Hewan Ini Sukses Dilatih Jadi Pasukan Khusus Militer

AnakRegular | Inilah Lima Hewan yang Sukses dilatih menjadi pasukan khusus militer suatu negara

Dulu sebelum teknologi ada dan jasa pengiriman belum dilakukan, orang-orang selalu berkirim pesan menggunakan jasa burung merpati. Kita bisa dilihat di film jaman dulu dimana selembar kertas berisi sebuah pesan yang diikat ke kaki burung kemudian diterbangkan ke lokasi tujuan. Ajaibnya pesan yang di antarkan burung tersebut selalu sampai ke tujuan.

Dimasa lalu keberadaan hewan seperti burung, kuda, dan anjing memang sangat membantu kehidupan manusia. Dengan latihan serta didikan yang benar hewan-hewan tersebut bisa digunakan untuk membantu kepentingan banyak orang. Tak hanya itu saja, beberapa hewan juga ada yang dipakai untuk kegiatan militer.

Jika di masa lalu banyak hewan seperti burung merpati atau elang digunakan sebagai alat untuk mengirim pesan penting atau darurat di saat sedang berperang. Di era modern seperti sekarang ini keberadaan burung tersebut lebih digunakan sebagai alat pelacak atau pemantau situasi untuk kegiatan militer dengan cara burung dipasang alat pelacak atau gps di kakinya.

Selain burung nyatanya, masih banyak hewan lainnya yang terlibat dan digunakan dalam kegiatan militer, ada yang dilatih untuk menjadi mata-mata ada pula yang dilatih untuk membawa bekal persenjataan. Berikut adalah hewan-hewan yang berhasil dilatih menjadi pasukan militer di dunia :

Baca juga : Desain Tangga Unik yang Buatmu tak bosan untuk melangkah

Burung Kondor - Israel

Hewan Ini Sukses Dilatih Jadi Pasukan Khusus Militer

Seekor burung pemakan bangkai dilengkapi GPS ditemukan di Kota Kereinek wilayah Darfur, sebelah barat Sudan pekan lalu. Burung itu juga dilengkapi peralatan bertenaga surya untuk menyiarkan gambar melalui satelit. Di peralatan itu terdapat label Badan Alam Israel dan Universitas Hebrew, Yerusalem.

Situs Huffington Post melaporkan, Ohad Hazofe, seorang ekolog dari Otoritas Perlindungan Alam Israel membenarkan burung itu membawa label Israel. Namun dia menyatakan burung itu berasal dari Balkan dan bermigrasi ke Israel saban tahun. Dia membantah burung itu dilengkapi alat fotografi. "Burung kondor itu bisa terbang 600 kilometer sehari. Oktober lalu seratus burung sama dipasangi GPS buatan Jerman."

Pihak oposisi Sudan dalam sebuah situsnya mengkritik pemerintah tutup mata terhadap aksi pesawat tempur Israel sejak memanasnya hubungan kedua negara ketika Oktober lalu pesawat tempur Israel mengebom gudang persenjataan di Khartoum. "Bagaimana mungkin rezim ini bisa mendeteksi seekor burung tapi tak mampu melacak pesawat jet Israel mengebom gudang persenjataan?"

Kejadian Israel menggunakan burung kondor sebagai telik sandi ini bukan pertama kali. Di Turki Mei lalu seekor burung jenis pemakan lebah ditemukan mati dan di kakinya ada sebuah cincin bertuliskan Israel.

Pemerintah Saudi Arabia Januari lalu juga menangkap seekor burung kondor diduga mematai-matai lantaran dilengkapi GPS dengan label Universitas Tel Aviv. Namun Pangeran Saudi menyatakan burung itu tidak bersalah dan dilepaskan.

Anjing Oleh Inggris

Hewan Ini Sukses Dilatih Jadi Pasukan Khusus Militer

Seekor anjing dikatakan milik Pasukan Khusus militer Inggris telah menjadi tawanan tidak biasa dari Taliban. Dari rekaman diunggah di dunia maya memperlihatkan sekelompok orang bersenjata dan berjanggut mengarak hewan malang itu sebagai piala, setelah anjing itu ditangkap selama serangan Nato yang gagal di Afghanistan.

Dari rekaman terlihat anjing dilaporkan bernama Kolonel itu mengenakan sebuah jaket antipeluru khusus disesuaikan dengan badannya sambil dirantai oleh salah satu pejuang Taliban, seperti dilansir surat kabar the Daily Mail, Jumat (7/2).

Anjing itu diduga berasal dari sebuah unit elit, yang diyakini baik itu dari resimen Special Air Service, sebuah unit pasukan khusus Angkatan Darat Inggris, atau dari Special Boat Service, sebuah unit Angkatan Laut Inggris.

Anjing telah digunakan oleh tentara Inggris sejak Perang Dunia I, di mana mereka diberdayakan buat membawa pesan. Sekitar 11.000 anjing bekerja di Angkatan Bersenjata Inggris, baik untuk mengendus obat, membantu pencarian dan penyelamatan, serta mencari barang mencurigakan di dalam bangunan sebelum para tentara masuk.

