Inilah Manfaat Menulis Dengan Tangan Bagi Kecerdasan

AnakRegular | Dengan segala kemajuan dan teknologi yang semakin pintar, kebiasaan menulis dengan tangan pun sudah jarang dilakukan.

Inilah Manfaat Menulis Dengan Tangan Bagi Kecerdasan

Dulu sebelum teknologi menjadi raja, kegiatan menulis dengan tangan adalah suatu kerutinan yang dilakukan semua orang setiap harinya. Anak sekolah menulis semua materi dari gurunya dalam sebuah buku, dan orang dewasa menulis semua daftar pekerjaannya dalam sebuah memo. Semua kegiatan menulis dilakukan dengan tangan kala itu.

Kini setelah era berubah, teknologi canggih mulai berserakan, gadget dan komputer hampir semua orang punya, kegiatan menulis dengan tangan perlahan mulai ditinggalkan. Anak sekolah mulai sibuk menulis dengan gadgetnya sedang orang dewasa lebih sibuk menulis laporan dengan komputernya.

Bahkan yang lebih parah, saat ini banyak orang yang mengaku dirinya sebagai seorang penulis lebih banyak menulis dengan memencet papan ketik di komputer atau gadget, ketimbang menulis tangan dalam sebuah kertas. Memang teknologi memberikan kecepatan dan keefisienan, namun karena teknologi pula lah budaya lama mulai terancam di tinggalkan.

Ironi kebudayaan yang menyehatkan namun mulai ditinggalkan :

Menulis dengan tangan menggunakan pensil atau pulpen saat ini sudah jarang dilakukan. Bisa dilihat di sekolah-sekolah, kampus, atau kampus, semua sudah serba teknologi, guru jarang menulis materi di papan tulis, dan murid sudah jarang mengeluarkan buku dari dalam tasnya.

Al-hasil, saat ini banyak orang-orang atau mungkin Anda selaku pembaca yang mengeluh karena tulisan tangan Anda tidak karuan, tidak bagus, dan tidak rapih. Apa yang menyebabkannya tak lain karena frekuensi menulis dengan tangan Anda sudah lama ditinggalkan.

Saat ini tangan sudah sibuk dengan keyword gadgetnya, tanpa pernah memegang pensil untuk menulis dalam sebuah kertas. Namun tak perlu khawatir, sekarang ini sudah mulai banyak tempat kursus menulis. Ya, kegiatan menulis dengan tangan kini sudah naik level menjadi semacam seni.
Menulis dengan tangan diklaim memiliki banyak manfaat positif bagi anak. Menulis akan meningkatkan kreativitas, kemampuan berpikir kritis, meningkatkan kepercayaan diri, dan kemampuan membaca.

Walau begitu menurut Karin James, psikolog dari India University yang banyak meneliti perkembangan otak anak usia dini, manfaat menulis ternyata tidak "sedahsyat" itu.

Misalnya saja jika disebut menulis akan meningkatkan kreativitas. James mengatakan sangat sulit mengukur kreativitas. "Bagaimana kita mengartikan kreatif. Ini sangat bergantung pada individu, usia, konteks, sosial, dan akademis," katanya.

Tapi, ide bahwa menulis dengan tangan bisa meningkatkan kemampuan kritis menurut dia cukup masuk akal. Menulis memerlukan pola pikir, pengamatan, dan introspeksi. Menulis dengan tangan juga bisa menjadi latihan yang baik untuk introspeksi.

Sementara itu untuk kepercayaan diri, menulis dan membaca memang ada kaitan. Orang yang rajin membaca cenderung memiliki nilai akademis yang baik dan tentunya kepercayaan dirinya akan naik.

"Makin banyak anak menulis, makin mudah bagi mereka mengenali huruf. Pengenalan huruf adalah penanda terbaik ia akan lebih lancar membaca," katanya.

Pada tahun 2012, James dan rekannya Laura Engelhardt mempublikasikan hasil studinya. Ia menyebutkan, anak yang belajar menulis huruf akan mengenali huruf lebih baik dan memiliki kemampuan membaca lebih baik.

Saat anak belajar menulis ada bagian otak tertentu yang aktif. Area otak itu sama dengan bagian yang aktif saat orang dewasa membaca.

So, biasakan diri Anda, anak Anda, kerabat Anda untuk selalu menulis menulis dengan tangan, jangan sampai keturunan Anda kelak tidak bisa mengenali dan tidak bisa menulis dengan tangan, karena nya cara manual lebih besar manfaatnya dengan cara yang otomatis..
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.