Lima Negara Yang Mengabadikan Nama Soekarno

AnakRegular | Inilah bukti betapa hebatnya presiden pertama kita Soekarno di mata dunia, sebagai ucapan terima kasih nama Soekarno diabadikan di negara-negara ini :

Kita sebagai bangsa Indonesia yang paham akan sejarah perjuangan dan kemerdekaan, sudah tentu wajib bagi kita mengenang para pejuang-pejuang Indonesia. Walau semarak kemerdekaan sudah berlalu namun semangat patriotisme, cinta tanah air dan bangga akan pahlawan kemerdekaan Indonesia harus kita junjung demi kebhinekaan bangsa ini. 

Bangsa indonesia adalah bangsa yang merdeka atas perjuangan dan tumpah darah rakyatnya. Tokoh-tokoh perjuangan berjuang menggunakan seluruh kemampuannya melawan para penjajah untuk memerdekakan negara Indonesia. Sebagai penerus dan pewaris kemerdekaan maka hendaknya kita terus menghormati jasa-jasa pahlawan Indonesia. 

Sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan para pejuang kemerdekaan, banyak tokoh masyarakat Indonesia yang berinisiatif menjadikan berbagai tempat mulai dari jalan, gedung dan lainnya dengan nama pahlawan-pahlawan Indonesia. Misalnya jalan Pangeran Diponegoro, Bandara Soekarno-Hatta, dan sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa pahlawan sekaligus Presiden kita yang pertama Soekarno ternyata tidak hanya di kagumi dan di cintai di Indonesia. 

Berikut adalah lima negara yang mengabadikan nama Soekarno sebagai bentuk penghormatan dan kebanggaan terhadap jasa-jasanya.

Rusia

Lima Negara Yang Mengabadikan Nama Soekarno

Soekarno sangat terkenal di negeri komunis, Uni Soviet. Soekarno sendiri menjadi berkah bagi para umat muslim di uni soviet. Berawal dari kunjungannya di rusia pada tahun 1955 di kota St. Petersburg.

Soekarno kemudian melihat sebuah masjid yang megah namun bukan difungsikan untuk ibadah umat muslim, melainkan dijadikan tempat gudang persenjataan. Soekarno yang dikenal sebagai tokoh yang berpengaruh dalam perang dingin melawan pihak barat kemudian terbang ke Moskow untuk pembicaraan tingkat tinggi mengenai perang dingin yang terjadi. 

Pada saat itulah kemudian Soekarno menyampaikan rasa kecewa ketika melihat masjid yang megah namun digunakan untuk gudang persenjataan. Setelah seminggu kemudian, Seorang petinggi pemerintah setempat mengabarkan bahwa masjid di St. Petersburd yang telah menjadi gudang pasca revolusi Bolshevic tersebutg bisa dibuka lagi untuk beribadah umat Islam, tanpa persyaratan apapun. Alhasil, karna jasa Presiden Indonesia peratama itulah masyarakat muslim St. Petersburg kemudian memberi nama masjid tersebut dengan sebutan Masjid Biru Soekarno.

Mesir
Lima Negara Yang Mengabadikan Nama Soekarno

Mesir dan Indonesia pernah menjalin hubungan yang sangat harmonis di kedua belah pihak. Kemesraan tersebut terjalin di era kepemimpinan Soekarno. Ketenaran Soekarno di mata dunia memang sangatlah terasa, tidak terkecuali Mesir yang notabenya memiliki penduduk mayoritas Islam, sama dengan Indonesia. Presiden dan wakil presiden yang memeluk agam islam sebagai keyakinannya menjadikan mesir bangga. 

Sehingga kemudian Mesir mengabadikan nama Presiden dan wakil presiden Indonesia pertama menjadi nama salah satu jalan di Mesir. Jalan tersebut dinamai dengan sebutan jalan Ahmad Soekarno diaman Ahmad adalah nama dari Muhammad hatta dan Soekarno adalah nama Presiden Pertama kita.

Maroko 

Lima Negara Yang Mengabadikan Nama Soekarno

Kalian pernah liat film Horor Terowongan Casablanca, ya jalan yang ada di Jakarta tersebut adalah nama sebuah Kota di Maroko. Penamaan tersebut tentu bukan tanpa alasan. Indonesia dan Maroko telah menjalin hubungan yang erat sehingga Indonesia lantas menamai salah satu jalan yang sekarang menjadi jalan yang terkenal dan fenomenal yakni jalan Casablanca. 

Namun bagaimana degan maroko, apakah melakuakan hal yang sama. Ya, maroko bahkan memberi nama jalan di ibukota ibu kota maroko, Rabat dengan nama jalan Soekarno. Hal tersebut dikarenakan Presiden Soekarno adalah pencetus Konferensi Asia Afrika (KAA) pada Tahun 1955. Hasil KAA kemudian mulai dirasakan oleh negara-negara peserta yang salah satunya adalah Maroko. Atas dasar itulah kemudian Maroko memberikan penghargaan penamaan jalan Soekarno.

Pakistan

Lima Negara Yang Mengabadikan Nama Soekarno

Setelah sebelumnya Maroko, Rusia dan Mesir, negara berikutnya yang lakukan hal yang sama yakni Pakistan. Pakistan sendiri memberikan penghargaan tersebut karena jasa bung karno yang telah mengirim TNI AL berparoli di lau selatan Pakistan Saat Konflik Pakistan dan India. Karena Jasa tersebut Pakistan kemudian Pakistan begitu menghormati Bung Karno. Ada dua tempat di Pakistan yang dinamai dengan nama beliau yakni Soekarno Square Khyber Bazar di Peshawar, dan Soekarno Bazar, di Lahore 

Kuba
Lima Negara Yang Mengabadikan Nama Soekarno

Pada tahun 2008, Kuba memperingati HUT ke-80 Fidel Castro. Namun ada yang menarik pada hari peringatan tersebut. Ya, Peringatan tersebut dibuat sebuah Perangko seri Bung Karno dan Fidel Castro. Perangko yang memiliki nilai historis dan patriotik tersebut dibuat dalam rangka mengenang hubungan kedua negara yang harmonis. 

Soekarno sendiri memang pernah melakukan kunjungan ke Havana, Kuba, pada tanggal 9 hingga 14 Mei 1960. Kedatangan Soekarno menjadikannya sebagai tokoh inspirasi revolusi Kuba yang disejajarkan dengan tokoh-tokoh besar lainnya. 

Nah itulah kawan beberapa negara yang mengabadikan nama presiden pertama Indonesia, memang presiden pertama kita memiliki kharisma serta pengaruh yang besar bagi semua orang, bukan hanya orang Indonesia saja tetapi juga seluruh dunia.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.