Cara Menghilangkan Jerawat dan bekasnya Dengan Bahan Alami

Anakregular.com | Banyak orang yang merasa risih dan kurang percaya diri ketika jerawat dengan enak dan suburnya tumbuh di muka. Jerawat adalah salah satu masalah (penyakit) yang banyak dialami oleh banyak orang. Karena itulah penting sekai bagi kita semua untuk menjaga kesehatan kulit agar jerawat tidak timbul di area muka yang kita sayangi.

Punya jerawat rasanya seperti penghalang yang memungkinkan kita tidak bisa berbaur dengan orang lain. Melihatnya saja sudah rada beda! Memang jerawat itu suatu bencana, apa lagi jika jerawat yang dialami adalah jerawat tipe akut seperti jerawat batu yang memungkinkan pengidapnya sudah tidak bisa berbuat apa-apa.

Banyak faktor yang bisa membuat wajah Anda jadi jerawatan, mulai dari faktor dalam dan faktor luar. Selain itu lingkungan juga dapat berpengaruh terhadap timbulnya jerawat. Memang sekarang ini banyak sekali obat atau bahan kosmetik yang memungkinkan untuk menghilangkan jerawat di wajah. Namun tak semua obat tersebut cocok bagi banyak orang.

Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya Dengan Bahan Alami

Malah orang yang memaksakan memakai suatu produk, misal sabun pencuci wajah yang dikatakan dapat menghilangkan jerawat malah membuat jerawat semakin bertambah banyak.

Jerawat memang menjadi masalah yang serius bagi banyak orang, terlihat sepele karena tidak berbahaya namun keberadaannya sangatlah mengganggu. Selain itu efek dari jerawat juga sangat wah. Wajah yang pernah jerawatan selalu menimbulkan bekas jerawat. Terlebih jika jerawat tersebut selalu di tekan hingga keluar isi daleman nya selalu menimbulkan bekas hitam di kemudian hari.

Lantas bagaimana cara kita agar terhindar dari jerawat dan bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bekasnya bagi orang-orang yang sudah terlanjur jerawat-an?

Sebelum kita bahas bagaimana cara menghilangkan jerawat dan bekas-nya ada baiknya kita ketahui dulu apa dan bagaimana jerawat bisa ada di tubuh terutama wajah kita. Tak etis juga kita tahu cara menghilangkan jerawat namun tidak tahu penyebabnya.

Saya khawatir, Anda melakukan hal-hal yang bisa menghilangkan jerawat dengan cepat namun kebiasaan-kebiasaan yang menyebabkan jerawat timbul tetap dilakukan. Jadi percuma dong kita melakukan pengobatan alami kalau kita masih tetap melakukan hal-hal yang berlawanan. 

Istilah Jerawat :

Istilah medis untuk jerawat adalah acne vulgaris, ia termasuk dalam salah satu penyakit kulit yang terjadi karena adanya kelenjar minyak di foliker bulu halis/rambut. Penyakit kulit (jerawat) biasanya sering terjadi pada pria maupun wanita pada masu pubertas. Penyebabnya adalah pada masa puber kelenjar hormon (sebaceous) mulai tumbuh, kelenjar tersebut dihasilkan oleh kelenjar adrenal pada pria dan wanita.

Fakta tentang Jerawat :
  • Jerawat, Salah satu penyakit kulit.
  • Disebabkan kelenjar minyak yang berada pada dasar folikel rambut.
  • Sering terjadi pada masa pubertas.
  • Dapat terjadi pada pria dan wanita.
  • Tidak berbahaya, namun bisa meninggalkan bekas luka dan mengganggu penampilan.
  • Jenis yang paling dikenal di Indonesia, Jerawat biasa dan Jerawat Batu.
  • ¾ dari pria dan wanita dengan rentang usia 11-30 tahun akan terkena jerawat.
  • Jerawat dapat timbul di semua ras dan semua umur.
  • Penyebab utama peningkatan pertumbuhan kadar androgen (hormon).
  • Jerawat juga dipengaruhi history keluarga atau genetik.
  • Pengobatan Jerawat tergantung dari seberapa parah jenis jerawat tersebut.
  • Jerawat mungkin dipengaruhi kondisi seperti kecemasan, stres, dan siklus menstruasi, kosmetik & make up, iklim panas dan lembab, dan rambut berminyak.
  • Dokter spesialis jerawat adalah dermatologist
Penyebab Timbulnya Jerawat :
  • Produksi minyak pada kulit
  • Pori-pori tersumbat
  • Bakteri
  • Sel Kulit yang mati.
Yang Harus di Hindari Ketika sedang jerawatan :
  • Jangan di pencet, mungkin anda “gemas” dengan jerawat tersebut tapi jangan sekali kali menyentuh atau bahkan memencetnya karena akan berdampak lebih ganas.
  • Jangan terkena sinar matahari berlebihan
  • Bersihkan wajah minimal 2x 1 hari (di luar mandi)
  • Hindari makanan berminyak seperti daging penuh lemak dan kacang – kacangan
Ada empat cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari dan menghilangkan jerawat :
  • Secara herbal / menggunakan bahan alamiah
  • Melalui pola hidup atau kebiasaan
  • Melalui pengobatan klinik kecantikan
  • Melalui obat – obatan
Untuk sekarang ini dipasaran sudah banyak sekali produk - produk kecantikan yang beredar yang katanya dapat menghilangkan jerawat dari wajah anda dengan harga yang bervariasi. Namun, jangan anda lihat berapa harganya, melainkan kualitasnya. 

