9 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

AnakRegular | Inilah Cara mudah mengatasi dan mengobati rambut rontok secara alami dan bahan-bahan yang alami pula.

9 Cara Mudah Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Rambut merupakan salah satu bagian tubuh yang penting bagi manusia khususnya wanita. Bagi wanita rambut dianggap sebagai lambang kecantikan seorang wanita. Untuk itu banyak wanita yang selalu dan sangat hati-hati dalam menjaga rambutnya. Maka tak heran bila biaya perawatan rambut yang dikeluarkan oleh para wanita lebih besar daripada biaya perawatan lainnya.

Salah satu masalah yang sering menjadi dilema bagi banyak orang tentang kesehatan rambut adalah timbulnya rontok yang tak terduga. Banyak yang sudah merawat sangat hati-hati dengan menggunakan berbagai produk perawatan rambut yang baru tapi tetap saja kerontokan tidak bisa dihindari.

Kerontokan para rambut memang tak bisa dihindari. Dalam studi kesehatan pun mengatakan bahwa rambut rontok adalah hal yang wajar dan normal. Rambut yang tumbuh di kepala kita akan mengalami kerontokan sebanyak 40-120 helai, sedangkan jumlah rambut kita dapat mencapai 100 ribu helai.

Selain itu perlu anda ketahui juga bahwa pertumbuhan rambut kita dibagi dalam 3 fase yakni fase pertumbuhan, fase istirahat, dan fase kerontokan. Nah setelah fase kerontokan tersebut maka rambut kita akan kembali tumbuh karena rambut rontok hanya sampai pada umbi, sedangkan papil atau bibit rambut di bawahnya sudah menyiapkan rambut baru sebagai penggantinya.

Namun jika kerontokan rambut itu terjadi terus menerus dan diluar batas normal, maka bukan tak mungkin rambut Anda sedang dalam bermasalah. Banyak hal yang menyebabkan rambut kita menjadi rontok. Diantaranya lingkungan yang kotor karena polusi, kurang nutrisi, hingga paparan sinar matahari yang berlebihan.

Selain itu faktor hormon, keadaan psikologi seperti stres, hingga bahan kimia yang sering kita konsumsi dapat menjadi penyebab rambut Anda menjadi rontok. Jadi apabila anda mengalami kerontokan ada baiknya tetap diwaspadai dan cobalah mencari penyebabnya. Pasalnya rambut rontok juga dapat menjadi sebuah tanda adanya penyakit tertentu pada tubuh anda.

Ada banyak cara untuk mengatasi rambut rontok ini, mulai dari cara tradisional hingga cara modern dengan berbagai produk kimia yang beragam. Namun untuk mendapatkan hasil yang lebih baik ada baiknya Anda mencoba mengatasi rambut rontok anda dengan cara yang alami termasuk menggunakan bahan-bahan alami, yang memungkinkan tidak ada efek samping yang buruk di kemudian hari.

Bahan-bahan alami seperti buah alpukat, kemiri, lidah buaya, dan masih banyak lagi bisa Anda gunakan sebagai bahan untuk menjaga dan mengobati rambut Anda yang rontok. Dengan cara dan penggunaan yang sesuai insya Allah hasilnya pun akan efektif.


Menggunakan lidah buaya

Kandungan dalam lidah buaya ternyata tak hanya mampu membuat rambut menjadi lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala anda. 

Sebelum menerapkan cara ini basahi dulu rambut anda dan tunggu sampai setengah kering. Setelah itu usapkan lendir yang terdapat pada bagian daging lidah buaya. Usapkan pada rambut dan kulit kepala anda, biarkan 15 hingga 20 menit. Lakukan hal ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Minyak Kemiri

Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Kandungan minyak kemiri mampu membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan mampu merangsang rambut untuk tumbuh pada bagian kulit kepala anda. 

Cara menggunakannya yakni dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuk sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya usapkan minyak kemiri tersebut pada rambut anda. Langkah terakhir keramas dengan shampo agar rambut anda bersih.

Buah alpukat

Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Anda dapat menggunakan buah alpukat sebagai masker rambut, kandungan protein yang terdapat pada buah yang satu ini sangat effektif untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut anda. 

Selain mampu menguatkan rambut, buah ini juga mampu merangsang pertumbuhan rambut anda. Caranya cukup dengan menghaluskan buah alpukat kemudian balurkan pada rambut serta kulit kepala anda. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan shampo agar bersih.

Yogurt

Yogurt merupakan salah satu bahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah kerontokan rambut. Caranya sangat mudah, anda dapat mengoleskannya pada bagian kulit kepala dan biarkan 10 hingga 15 menit. Terapkan cara ini 2 hingga 3 kali dalam seminggu hingga anda mendapatkan hasil yang anda inginkan.

Minyak esensial

Beberapa minyak esensial yang terbukti dapat mengatasi rambut rontok yakni seperti minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak kelapa. Anda dapat membalurkan minyak esensial pada rambut dan kulit kepala anda secukupnya dan lakukan juga pemijatan. Penerapan secara rutin 2 kali dalam seminggu dapat memberikan hasil yang maksimal.

Bawang putih

Bawang putih berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok. Anda tinggal haluskan bawang putih dengan blender, seperti dijadikan jus. Kemudian dioleskan pada bagian rambut yang rontok sebelum tidur. Besok paginya tinggal dibilas dengan air ataupun langsung ditambah dengan shampoo penumbuh rambut akan lebih terasa efeknya. 

Teh hijau

Teh hijau berkhasiat untuk mengurangi dan mengatasi rambut rontok serta meningkatkan pertumbuhan rambut dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi. Cara mengolahnya juga gampang yaitu dengan cara, seduh dua kantung teh hijau dengan air hangat. Kemudian balurkan seduhan teh hijau tadi ke rambut dan kulit kepala yang rontok. Diamkan selama satu jam, kemudian bilas hingga bersih.

Jahe

Jahe juga dapat mengatasi rambut rontok anda, caranya hampir sama seperti menggunakan bawang putih. Atau juga dapat anda kombinasikan keduanya dicampur dalam 1 blender. Kemudian oleskan pada rambut anda. (jangan lupa keramas)

Jeruk Nipis

Jeruk nipis yang identik untuk obat sakit tenggorakan ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk mengatasi rambut yang rontok. Dengan beberapa buah jeruk nipis, Anda sudah bisa melakukan perawatan rambut rontok secara alami. 

Caranya sangat mudah, cukup iris buah jeruk nipis menjadi beberapa irisan, dan usapkan pada kulit kepala. Jika Anda memilki ketombe, cara ini juga efektif untuk menghilangkan ketombe secara cepat. Setelah diusap secara merata, diamkan sekitar 15 menit, kemudian bilas dan keramas hingga bersih. 

Nah kawan, itulah beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi rambut rontok. Silahkan pilih salah satu bahan dan gunakan secara maksimal, agar hasilnya pun menjadi maksimal.

Selain itu, yang harus anda ingat itu adalah menjalani pola makan yang sehat dan kaya nutrisi untuk mencegah kerontokan semakin parah. Konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin, protein, dan zync karena sangat berguna sekali untuk mengatasi rambut rontok anda. 

Selamat mencoba dan sehat selalu kawan..
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.