Nakal di Masa Kecil Tanda Sukses di Masa Depan?

Anakregular | Anak nakal dan bandel sudah biasa, namun sifat tersebut tidak disukai banyak orang tidak menyukainya.

Nakal di Masa Kecil Tanda Sukses di Masa Depan Kelak?

Nakal dan bandel adalah dua sifat yang mungkin tidak banyak disukai oleh banyak orang. Terlebih bagi para orang tua yang akan merasa capek dan lelah dalam mengurusi anaknya yang selalu berperilaku nakal baik ketika di rumah ataupun di luar rumah. 

Karena nya saat ini banyak para orang tua yang sangat berhati-hati dalam mendidik buah hatinya. Mulai dari memilih pendidikan yang baik hingga mengawasi anaknya secara langsung ketika sedang bermain dengan teman sebayanya. 

Namun tahukah Anda, ternyata sikap nakal pada anak bisa berbalik positif kelak anak beranjak dewasa. Kok bisa? Berdasarkan sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Developmental Psychology, anak-anak yang susah diatur saat kecil nantinya memiliki penghasilan lebih tinggi saat dewasa ketimbang anak-anak yang penurut. 

Hal ini senada dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari University of Luxembourg, University of Illinois at Urbana-Champaign, Amerika Serikat, dan Free University of Berlin di Jerman.

Pada tahap pertama, para peneliti melakukan pengamatan dan pengujian terhadap sekelompok anak berusia 12 tahun pada tahun 1968. Pengamatan dan pengujian tersebut dilakukan terhadap 745 orang anak-anak.

Adapun beberapa aspek yang diteliti antara lain kecerdasan, perilaku, dan status sosio-ekonomi. Lalu, 40 tahun kemudian, yakni pada tahun 2008, para peneliti kembali mengevaluasi individu-individu tersebut guna mengetahui apakah perilaku mereka saat kanak-kanak bisa menjadi pantulan mengenai seperti apa masa depan mereka?

Secara mengejutkan, para peneliti menemukan bahwa para individu yang menunjukkan perilaku nakal saat kanak-kanak cenderung lebih sukses dalam karier. Mereka yang acap kali melanggar peraturan dan melawan otoritas, seperti orangtua dan guru, tumbuh dewasa dengan jenjang karier yang cemerlang dan berpenghasilan tinggi.  

Lalu, apa sebenarnya penjelasan yang mampu menyimpulkan hasil penelitian yang menarik ini? Menurut para peneliti dalam laporan mereka, penjelasan yang paling sederhana untuk hasil penelitian tersebut adalah bahwa sifat menantang dapat membuat individu lebih gesit dalam mencari peluang dan kerja yang memberikan penghasilan besar. 

Selain itu, anak-anak yang semasa kecilnya sering memberontak dan nakal, ternyata memiliki luapan semangat untuk membuktikan bahwa mereka bisa memiliki kehidupan yang sukses. 

Lantas apakah kita (sebagai orang tua) harus bersikap cuek pada anak kita yang nakal?

Tentu salah juga, cuek dan tidak memberikan perhatian pada anak tanda kita tidak sayang pada anak kita. Ada baiknya Anda selaku orang tua harus bisa memilah dan memilih dalam memberikan teguran pada anak.

Terlebih Anda harus memperhatikan perilaku buah hati Anda secara cermat. Jadi, apabila anak Anda memperlihatkan perilaku galak dan nakal, jangan langsung panik dan mendisiplinkan dengan gaya otoriter. Sebaiknya, pertebal kesabaran Anda untuk memberikan penjelasan yang dapat diterima anak terkait perilakunya tersebut.

Secara bijak, komunikasi kan pada anak perilaku yang sesuai dan layak di lingkungan sosial. Lebih dari itu, orangtua jangan sekadar mengajarkan saja, tetapi juga harus berani memberikan contoh nyata kepada anak-anak mereka.

So baik buruk nya perilaku anak Anda di lingkungan sosial tergantung bagaimana Anda memberikan pendidikan dan pelajaran yang baik bagi buah hati. So jangan terlalu keras mendidik dan jangan terlalu halus memberikan perhatian.

Semoga bisa berguna dan bermanfaat bagi kita semua.

t;/noscript>

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.