Berikut kegiatan sehari-hari (Kebiasaan) yang dapat menghindari dan menghilangkan jerawat di wajah atau tubuh :

Tidur yang cukup

Tak banyak orang tahu jika salah satu penyebab jerawat adalah stress dan kurang tidur. Maka dari itu, agar wajah anda terhindar dari jerawat maka tidurlah yang cukup. Dengan tidur yang cukup, maka metabolisme didalam tubuh kita akan teratur, sehingga jerawat dan bekas jerawatnyapun akan pudar. Perlu anda ingat juga, bahwa jika anda kekurangan tidur, maka penyakit lainpun sudah mengantri untuk menghinggap ditubuh anda.

Tidak memecahkan jerawat

Banyak orang yang gatal tangannya jika mempunyai jerawat dan ingin sekali memecahkannya. Namun, itu bukanlah cara yang benar, memecahkan jerawat disaat belum waktunya pecah malah justru akan membuat jerawat anda menyebar bertambah banyak dan bekasnya sulit untuk dihilangkan. Apalagi jika anda memecahkan jerawat ini dalam kondisi tangan yang kotor, tentu akan semakin parah.

Terlebih memecahkan jerawat hanya akan menimbulkan bekas yang lebih parah lagi, sepert bintik hitam. Selain itu permukaan wajah yang pernah jerawatan tidak akan rata. Jadi sebaiknya jika ada jerawat tumbuh ada baiknya jangan dipecahkan, biarkan saja sampai pecah sendiri.

Membersihkan wajah secara teratur

Membersihkan wajah secara teratur merupakan suatu keharusan jika anda tidak ingin berjerawat. Dengan membersihkan wajah secara teratur, berarti anda sudah membunuh dan mengurangi kuman penyebab jerawat. Tak hanya terhindar dari jerawat saja, wajah Anda pun akan terhindar dari komedo, sehingga aura wajah anda tampak lebih segar dan cerah ceria.

Perbanyak minum air putih

Tahukah anda jika sekitar 70% dari tubuh kita adalah air? Maka dari itu, tak heran jika banyak orang yang menyarankan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup. Air putih ini dapat melembabkan kulit wajah anda, dengan demikian bekas jerawat tidak akan menyebar kemana – mana.

Hindari penggunaan kosmetik berlebihan

Jika anda mulai tumbuh jerawat membandel tanpa sengaja walau masa puber telah lama berlalu, perhatikan bahwa apakah anda sering menggunakan kosmetik atau tidak. Jika ia segera hentikan, terlebih produk kosmetik yang anda pakai tidak jelas asal rimbanya. Beberapa kosmetik memiliki bahan kimia yang sangat ampuh membuat wajah anda penuh dengan jerawat. Hati-hati dalam pemakaian kosmetik, terlebih anda yang memiliki masalah jerawat membandel.

Rajin Olahraga (Berkeringat)

Apa hubungannya yah olahraga dengan jerawat? mungkin yang anda kenal saat ini adalah olahraga baik untuk kesehatan secara umum. Pada intinya adalah dengan berolahraga anda akan berkeringat, manfaat berkeringat salah satunya adalah untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Kulit epidermis pada wajah tentu juga butuh detoksifikasi (mengeluarkan racun) agar jerawat tidak terus tumbuh dan berkembang. Dengan berkeringat anda dapat membantu menghilangkan jerawat membandel pada wajah.

