Terlalu Sering Mandi Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

AnakRegular | Inilah Bahayanya terlalu sering mandi berdampak buruk bagi kesehatan

Terlalu Sering Mandi Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

Mandi merupakan rutinitas yang selalu kita lakukan setiap hari. Kita semua mungkin akan selalu berpikir benar dan setuju jika semakin kita sering mandi, maka tubuh kita semakin bersih dan sehat. Apalagi mandi dengan sabun pastinya tubuh akan wangi dan kuman pada tubuh akan hilang seketika.

Namun sebuah fakta terbaru membuktikan jika terlalu sering mandi ternyata tidak baik bagi tubuh malahan dapat menyebabkan kesehatan kita terganggu. Mengutip dari laman Howstuffworks yang memberitakan, sebuah studi medis telah dilakukan guna mencari bukti mengenai manfaat sabun.

Hasilnya begitu mencengangkan, sabun yang selalu kita pakai ternyata hanya bisa melawan kuman saja dan tidak membunuhnya. Lebih buruknya sisa-sisa sabun justru dapat mencemari lingkungan. Untuk alasan itu pula Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) membatasi pasiennya untuk mandi, khususnya sebelum operasi.

Mandi secara teratur memang baik untuk menjaga kebersihan diri. Namun terlalu sering mandi dapat menyebabkan kerusakan pada kulit. Hal itu dibenarkan oleh asisten profesor kedokteran di divisi dermatologi di University of California, Dr Casey Carlos. 

Menurutnya, mandi setiap hari bisa menyebabkan kulit kering. Ditambah lagi bilascrubbing, maka kulit dapat kehilangan minyak esensial dan lipid.

Masih menurut Casey, setiap kali mandi dengan sabun maupun perangkat lain seperti loofah akan merusak lapisan terluar dari permukaan kulit Anda (stratum korneum). Menggunakan air hangat saat mandi juga demikian. 

Pakar juga menyampaikan bahwa tak perlu khawatir akan sel kulit mati sebab mereka justru menawarkan perlindungan untuk sel-sel sehat. Justru bila terlalu sering mandi, kulit akan cenderung kering, iritasi dan berisiko pecah-pecah.

Selain itu disarankan pula untuk mandi menggunakan air hangat dan sesingkat mungkin. Setelah itu, keringkan tubuh dengan handuk lembut dan menerapkan lotion pelembab, hal ini disebut lebih sehat.

Jika mandi terlalu banyak memiliki dampak yang buruk jadi seberapa seringkah kita harus mandi? 

Terlepas dari karena panasnya lingkungan, bau, kotoran, keringat, aktivitas, tipe kulit dan rambut, serta banyak lainnya, yang paling aman dikatakan adalah mandi 1 hari sekali itu tidak ada salahnya.

Yang harus diperhatikan adalah bagaimana penggunaan shampo dan sabun, jika Anda adalah orang yang mandi lebih dari 1 kali dalam 1 hari pertimbangkanlah untuk mandi hanya dengan air bersih saja. Gunakanlah shampo dan sabun karena kebutuhan bukan kebiasaan. 

Sebagai contoh, jika Anda sudah merasa bahwa rambut Anda sudah terlalu berminyak, kotor, atau bau maka tidak ada salahnya Anda mengenakan shampo. Hal ini juga dapat dikatakan sama untuk sabun.

Tetapi ini semua tidak berlaku pada setiap orang, karena kembali sebagaimana dijelaskan di atas, jika ada orang yang menanyakan hal ini maka yang harus dilihat adalah siapa yang bertanya, bagaimana aktivitas mereka, tipe kulit mereka, atau lingkungan mereka.

Hal yang terpenting adalah ada 1 bagian di tubuh kita yang harus dicuci setiap hari bahkan beberapa kali dalam satu hari. 

Bagian itu adalah kedua tangan kita. Ini karena semua hal yang kita lakukan umumnya pasti mengenakan tangan kita dan tidak ada yang tahu seberapa kotor benda yang kita sentuh setiap harinya.

So jaga kesehatan mulai dari sekarang
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.