Wanita Hebat di Dunia Penentang Perbedaan Gender

AnakRegular | Inilah wanita hebat di dunia yang dikenal sebagai wanita penentang perbedaan gender :

Emansipasi wanita ialah proses pelepasan diri para wanita dari kedudukan sosial ekonomi yang rendah atau dari pengekangan hukum yang membatasi kemungkinan untuk berkembang dan untuk maju. Di tanah air kita mengenal Kartini, seorang wanita priyayi Jawa yang memiliki pemikiran maju di masanya yang kemudian diangkat namanya menjadi penggerak emansipasi wanita Indonesia. 

Berkat surat-surat korespondennya pada sahabat Belanda nya yang kemudian diangkat menjadi sebuah buku berjudul ‘Habis Gelap Terbitlah Terang’. RA Kartini telah membawa perubahan baru bagi Indonesia, dimana  dulu wanita hanya menjadi yang kedua dan yang tertinggal, kini wanita memiliki hak yang sama dengan lelaki. Wanita bisa berkarir dan wanita bisa bersaing dengan laki-laki sebagai seorang pemimpin.

Selain RA Kartini di Indonesia, ternyata di belahan bumi lainnya juga mempunyai sosok wanita seperti RA Kartini, dimana para wanita hebat ini menentang perbedaan Gender antara Pria dan wanita. Tidak sedikit tokoh-tokoh wanita yang rela melawan norma-norma yang selalu merendahkan wanita dan menciptakan sejarah baru bagi kehidupan wanita di masa sekarang.

Baca juga : Wanita cantik paling jahat dan kejam di dunia


Jeannette Rankin Pickering

8 Wanita Hebat di Dunia Penentang Perbedaan Gender

Tokoh wanita pertama di dunia yang menentang perbedaan antara wanita dan pria adalah wanita sekaligus yang pertama menjadi anggota kongres, sebelum wanita di seluruh Amerika pada akhirnya bisa dipilih. Rankin datang sebagai seorang perwakilan terbaik untuk menjalani pemilihan pada tahun 1916 dan 1940. Pada saat itu Rankin menentang peran gender wanita. Rankin mengklaim dirinya sebagai sosok wanita satu-satunya yang memberikan hak pilih untuk wanita.

Golda Meir

8 Wanita Hebat di Dunia Penentang Perbedaan Gender

Tokoh wanita yang menentang peran gender selanjutnya adalah Golda Meir. Sosok nenek dari Israel yang disebut oleh Perdana Menteri Israel saat itu sebagai orang terbaik yang ada dalam pemerintahan. Kemudian Meir dipercaya menjadi Perdana Mentri. Pada waktu itu Meir juga menjadi salah satu kontributor utama dalam sebuah yayasan di Sirael. Bahkan nenek yang satu ini berhasil melakukan negosiasi untuk meningkatkan 50 juta USD antara Yahudi Amerka dan Yahudi Inggris di Palestina.

Mary Seacole

8 Wanita Hebat di Dunia Penentang Perbedaan Gender

Mary Seacole ini dijuluki sebagai “greatest black Brinton” pada tahun 2004 lalu. Mary adalah sosok yang sudah merawat tentara Ingrgis selama Perang Crimean. Meskipun Angkatan Darat Inggris tidak mau mengakui Mary sebagai bagian dari mereka, namun wanita yang satu ini tetap memberanikan diri untuk pergi ke medan perang. Pekerjaannya di sana adalah dengan mengobati orang yang terluka. Terkadang ia meminta imbalan dari prajurit yang ditolongnya.

Elsie Inglis

8 Wanita Hebat di Dunia Penentang Perbedaan Gender

Elsie Inglis adalah sosok pemimpin dalam perkembangan bidang kedokteran di Skotlandia dan Inggris. Wanita ini adalah dokter yang baik dan dikenal dermawan. Saat itu Inglis membantu para wanita untuk menjadit enaga medis sepanjang Perang Dunia I. Dokter wanita asal Prancis tersebut dipanggil setelah pihak Inggris memintanya untuk pulang. Setelah itu Inglis justru lebih aktif dalam bidang politik dan suara-suara konstan untuk reformasi kesehatan.

Sybil Ludington

8 Wanita Hebat di Dunia Penentang Perbedaan Gender

Sosok yang satu ini bisa dibilang lebih mengesankan ketimbang Paul Revere. Namun sayang, nama Sybil Ludington kurang dikenal. Padahal ia adalah sosok pahlawan perang Revolusi. Ludington ini adalah putri dari Kolonel Henry Ludington. Ia sangat identik dengan kudanya, yang kemudian dijadikan patung untuk mengingat jasa-jasanya. Ludington berhasil memperingatkan pasukan kolonial Amerika dengan pendekatan dari Inggris. Tindakan yang dilakukan Ludington ternyata dua kali lebih baik ketimbang Jack Jouett atau Paul Revere.

Æthelflæd

8 Wanita Hebat di Dunia Penentang Perbedaan Gender

Æthelflæd adalah sosok wanita dari Mercians, seorang ahli strategi militer yang memiliki taktik cerdas. Peran utamanya yang menentang peran gender sebagai wanita adalah ketika ia berhasil menendang bala tentara Denmark dan Inggris. Pada akhirnya Æthelflæd kembali bisa merebut kekuasaan setelah suaminya meninggal. Wanita yang tinggal di kawasan Mercia ini ternyata juga bersekutu dengan Edward Elder.

Baca juga : Cara mencegah kehamilan ala wanita jaman dulu

Penutup :

Itulah kawan enam sosok tokoh wanita yang berani menentang peran gender atau emansipasi dan berhasil mencatatkan nama mereka ke dalam sejarah. Semoga tokoh-tokoh yang barusan dijelaskan bisa menyalurkan atau menularkan semangat juangnya kepada Anda para pembaca. Demikian artikel kali ini dan sampai jumpa di lain kesempatan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.