7 Hewan Raksasa Yang Bisa diajak Nyelam di Laut Indonesia

AnakRegular | Inilah tujuh hewan raksasa di lautan yang bisa diajak menyelam bersama di Lautan luas Indonesia :

Indonesia merupakan salah satu negara bahari paling indah di dunia. Indonesia memiliki lautan yang sangat besar dan luas yang membentang dari ujung Sabang ujung Merauke. Tidak hanya luas, laut Indonesia juga sangat terkenal dengan keindahan alam bawah lautnya.

Berbagai spot atau tempat wisata laut paling keren dan menakjubkan bisa ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Mulai dari ujung barat Indonesia sampai yang paling terkenal Raja Ampat di Papua, keindahan laut Indonesia tiada duanya.

Selain itu dengan iklim tropis yang melanda Indonesia menjadikan sebagian besar lautan biru nusantara menjadi rumah bagi jutaan hewan yang hidup di laut. Tak heran jika keberadaan hewan-hewan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Berikut adalah tujuh hewan besar di lautan yang bisa di ajak nyelam bersama di Indonesia :

Dugong

7 Hewan Raksasa Yang Bisa diajak Nyelam di Laut Indonesia

Dugong adalah hewan laut berukuran sedang, ukuran maksimal nya 4 meter dan beratnya mencapai 1000 kilogram tetapi sangat jarang yang mencapai berat maksimal. Biasanya ditemukan di daerah pesisir dimana banyak rumput laut atau daerah mangrove, ini karena doi makan rumput laut, kadang mereka juga makan ubur atau cumi.

Selain itu Dugong juga termasuk dalam hewan yang lembut dan pemalu, biasanya ditemukan sendirian mereka biasanya menetap di suatu wilayah sepanjang hidupnya. Menemukan mereka sangat susah, jika bertemu mereka hindari mengejar atau menangkapnya, beberapa dari mereka tidak peduli dengan penyelam yang ada di sekitarnya tapi tetap disarankan memberi jarak.

Dugong dapat ditemukan di Andaman island di India, The Great Barrier Reef di Australia, Efate di Vanuatu, El Quiser dan Marsa Alam di Egypt, Exmouth di Australia, Kalpitiya di Sri Lanka, Palau di Micronesia, Honiara di Solomon Islands.

Kalo di Indonesia rekomendasi nya di Bangka, Bunaken National Marine Park, Pulau Komodo, Labuan Bajo, dan Raja Ampat.

Dulunya hewan ini dapat ditemukan di Hong Kong, Mauritius Kamboja, Jepang, Filipina Vietnam dan Taiwan, tapi karena penurunan jumlah populasi yang drastis dalam 90 tahun, sekarang mereka telah menghilang dari beberapa daerah tersebut atau dapat ditemukan dalam jumlah yang sangat sedikit.

Lumba-Lumba

7 Hewan Raksasa Yang Bisa diajak Nyelam di Laut Indonesia

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang paling cerdas dan banyak dipakai di pertunjukan karena keahliannya untuk mempelajari aksi-aksi yang rumit. Jenis lumba-lumba hampir 40 spesies dan ukurannya dari 1.2, lumba-lumba hidung botol ukurannya bisa mencapai 4.2 meter.

Lumba-lumba di alam liar menggunakan berbagai cara unik untuk berburu mangsanya, ada yang secara bersama-sama mengepung mangsanya hingga ke pinggiran pesisir, ada yang ada juga yang memutari mangsanya kemudian melemparnya ke udara. Ada yang menggunakan sponge untuk melindungi hidungnya ketika mencari makan di pasir.

Kehidupan bersosial lumba-lumba sangat tinggi, biasanya lumba-lumba hidup dalam kelompok yang berisi belasan individu, Kecerdasan lain lumba-lumba adalah dia bisa menggunakan sensor suara untuk melakukan pemindaian lokasi ataupun unuk mencari mangsa, lumba-lumba saling mengenal antara satu individu dengan yang lainnya, bahkan setelah mereka tidak berjumpa dalam waktu lama

Mereka dapat ditemui di Andros dan Bimini di Bahamas, Apo Reef dan Pandan Islands di Filipina, Great Barier Reef di Australia, Cano Island di Costa Rica, Catalina Island di USA, Colombo di Sri Lanka, Dahab dan Marsa Alam di Mesir, Koh chang dan Koh Kood di Thailand, Laamu Atol di Maldives.