Bagi yang sudah terlanjur, dan jerawat sudah membandel tidak mau pulang, berikut adalah bahan  alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat/mengobati jerawat :

Lidah buaya

Siapa yang tak kenal dengan lidah buaya, tanaman yang manfaatnya sudah tak diragukan lagi untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan, sekarang ini banyak industri kecantikan yang menggunakan lidah buaya ini sebagai bahan bakunya. 

Untuk menghilangkan jerawat yang ada diwajah anda dengan lidah buaya ini, anda hanya perlu mengelupas lidah buaya lalu mengambil gelnya. Gunakan gel tersebut sebagai masker wajah anda, diamkan selama kurang lebih 10-15 menit lalu bilas dengan air sampai bersih.

Bawang putih

Tak banyak yang menyangka memang jika bumbu dapur yang satu ini juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang ada di wajah. Untuk cara pemakaiannya pun cukup simpel anda hanya perlu mengiris beberapa siung bawang putih, lalu mengoleskannya pada wajah anda. 

Diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 10-15 menit sebelum anda membilasnya. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, lakukan tips ini secara teratur.

Air jeruk nipis

Tak hanya untuk perawatan mata dan melembab kan kulit saja ari jeruk nipis juga dapat anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya yang ada diwajah anda. Potong beberapa jeruk nipis, lalu peras airnya sampai cukup banyak. 

Oleskan air tersebut ke bagian yang terdapat jerawat dan bekasnya pada wajah anda, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas dengan menggunakan air bersih. Jangan kaget jika pada pengolesan pertama anda merasakan perih pada wajah anda, itu adalah efek dari air jeruk nipis untuk menghilangkan rasa gatal dan bekas jerawat pada wajah anda.

Putih telur

Bagi anda yang tidak jijik dengan tips yang satu ini anda boleh mencobanya. Caranya, pecahkan beberapa telur dan pisahkan kuning dan putih telurnya. Ambil putih telurnya saja, kocok – kocok sebentar dan oleskan pada wajah anda. Sebelum dibilas, diamkan terlebih dahulu kira – kira 10-15 menit.

Mentimun

Mentimun merupakan jenis sayuran yang mengandung banyak air yang jika dikonsumsi, dapat mencegah dehidrasi. Selain itu mentimun mengandung zat seperti : Vitamin B, Vitamin C, zat besi, dll, yang juga baik untuk kesehatan kulit. Bagaimana caranya?

Tips menghilangkan jerawat yang masih sedikit

Jika jerawat di wajah anda jumlahnya masih sedikit, anda hanya pelu mengiris mentimun menjadi beberapa bagian tipis. Setelah itu anda tempelkan di bagian kulit wajah yang ada jerawatnya, lalu biarkan selama 20-30 menit setelah itu bersihkan dengan air.

Tips menghilangkan jerawat yang sudah banyak

berbeda halnya jika jerawat di wajah anda jumlahnya sudah banyak, maka caranya pun berbeda. Pertama anda siapkan mentimun, kemudian cuci mentimun hingga benar-benar bersih, setelah itu haluskan dengan cara diparut atau di blender. Kemudian jadikan masker, biarkan selama 20-30 menit. Terakhir, anda cuci bersih masker mentimun tersebut dengan air.

Es batu

Es batu merupakan salah satu herbal yang dapat anda gunakan untuk membantu membasmi jerawat pada wajah yang membandel. Bagaimana es batu bekerja untuk menghilangkan jerawat ? Es batu dapat dengan cepat membantu membasmi jerawat dengan meningkatkan sirkulasi darah pada lokasi jerawat berada. Lancarnya peredaran darah, dapat membantu menghilangkan jerawat membandel.

Es batu juga dapat membantu pembekuan pori pori yang terbuka lebar kulit, membunuh bakteri,menghilangkan minyak yang menumpuk pada kulit wajah dan membantu menghilangkan kotoran pada kulit. Efek ini sangat penting untuk membantu menghilangkan jerawat pada waja secara alami.

