Macam-Macam Penawaran Diskon Yang Harus Anda Ketahui

AnakRegular | inilah beberapa macam penawaran harga diskon saat berbelanja yang harus dan wajib Anda ketahui, jangan sampai Anda tertipu dengan barang yang Anda beli.

Macam-Macam Penawaran Diskon Yang Harus Anda Ketahui

Macam-macam penawaran diskon harus Anda ketahui - Sejatinya belanja merupakan salah satu kegiatan yang paling banyak disukai dan dilakukan oleh kaum wanita. Hampir setiap hari banyak wanita yang menghabiskan waktunya di mall guna memilih dan memilah barang untuk dibelinya. Apalagi jika sedang musim diskon hasrat untuk berbelanja pun tak bisa terbendung lagi.

Potongan harga, diskon, kupon merupakan salah satu strategi pemasaran yang ditawarkan penjual untuk menarik konsumen agar mau membeli produknya. Strategi pemasaran ini memang cukup berhasil, tak jarang barang yang dikasih diskon hampir selalu habis terjual.

Namun apakah Anda tahu, jika beberapa penjual akan menaikkan harga sebelum menjual, lalu menempelkan diskon supaya tampak terlihat murah dan menguntungkan konsumen. Ataukah Anda pernah berpikir, jika para penjual menggunakan diskon untuk menghabiskan stok lama yang tersimpan di gudang?

Bagaimana Anda menyikapi diskon selama ini? Apakah Anda adalah orang-orang yang beruntung bisa membeli barang saat harga sedang murah? Atau kan Anda hanya menjadi korban yang tergoda akan strategi pemasaran yang dilakukan para penjual? Berikut adalah berbagai jenis diskon yang harus Anda ketahui, sebelum Anda berbelanja :

Macam-macam diskon yang wajib Anda tahu :

Kupon

Biasanya ada beberapa syarat untuk mendapatkan kupon agar bisa belanja dengan lebih murah. Salah satunya dengan pembelian dalam jumlah tertentu, kemudian Anda akan dapat kupon diskon untuk pembelian berikutnya.

Hati-hati dengan penawaran ini ya... Anda yang tergoda, akan berusaha melakukan pembelian untuk mencapai nilai yang disyaratkan untuk mendapatkan kupon. Padahal, barang yang kamu beli belum tentu diperlukan.

Lain halnya jika kamu memang butuh barang dalam jumlah banyak sehingga nilai pembelian Anda mencukupi syarat untuk mendapatkan kupon. Pada saat membayar belanjaan, justru kupon akan menjadi hadiah yang tak terduga.

Buy One Get One Free

Penawaran produk buy one get one free menguntungkan. Sebab Anda bisa bayar satu harga, untuk mendapatkan dua barang sekaligus. Tapi, biasanya diskon jenis ini hanya berlaku untuk produk sejenis. Kalau Anda memang ibu rumah tangga yang butuh persediaan minyak goreng, deterjen, atau sabun pencuci dalam jumlah banyak, tentu diskon ini sangat bermanfaat. 

Tetapi, kalau diskon ini ditawarkan untuk penjualan pakaian, coba pikir lagi deh. Apakah kamu memang butuh dua pakaian dengan model yang sama? Untuk kondisi ini, Anda jangan mudah tergoda penawaran buy one get one free ya…

Potongan harga

Menurut strategi pemasaran berdasarkan ilmu psikologi, tawaran potongan harga ampuh untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Orang lebih suka membeli baju seharga Rp 90 ribu dengan diskon 50 persen, ketimbang pakaian seharga Rp45 ribu tanpa diskon. Sebab, konsumen berpikir telah beruntung membeli barang mahal dengan harga murah. 

Selain itu, orang akan lebih tertarik jika label yang dipasang di atas produk dalam besaran persen, bukan dengan potongan dalam nilai mata rupiah tertentu. Apakah Anda juga tipe orang yang mudah tergoda dengan penawaran seperti itu?

Cuci Gudang

Ada bulan-bulan tertentu di mana penjualan departement store mengalami penurunan. Misalnya ketika tak ada tanggal merah di kalender atau saat tak ada event khusus. Pengelola pusat perbelanjaan akan mengeluarkan produk lama untuk menghabiskan stok di gudang. 

Anda akan menemukan cheongsam bagus dengan harga murah, padahal belum tiba waktunya Tahun Baru Imlek. Kamu juga bisa membeli baju muslim model unik yang cantik yang harganya tak sampai menguras kocek Anda, pada saat Lebaran sudah lewat.

Jenis diskon ini tentu tidak cocok buat Anda yang selalu ingin tampil dengan mengikuti tren terbaru. Sebab, bila baju diskon cuci gudang kamu pakai pada Lebaran tahun depan, tentu modelnya sudah ketinggalan zaman.

Diskon kartu kredit

Pada bulan bulan tertentu, sebuah toko barang elektronik menjual barang dengan penawaran gila-gilaan. Sebuah televisi layar datar dijual dengan harga yang jauh di bawah pasar. Syaratnya, harus dibayar dengan kartu kredit.

Kartu kredit memang memberikan diskon untuk berbagai produk dari merchant yang bekerja sama dengan penerbit kartu. Banyak penawaran menarik yang bisa Anda dapatkan dengan pembayaran menggunakan kartu kredit. 

Keuntungan ini membuat Anda ingin membuat kartu kredit kedua, ketiga dan seterusnya. Tapi, jangan sampai kamu membuat kartu kredit sebanyak-banyaknya hanya demi mengejar diskon. Apalagi kalau ternyata Anda tidak mampu melunasi semua tagihannya di akhir bulan.
Jadi, tetap belanja dengan cermat ya.. Manfaatkan penawaran diskon dengan bijak, agar dompet tak malah jadi cekak.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.