Di Indonesia Lumba-lumba bisa ditemukan di Kepulauan Alor dan Kupang di NTT, Bali, Bangka, Bunaken National Marine Park, Kepulauan Gili di Lombok, dan Raja Ampat di Papua Barat.

Ocean Sunfish

37 Hewan Raksasa Yang Bisa diajak Nyelam di Laut Indonesia

Sunfish atau nama gaulnya mola-mola adalah ikan dengan bentuk yang sangat unik, bentuknya gepeng dengan kepala sangat besar lalu sirip besar di atas dan di bawah tubuhnya, sirip belakangnya sendiri tidak seperti ikan kebanyakan. Untuk ukuran mola dewasa bisa mencapai tinggi 4,2 meter dengan panjang 3,1 meter. Beratnya juga luar biasa, bisa mencapai 2,268 kilogram.

Mola makan ubur-ubur, cumi-cumi, doi juga menghabiskan waktunya untuk travelling sekitar 26 kilometer setiap harinya, Persebaran mola-mola mencakup perairan dengan suhu sedang dan tropis di seluruh dunia.

Ikan ini punya kebiasaan yang unik, yaitu doi suka berjemur, posisi berjemurnya yaitu terapung diatas permukaan laut secara horizontal. Mola bisa ditemukan sendirian atau dalam kelompok yang lebih banyak saat sedang bersih-bersih parasit. Ikan ini juga jinak sama manusia, di beberapa tempat ikan ini gak merasa terganggu kalo ketemu sama manusia yang mau main sama dia.

Sunfish dapat ditemui di Punta Vincete Roca di Kepulauan Galapagos, Hurggada di laut merah, Oban dan Inner Hebrides di United Kingdom, Palau Sadinia di Italy. Di Indonesia, tempat rekomendasi nya yaitu di Batu Abah Diving Spot di Nusa Penida Bali, ikan ini juga pernah terdampar di palu. sulawesi.

Manta Ray

7 Hewan Raksasa Yang Bisa diajak Nyelam di Laut Indonesia

Ikan Manta atau Manta ray merupakan ikan ray yang berukuran besar, berbagai spesies manta besar bisa mencapai ukuran lebar hingga 5 sampai 7 meter, berat hewan ini bisa mencapai 1350 kilogram, ciri-ciri fisik hewan ini yaitu bentuknya yang menyerupai layangan, gepeng secara horizontal, mempunyai mulut dengan fin yang dapat terbuka lebar, dan ekor kecil yang panjang.

Selain di laut terbuka, hewan ini juga suka mangkal di kawasan banyak terumbu karang karena disitulah mereka bisa bertemu ikan pembersih parasit. Persebaran hewan ini sangat luas juga karena manta merupakan ikan yang hobi travelling atau migrasi.

Hewan ini tercatat mampu melakukan perjalanan 1000km dan dapat menyelam hingga kedalaman 1000 m. Manta juga termasuk filter berjalan sama kaya whale shark, jadi ikan ini punya mulut yang besar buat menyaring makanan makanan kecil selagi doi bergerak.

Manta bisa ditemuin lagi berenang sendiri, atau kalo lagi ramean manta bisa ditemuin hingga rombongan 50 ekor. Ikan ini juga punya kebiasaan melompat ke udara (kaya ikan lumba), manta dapat juga ditemukan seakan sedang menari-nari ketika sedang mengelilingi tempat yang dipenuhi dengan plankton makanannya.

Hewan ini dapat ditemukan di air laut terbuka yang bersuhu sedang, subtropis dan tropis. Letak persebaran ikan ini sangat luas meliputi berbagai laut di bumi, diantaranya yaitu North Carolina di USA, North Island di New Zealand, Ari Atol di Maldives, Hawai, Bimini di Bahamas, Dauin di Filipina, Kepulauan Galapagos di Ekuarod, Ishigaki Island di Jepang.