Anjing juga dapat diikat ke dada para pengendali mereka dan diterjunkan ke zona tempur. Mereka dilaporkan telah dilatih untuk menyerang orang-orang bersenjata, tetapi paling utama digunakan untuk mengendus bahan peledak atau menjelajahi wilayah, serta mengirim gambar dari kamera melekat di bagian kepala mereka.

Indera penciuman mereka 40 kali lebih baik daripada seorang prajurit. Ini berarti mereka dapat mencium bau dari musuh dengan jarak 3,2 kilometer jauhnya. Dalam cuplikan video dikirim Taliban, para pejuang mengatakan anjing itu menyasar ke wilayah musuh saat serangan Nato di Provinsi Laghman, sebelah timur Afghanistan, pada Desember tahun lalu.

Dalam sejarahnya anjing telah digunakan dalam perang sejak catatan militer dimulai, dan sangat berguna dalam operasi pasukan khusus.Para pegiat hak-hak binatang telah menyatakan kemarahan mereka atas penggunaan anjing dari pasukan Inggris di Afghanistan.

"Anjing bukanlah alat atau 'inovasi' dan tidak bisa kita gunakan atau tembakkan seperti selongsong amunisi kosong," ujar Organisasi Hak Asasi Binatang (Peta).

Beruang di Polandia

Hewan Ini Sukses Dilatih Jadi Pasukan Khusus Militer

Ketika Perusahaan Transportasi Polandia menemukan Voytek di perbukitan Iran pada 1943 dia masih seekor bayi beruang. Tentara kemudian mengambil Voytek dan memberinya susu lalu menjadikan dia bagian dari pasukan. Dia bahkan ikut menikmati bir dan rokok bersama tentara.

Ketika Voytek sudah semakin besar setinggi 180 sentimeter dan beratnya 113 kilogram dia dilatih membawa mortir dan mengirimkan amunisi saat perang. Pada 1944 dia secara resmi terdaftar sebagai pasukan Polandia, lengkap dengan nama, jabatan dan nomor urut.

Di medan perang Voytek kemudian berpatroli bersama tentara dan dia juga membawa amunisi bagi pasukan. Dia bahkan menemukan mata-mata Arab yang bersmebunyi di sebuah gubuk. Usai perang Voytek diberi rumah di Kebun Binatang Edinburgh dan dia tinggal di sana sampai ajal menjemput.

Lumba-lumba di Israel

Hewan Ini Sukses Dilatih Jadi Pasukan Khusus Militer

Pasukan Hamas dikabarkan telah menangkap seekor lumba-lumba yang disinyalir sebagai mata-mata milik Israel di perbatasan lepas pantai Jalur Gaza. Salah satu mamalia laut yang terkenal jinak ini dilengkapi alat perekam hingga panah untuk menembak.

Lumba-lumba ini ditangkap minggu lalu oleh pasukan katak Hamas 'Al-Qassam', radio militer Israel melaporkan yang mengutip organisasi Islam Palestina Rabu kemarin. Diketahui mamalia laut ini bertugas untuk memantau gerak-gerik latihan kelompok intel Hamas di tepi barat Gaza.

Militer Israel bukan sekali ini saja menggunakan binatang menjadi mata-mata ke wilayah Palestina. Pada 2012, Negeri Zionis itu memantau situasi di Jalur Gaza menggunakan bantuan burung.

Anjing Laut Di Rusia

Hewan Ini Sukses Dilatih Jadi Pasukan Khusus Militer

Dalam rangka peringatan tahunan Hari Kemenangan ke-70 mengalahkan pasukan Nazi Jerman pada Perang Dunia Kedua, militer Rusia memperlihatkan kemampuan mereka melatih anjing laut mengangkat senjata. Selain pasukan yang berparade di jalanan, ada juga pasukan khusus yang beraksi di kolam renang. 

Dalam situs Ripleys.com, militer Rusia melatih anjing-anjing laut untuk menjadi tentara yang bisa diandalkan. Mereka antara lain diajarkan memberi hormat pada komandan, mengibarkan bendera, dan mengangkat senjata air.
Nah itulah kawan beberapa hewan yang berhasil dilatih menjadi pasukan khusus militer suatu negara. Memang pada hakikatnya hewan tidak memiliki hak dan kewajiban untuk mengikuti kegiatan militer, namun apa daya manusia tidak ada puasnya, hewan pun bisa dijadikan sebuah alat.

Namun satu sisi positif yang bisa diambil, hewan juga yang notabenya akalnya sangat dangkal bahkan tidak punya akal jika dilatih terus menerus toh bisa ngerti dan nurut. Kita sebagai manusia yang dikatakan sebagai makhluk sempurna masa engga bisa ngerti dan nurut, jangan sampai kalah sama hewan kawan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.