Cara Penggunaan : 
  • Ambil es batu secukupnya (pastikan es dibuat dari air bersih dan steril)
  • Bungkus dengan sepotong kain bersih
  • Letakkan pada jerawat membandel selama beberapa detik.
  • Tunggu beberapa menit dan ulangi proses tersebut 10 sampai 20 x.
  • Lakukan secara rutin sampai jerawat kempes.
Dengan menggunakan es batu berulang kali di wajah, maka ia akan membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan yang disebabkan jerawat tersebut, hasil akhirnya tentu jerawat akan mulai kempes dan hilang serta menenangkan kulit wajah.

Madu

Madu adalah salah satu herbal yang dapat digunakan untuk membasmi jerawat membandel di wajah. Apa fungsi madu untuk jerawat pada wajah ? madu merupakan herbal yang memiliki zat antibiotik sangat tinggi yang dapat membantu anda mencegah infeksi serta proses penyembuhan pada kulit.

Cara Penggunaan 1
  • Oleskan madu pada kapas kecantikan (steril)
  • Letakkan pada jerawat wajah anda
  • Biarkan kurang lebih 30 menit
  • Bilas dengan air suam-suam
Cara Penggunaan 2
  • Sediakan kayu manis dan madu secukupnya
  • Buat pasta dengan perpaduan kayu manis dengan madu
  • Letakkan pada lokasi jerawat sebelum tidur
  • Pagi hari bilas dengan air secukupnya.
Lemon 

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat lainnya adalah dengan menggunakan lemon, buah yang sangat kaya dengan kandungan vitamin c ini sangat ampuh membasmi jerawat yang timbul dan besar. Jus lemon sangat ampuh untuk mengecilkan jerawat secara cepat. Pastikan anda membuatnya sendiri, jangan membeli jus dalam botol karena kandungan bahan kimianya.

Cara Penggunaan 1: 
  • Sediakan 1-2 buah buah lemon
  • Peras air lemon
  • Usap pada kapas
  • Lalu terapkan pada jerawat sebelum tidur
  • Bersihkan dengan air bersih keesokan harinya
Cara Penggunaan 2 :
  • Campurkan 1 sendok kayu manis bubuk dengan 1 sendok
  • Aduk sehingga menjadi pasta
  • Diamkan pada jerawat sebelum tidur
  • Keesokan harinya bilas dengan air bersih suam-suam kuku
Tomat

Tomat adalah salah satu jenis buah yang telah digunakan semenjak jaman dahulu dalam membantu menghaluskan wajah sebelum adanya berbagai produk kecantikan. Kandungan vitamin A dan C pada buah tomat sangat baik dalam membantu membasmi jerawat.

Cara Penggunaan (jerawat baru tumbuh):
  • Siapkan 1 buah tomat
  • Iris tomat secukupnya
  • Tutup bagian jerawat yang membandel
  • Biarkan 10-15 menit
  • Lakukan setiap hari secara rutin sampai jerawat hilang
Cara Penggunaan (Jerawat Meradang):
  • Siapkan 2 buah jerawat
  • Blender hingga halus tanpa air
  • Jadikan masker di wajah
  • Diamkan 20-30 menit
  • Bilas hingga bersih, lakukan setiap hari
Daun Pepaya

Telah banyak penelitian yang menghubungkan daun pepaya dengan berbagai masalah kesehatan terutama demam malaria. Nah, penelitian terbaru menunjukkan bahwa daun pepaya juga dapat digunakan sebagai cara menghilangkan jerawat membandel yang tidak kunjung sembuh. Koq bisa ? Iya daun pepaya sangat banyak kandungan nutrisi dan antioksidan yang dapat memberikan efek pada kulit, termasuk sangat ampuh menghilangkan jerawat. Bagaimana cara menggunakannya?

Cara penggunaan daun pepaya paling efektif adalah dengan membuatkan pasta, caranya :
  • Ambil 4-5 lembar daun pepaya
  • Jemur dan keringkan
  • Setelah kering tumbuk dan campurkan dengan sedikit air
  • Setelah menjadi pasta oleskan pada jerawat 10-30 menit
  • Bilas dengan air bersih
  • Lakukan pada malam hari
  • Rasakan perbedaannya selama 1 minggu treatment.
Nah mungkin itulah berbagai cara alami dengan bahan herbal yang bisa Anda lakukan untuk menyembuhkan jerawat Ingat satu jerawat yang ada di wajah kita bisa merubah pandangan lingkungan kepada kita. Jadi penting rasanya menjaga kesehatan serta memberikan perawatan khusus pada tubuh agar jerawat di muka dan beberapa penyakit lainnya tidak tumbuh di tubuh Anda.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.