Kalo di Indonesia tempat rekomendasi buat liat manta yaitu di Manta point Nusa Penida Bali, Manta Point di Pulau Komodo, Manta Shady Diving Spot di Raja Ampat, Kepulauan Alor NTT, Kepulauan Gili Lombok.

Hiu Martil

7 Hewan Raksasa Yang Bisa diajak Nyelam di Laut Indonesia

Istilah lokalnya hiu martil, ya dipanggil begini karena bentuk kepalanya yang menyerupai hammer , warna kulitnya abu-abu cerah dengan perut yang berwarna putih doi bisa memiliki panjang dari 0.9 sampai 6 meter dan berat 3 sampai 580 kg. Kedua matanya yang berada di ujung kepala martilnya dapat melihat hingga 360 derajat.

Dari sepuluh spesies Hammerhead, 3 berbahaya bagi manusia; mereka adalah scalloped, great dan smooth hammerhead. termasuk kedalam ikan karnivora, makanannya berupa ikan, cumi-cumi, gurita, stingray dan hiu jenis lain.

Hammerheads bisanya berenang berkelompok di pagi hingga sore hari, kelompoknya sendiri bisa berisi sekitar 100 ekor tetapi ketika malam hari mereka berburu secara individu,. Untuk menemui ikan ini agak susah, selain bisa menghilang dari jadwal yang diperkirakan, ikan ini juga harus ditemui dari jarak yang cukup dalam, diver harus masuk kebawah 60 meter untuk menghindari kontak jarak dekat, jadi dibutuhkan sertifikat selam untuk melihat hammerhead.

Spesies ini dapat ditemukan Bajo Alcone diving site di Cocos Island – Kosta Rika, Kepulauan Galapagos, Pulau Malpelo di Colombia, layang-layang island di sabah – Malaysia, Rasdhoo atoll di the ari atoll – Maldives, Shark View Point di Cabilao – Philipines, Kepulauan Bahama, dan masih banyak lagi.

Kalo di Indonesia bisa ditemukan di the magnet dive site – lombok, Kepulauan Banda – Maluku, GPS point dan Langkoi Rock di Taman Nasional Kepulauan Komodo, Alor Island di NTT

Hiu Paus
7 Hewan Raksasa Yang Bisa diajak Nyelam di Laut Indonesia

Whale shark atau kalo Indonesia disebut juga hiu paus merupakan ikan terbesar di lautan, dewasanya panjangnya bisa mencapai 12 meter, dan beratnya bisa mencapai 21 tons, hewan ini banyak ditemukan di perairan hangat di laut-laut tropis, umur whaleshark bisa mencapai 70 tahun. 

whale shark merupakan hiu, dan bukan paus, karena dia termauk ikan yang bertelur, bukannya menyusui. diberi nama "whale" karena ukurannya seperti paus.

Whale Shark memiliki mulut selebar 1.5 meter yang berfungsi sebagai penyaring atau filter makanannya, ikan ini memakan hewan-hewan kecil seperti plankton, telor ikan, ikan kecil dan udang kecil, selain ukuran tubuhnya yang super gede, hewan ini ditandai dengan adanya totol putih dan warna dasar kulit abu-abu, totol ini menjadi ciri khas masing-masing individu.

Ukuran yang besar tidak membuat whale shark menjadi berbahaya, hewan ini merupakan hewan yang tergolong jinak dan bahkan doi nggak terganggu meskipun manusia berenang renang di sekitar dia, dan bisa diajak bermain bersama penyelam , ya mungkin karena doi gak tertarik makan orang.

Persebaran whale shark berada pada berbagai lautan bersuhu hangat, di luar negeri bisa ditemukan di teluk tadjoura di Djibouti, Ningaloo reef di Australia, Coast of Gujarat di India, Isla Mujeres dan Isla Holbox di Yucatan, Teluk Oman, Maldives, dan berbagai tempat lainnya yang masih banyak lagi.

Di Indonesia sendiri hewan ini bisa ditemui di Taman Nasional Ujung Kulon, Pulau Alor di NTT, Kupang di NTT, kepulauan Gili di Lombok NTB, dan Taman Nasional Teluk Cendrawasih.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.