada daftar ini negara terkaya di dunia.

Dengan luas wilayah hanya sekitar 2.586 km2, negara ini termasuk dalam salah satu negara paling kaya di dunia dengan PDB per kapita 80.679,06 USD. Ekonomi Luksemburg sangat stabil dengan pendapatan tinggi, pertumbuhan moderat, inflasinya yang rendah serta jumlah tingkat penganggurannya pun rendah. Sektor industrinya didominasi oleh baja, serta beberapa jenis lainnya yakni kimia dan karet. Di sektor jasa, perbankan menyumbangkan porsi pertumbuhan yang besar untuk ekonomi. Sektor agrikulturnya berdasar pada pertanian kecil yang dimiliki keluarga-keluarga.

Hong Kong

Hong Kong merupakan salah satu wakil dari Asia, selain Singapura dan Brunei yang menempati deretan 10 teratas negara terkaya dunia. Dengan PDB per kapita US$44,8 ribu atau Rp403 juta per tahun, Hong Kong menempati urutan ketujuh di dunia. Dengan luas wilayah 1.104 kilometer persegi, Hong Kong memiliki populasi sebanyak 7,1 juta jiwa. 

Dengan total PDB sebesar US$215 miliar, perekonomian Hong Kong (92 persen) sangat mengandalkan pada industri jasa dan layanan, khususnya finansial. Total cadangan devisa US$255 miliar pada desember 2009. Sejumlah perusahaan kakap asal Hong Kong adalah Hutchison Whampoa, Jardine Matheson, China Mobile dan Cnooc.

Brunei Darussalam

Brunei, adalah negara hutan hujan tropis yang terletak di sisi utara Borneo, Indonesia. Negara ini memiliki Indeks Pembangunan Manusia tertinggi ke dua se-Asia setelah Singapura. Termasuk sebagai negara kaya dengan PDB per kapita sebesar 50.526,35 USD, dan sangat menjamin kesejahteraan penduduknya. 

Biaya pendidikan sekolah digratiskan dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, bahkan gaji menjadi satpam di sana, setara dengan gaji pegawai negeri di Indonesia yakni sekitar 5-7 juta Rupiah per bulan. Majalah ekonomi dunia, Forbes, menempatkan Brunei sebagai  negara terkaya ke lima dari 182 negara karena mempunyai ladang minyak bumi dan gas alam yang luas. 

Negara dengan bentuk pemerintahan monarki absolut Islam ini sangat terkenal akan kemakmuran dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam, baik pemerintahan maupun kehidupan bermasyarakat.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.