Empat Kesalahan Yang Telah Merubah Dunia

AnakRegular | Inilah 4 penemuan di dunia yang terlahir dari sebuah kesalahan

Kesalahan merupakan suatu hal yang sangat wajar dan biasa dilakukan oleh semua orang. Kesalahan bisa datang kepada siapa saja dan dimana saja tanpa kita sadari. Namun karena takut salah tersebut banyak orang enggan mencoba sebelum berbicara. Sehingga banyak orang yang tidak mau bertindak karena takut mendapatkan resiko yang tidak diinginkan.

Padahal di dunia ini banyak orang sukses yang telah membuktikan jika kegagalan hanyalah sebuah proses dan langkah yang harus ditempuh untuk mencapai sebuah kesuksesan sejati. Belajar dari kesalahan akan membuat kita berpikir lebih keras lagi. Karena sebuah kesalahan bisa merubah kita yang sekarang untuk menghadapi masa depan yang belum kita ketahui.

Seperti ungkapan yang mengatakan inspirasi bisa datang dari mana saja termasuk dari kesalahan, beberapa penemuan yang kini menjadi kebutuhan kita semua ternyata tercipta dari sebuah kesalahan. Seperti sabun dan alat bantu jantung merupakan dua contoh dua kesalahan yang sudah menjadi kebutuhan penting manusia dan telah merubah dunia.


Sabun berbusa

Empat Kesalahan Yang Telah Merubah Dunia

Pada awalnya, sabun mandi diciptakan tidak memiliki busa. Namun, kejadian di tahun 1879 mengubah semuanya. Seorang pekerja di sebuah pabrik penghasil sabun terbesar, Proctor, lupa mematikan mesin ketika istirahat makan siang. Alhasil, sabun yang tercipta menjadi bercampur dengan unsur udara. 

Namun, karena setelah proses pemeriksaan tidak ada perubahan yang signifikan, maka sabun ‘gagal’ tersebut tetap dijual kepada konsumen. Sabun tersebut kemudian menghebohkan masyarakat karena menghasilkan busa ketika digosok. Hal ini sangat disukai oleh konsumen, sehingga permintaan pasar melonjak tinggi. Sabun ‘salah cetak’ itu kemudian diberi nama Ivory oleh perusahaan tersebut.

Alat bantu jantung

Empat Kesalahan Yang Telah Merubah Dunia

Sebuah inovasi yang paling berpengaruh dalam dunia medis adalah alat bantu jantung. Namun, tahukah Anda bahwa penemuan alat bantu ini didasari dari sebuah kesalahan? Alat bantu jantung pertama kali diciptakan oleh seorang ilmuwan bernama Paul Zoll di tahun 1952. 

Pada awalnya, alat ini sangat mengundang kekaguman, namun salah satu kekurangannya adalah efek samping yang diciptakan, yaitu membakar kulit dan rasa sakit. Berbagai penelitian pun dilakukan untuk mengatasi efek samping ini. Suatu hari, seorang peneliti, Wilson Greatbatch, sedang meneliti pasiennya dengan menggunakan alat tersebut. Namun, tanpa sengaja ia memasangkan resistor yang berbeda ukuran dari biasanya. 

Ternyata, kesalahan tersebut malah memberikan nafas segar bagi para peneliti. Alat tersebut justru mempunyai pola yang lebih baik terhadap jantung. Penelitian mengenai kesalahan tersebut terus dilanjutkan sehingga menghasilkan alat bantu jantung yang lebih praktis dan aman bagi tubuh.

Ban karet

Empat Kesalahan Yang Telah Merubah Dunia

Dahulu, menemukan ban karet yang berkualitas sangat sulit, karena karet sebagai bahan utamanya. Karet biasa tidak tahan dengan panas dan dingin. Sehingga berbagai penelitian pun dilakukan. Seorang ilmuwan bernama Charles Goodyear berupaya untuk membuat karet yang tahan dengan suhu panas maupun dingin. 

Suatu ketika, saat beristirahat, Charles Goodyear tidak sengaja menumpahkan karet dan cairan zat sulfur ke dalam kompor panas. Kejadian tersebut justru membuat karet lebih tahan panas dan dingin. Setelah kejadian ini, Goodyear pun terus melakukan penelitian berlanjut. Akhirnya, ban karet yang tahan pun tercipta. Goodyear kini menjadi perusahaan produsen ban ternama di dunia.

Post-It

Empat Kesalahan Yang Telah Merubah Dunia

Siapa yang tidak kenal produk Post-It? Produk ini sangat digemari oleh pelajar maupun pelajar. Stiker penempel memo ini menarik perhatian dengan warna-warni serta berbagai inovasinya. Padahal, Post-It tercipta karena sebuah kegagalan dari seorang pekerja di perusahaan 3M, Spencer Silver. 

Silver mendapat tugas untuk membuat lem yang sangat kuat. Namun, ia selalu gagal dan akhirnya lem tersebut dibiarkan begitu saja karena dianggap produk gagal. Suatu ketika, rekannya yang bernama Arthur Fry ingin menandai buku nyanyiannya, tetapi pendanda tersebut selalu lepas. 

Akhirnya, dengan bantuan lem buatan Silver yang merupakan ‘produk gagal’, Fry menandai bukunya dengan kertas yang dilem tanpa membuat lem merusak kertas. Sehingga lahirlah ide untuk memproduksi Post-It yang sangat digemari dan memiliki nama di dunia.

Nah itulah kawan setidaknya 4 penemuan yang didasari dari sebuah kesalahan namun bisa menjadi penemuan yang merubah dunia. Sabun menjadi sebuah kebutuhan wajib yang harus ada di kamar mandi, sementara itu ban karet adalah salah satu komponen yang wajib ada pada semua kendaraan.

So jangan pernah takut untuk mencoba, jangan pernah takut gagal, jangan pula takut untuk membuat kesalahan. Memang kesalahan tidak kita niatkan dalam hati, namun sebuah kesalahan bisa membuat kita menjadi lebih kuat. 
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.