Cara Mencegah Pikun Dini di Usia Muda

AnakRegular | Pikun memang akan terjadi pada setiap orang, namun pikun di usia muda itu tidaklah wajar, So mulai dari sekarang lakukan berbagai kegiatan dan konsumsi makanan sehat yang berguna untuk mencegah kepikunan dini di usia muda.

Cara Mencegah Pikun Dini di Usia Muda

Demensia atau pikun merupakan suatu penyakit bukan proses perjalanan usia tua yang normal, sehingga sangat penting untuk diwaspadai. Oleh karena itu apabila masih muda pelupa, perlu segera dideteksi dini. Gejala Demensia awalnya tampak seperti gejala penuaan biasa, gejalanya menjadi memberat dari waktu ke waktu. Seperti lupa meletakkan barang, lupa nama anggota keluarga, lupa terhadap kejadian baru-baru ini.

Pikun diakibatkan oleh terdapatnya kerusakan pada beberapa sel otak yang bikin kemampuan berkomunikasi antar beberapa sel itu terganggu, dan semakin sibuk serta aktifnya muda mudi jaman sekarang, mengakibatkan semakin tinggi kemungkinan mereka untuk gampang lupa atau sukar untuk berkonsentrasi.

Nah, untuk menjauhkan kepikunan di masa muda, sudah saatnya kaum muda mulai melakukan berbagai hal yang bisa meningkatkan daya ingat serta membuat konsentrasi menjadi lebih maksimal. Berikut adalah beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan guna mencegah kepikunan di masa muda, mulai dari mengkonsumsi makanan sehat sampai melakukan hal-hal yang berguna bagi kesehatan otak Anda.

Makan Buah Berry

Janganlah hanya makan yang memiliki kandungan gula. Bila biasanya Anda konsumsi jus dengan memakai pemanis, cobalah makan lebih banyak Buah berry dengan minim gula. Kandungan anti oksidan yang terdapat pada buah berry benar-benar bagus untuk memelihara keremajaan sel-sel otak.

Buah Berrie sangat baik sekali dalam menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan organ otak. Blueberry dan raspberry mengandung antiosianin yang dapat melindungi neuron otak yang berkaitan dengan memori. Senyawa fiestin dalam straberry dapat membantu kekuatan memori dalam jangka panjang. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi secangkir buah Berrie setiap hari akan dapat meningkatkan daya ingat hanya dalam beberapa bulan saja.

Tidur yang Cukup

Saatnya untuk lebih di siplin dalam diri Anda, penuhilah waktu isterahat Anda, karenanya yang lebih perlu Anda cukupi di banding kerja secara lembur/overtime untuk pekerjaan serta kesibukan yang lain. bila Anda jadi kurang tidur lantaran kesibukan, tetapi janganlah setiap hari.

Beristirahat lebih lama dan seimbang, dapat merefress otak serta membuat Anda bangun dengan lebih segar. Sekurang-kurangnya, cukupilah tidur delapan jam sehari entah dalam rentang waktu yang terpisah ataukah sekaligus. Bebaskan kejengahan serta pikiran perihal pekerjaan kala Anda telah berada di atas ranjang.

Konsumsi lemak Tak jenuh

Makanlah makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh. Lantaran makanan seperti ini nyatanya benar-benar baik untuk berikan nutrisi terhadap otak Anda. Memanglah dampaknya tidak terasa langsung, akan tetapi dapat pelihara jaringan system kognitif Anda.

Sebagian makanan yang bagus untuk Anda salah satunya yaitu alpukat, almond, minyak zaitun serta sejenisnya. Janganlah ragu konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak yang baik untuk kesehatan Anda. Lemak ikan begitu bagus untuk melindungi mutu sel kita supaya tidak gampang rusak.

Kurangi Konsumsi Gula Dan Tepung

Menurut riset, untuk menambah ketajaman otak, baiknya Anda konsumsi lebih sedikit gula serta zat tepung. Hal semacam ini untuk mengurangi pengrusakan pada insulin diotak yang dapat membuat otak Anda alami penurunan kondisi.

Anda dapat menggantinya dengan sumber karbohidrat yang lebih sehat. Umpamanya memakan roti gandum, kacang kacangan, ubi dan lain-lain. Kurangi pemakaian tepung bumbu atau makanan serba instant seperti mie dan msg.

Kuning Telur

Kuning telur merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi, selama dikonsumsi secara wajar. Kuning telur mengandung kolin yang baik untuk perkembangan otak. Maka dari itu, anak-anak sering dianjurkan untuk mengkonsumsi telur demi perkembangan dan kesehatan otaknya.

Kopi

Kopi juga dapat mencegah kepikunan di usia dini. Kita tahu kopi memang kaya akan vitamin dan mineral, asam amino serta antioksidan. Mengkonsumsi kopi tidak lebih dari dua cangkir per hari dapat mengurangi terjadinya kepikunan di usia muda. Selain itu menurut penelitian yang dilakukan di Korea Selatan mengungkapkan bahwa kopi mengandung zat yang dapat memperlambat sel tumor di otak.

Minyak Ikan

Ikan laut seperti tuna, salmon serta ikan cod mengandung minyak ikan omega 3 yang kaya akan DHA. Sering mengkonsumsi ikan akan memperlancar proses pengiriman signal yang menuju otak. Rendahnya DHA pada seseorang akan menyebabkan hilangnya memori, kurangnya konsentrasi serta gangguan mood. Bahkan kurangnya DHA dapat menyebabkan munculnya depresi, autisme, serta skizofrenia. Maka dari itu, sebaiknya kita lebih sering mengkonsumsi ikan.

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin E yang dapat menyehatkan organ otak sehingga memori kita akan tetap terjaga sampai tua. Salah satunya kacang kenari yang mengandung banyak omega 3 yang baik untuk otak. Sedangkan kacang mede mengandung magnesium yangd apat meningkatkan produksi okesigen ke sel-sel otak.

Jangan Menganggurkan Pikiran

Ada baiknya Latihlah otak Anda. Janganlah menganggurkan pikiran Anda terlampau lama dan sering. Ini bakal bikin Anda malas memikirkan atau juga mengingat. Cobalah melatih otak Anda dengan mengisi teka-teki silang atau TTS.

Membaca dan menulis

Aktivitas ini bisa melatih serta merangsang beberapa sel saraf otak. Itulah penyebab banyak orang senang sekali membaca situs kaskus utamanya Lounge, membaca tulisan-tulisan yang bikin kita berfikir dan membuat tulisan yang bikin orang berpikir.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.