Lima Kebiasaan Minum Yang Salah, Harus Anda Hentikan

AnakRegular - Inilah Kebiasaan dan kesalahan yang sering dilakukan banyak orang saat minum dan harus di hindari mulai dari sekarang :

Lima Kebiasaan Minum Yang Salah, Harus Anda Hentikan

Air merupakan kebutuhan pokok dan paling utama bagi manusia. Setiap orang memerlukan air untuk minum dan memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Salah satu air yang sering di minum oleh banyak orang adalah Air putih. Memang air putih ini lebih banyak manfaatnya ketimbang jenis air lainnya.

Minum air yang rutin setiap hari dapat menghidarkan tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan pada tubuh. Untuk itu banyak pakar yang menyarankan agar minum air sebanyak 8 gelas dalam sehari. Hal tersebut dianjurkan agar kebutuhan cairan dalam tubuh terus terpenuhi. Namun satu pertanyaan, apakah cara dan kebiasaan minum seseorang sudah benar?

Jawabannya, belum tentu juga. Nyatanya mencukupi kebutuhan tubuh akan cairan tidak hanya terpaku pada 8 gelas perhari saja. Dalam kenyataannya ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan banyak orang dalam rangka mencukupi kebutuhan akan cairan. Sehingga sering menimbulkan efek yang tidak baik. Apa saja kebisaan yang salah saat minum air? Berikut ulasan singkatnya :

Baca Juga : Tips Menghilangkan rasa dingin Saat Mandi

Hanya minum saat haus

Saat haus lah minuman segar sangat dibutuhkan. Air akan terasa lebih segar dan nikmat apalagi air dingin yang diminum dikala sedang haus. Setelah olahraga atau pun melakukan aktivitas air sangat diperlukan oleh tubuh. 

Namun kebutuhan air bukan hanya saat haus saja, meski Anda sedang menonton TV atau sedang tidak melakukan aktivitas yang berat dan tidak haus, organ tubuh tetap perlu diairi. Minum hanya ketika tubuh ekstrim dehidrasi dapat menyebabkan gagal ginjal dan infeksi saluran kemih. 

Tidur tanpa minum

Banyak pakar yang sering menganjurkan sebelum dan sesudah tidur (bangun tidur) ada baiknya untuk minum segelas air putih. Itu sebabnya, selalu sedia dua gelas air minum. Satu untuk sebelum tidur dan satu lagi untuk setelah bangun tidur. Air berguna untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh lewat air seni yang biasanya kita keluarkan pagi hari sesaat sesudah bangun tidur. 

Memusuhi kopi dan teh

Banyak orang percaya kafein di dalam teh dan kopi bisa membuat tubuh dehidrasi. Itu mitos! Lisa Cashman, RD, pakar diet dari New York mengatakan, "Kafein memang bersifat diuretik sehingga bisa menyebabkan tubuh kehilangan cairan. Tapi di dalam minuman kopi dan teh juga ada air yang membantu hidrasi tubuh. Minum kopi dan teh masih lebih baik dibanding tidak minum apapun sama sekali. Batasi konsumsinya tidak lebih dari dua cangkir perhari."

Memaksa diri minum delapan gelas perhari

Anda mungkin sering mendapatkan saran untuk minum air putih sebanyak-banyaknya, yaitu delapan gelas setiap hari. Sekarang saatnya mengubah kebiasaan lama itu. Menurut Institute of Medicine di Amerika Serikat, rata-rata kebutuhan normal tubuh orang dewasa adalah 11,4 cangkir perhari. 

Angka ini bisa berubah tergantung ukuran tubuh, kegiatan harian, dan jenis makanan Anda. Orang yang rajin mengonsumsi makanan yang banyak mengandung air tidak perlu minum sebanyak mereka yang hobi makanan kering. 

Karena kebutuhan airnya akan tercukupi oleh makanan-makanan yang mereka konsumsi. Tidak disarankan juga untuk minum air putih banyak sekaligus, melainkan dicicil sedikit demi sedikit.

Minum saat olahraga bukan sebelumnya

Ya! Meski Anda sudah meneguk air putih beberapa kali sepanjang sesi latihan, terkadang Anda tetap merasa kurang cairan dan pusing. Ini terjadi karena sebelum olahraga tubuh Anda tidak cukup cairan. Maka itu, minumlah setidaknya empat gelas air sebelum mulai berolahraga. Setelah olahraga Anda juga disarankan untuk minum untuk menggantikan air yang keluar dalam bentuk keringat selama sesi latihan.

Nah itulah kawan beberapa kesalahan dan kebiasaan minum yang salah dan harus Anda hentikan mulai dari sekarang. Kebutuhan cairan untuk setiap orang memang berbeda dan untuk itu cara minum nya pun berbeda kawan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.