Pentingnya Minum Susu Bagi Orang Dewasa

AnakRegular | Walaupun sudah dewasa dimana pertumbuhan mulai terasa berhenti, susu masih penting bagi kita.

Pentingnya Minum Susu Bagi Orang Dewasa

Banyak yang mengira bahwa orang dewasa tidak memerlukan susu lagi karena sudah mengalami pertumbuhan yang optimal. Padahal susu diperlukan semua umur, termasuk juga orang dewasa. Hanya, pola konsumsi anak-anak dan dewasa yang berbeda.

Bagi anak-anak susu menjadi salah satu zat gizi utama yang diperlukan untuk tumbuh kembang mereka. Sedangkan bagi orang dewasa, kalsium dan protein yang didapat dari susu bisa menjadi "tabungan" bagi tubuh.

Proses pembentukan tulang terjadi lebih banyak pada masa anak-anak hingga remaja dan usia 30 tahun merupakan masa tulang puncak, Pada usia ini penyerapan tulang lebih banyak dengan pembentukannya.

Kadar kalsium di dalam tubuh selalu dipertahankan dalam batas normal. Jika kadar kalsium di dalam darah turun, maka untuk mempertahankannya akan mengambil cadangan kalsium yang ada di tulang maupun yang berasal dari asupan makanan.

Memang , pengambilan kalsium dari tulang tidak langsung menyebabkan pengeroposan pada tulang. Kejadiannya bertahap dan terjadi pada beberapa tahun kemudian. Namun jika tidak ada asupan kalsium, pengeroposan bisa saja terjadi lebih cepat dan tanpa sadar tulang kita susunannya sudah tidak kompak dan mulai keropos.

Dengan mengkonsumsi susu secara rutin kadar kalsium dalam darah selalu normal sehingga mengurangi pengambilan cadangan kalsium dari tulang. Jika kita mengkonsumsi susu sedari kecil sampai menutup mata, itu merupakan sebuah keberuntungan.

Susu merupakan sumber kalsium yang paling baik dibandingkan dengan makanan dan minuman lainnya karena susu paling mudah diserap oleh tubuh. Tanpa disadari kita pun memiliki banyak tabungan kalsium dan tulang lebih sehat.

Selain itu, susu juga merupakan sumber protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Keuntungan lain jika kita minum susu dari kecil hingga dewasa adalah saluran pencernaan kita lebih terbiasa.

Karena nya saat ini banyak orang dewasa yang sudah tidak bisa lagi minum susu, mungkin karena tidak suka dengan aroma dan rasa susu, alergi atau karena intoleransi laktosa. Intoleransi Laktosa sendiri merupakan ketidakmampuan tubuh untuk mencerna laktosa ( Gula yang terdapat dalam susu) akibat sedikit atau tidak diproduksinya lagi enzim laktase pada masa dewasa.

Laktase yang tidak tercerna oleh enzim laktase, di dalam saluran pencernaan akan menyebabkan pembentukan gas yang berlebihan dan diare. Itulah sebabnya mengapa sebaiknya kita harus tetap minum susu, meskipun sudah dewasa agar kita tetap memiliki jumlah enzim laktase yang cukup.

Tidak ada aturan seberapa banyak dan sering kita harus mengonsumsi susu. Susu bisa diminum di pagi hari saat sarapan atau bisa juga di malam hari ketika ingin tidur. Namun susu bisa jadi tidak baik apabila masih mengonsumsi yang tinggi lemak.

Susu yang tinggi lemak pada orang dewasa tidak diperlukan lagi. Sebaiknya jika ingin terus mengonsumsi susu, pilihlah susu yang rendah lemak dan tinggi akan kandungan protein serta kalsiumnya.

Perlu diingat, walaupun susu merupakan bahan makanan yang baik, kita tidak boleh berlebihan saat mengonsumsinya, karena segala sesuatu yang baik jika dikonsumsi secara berlebihan tidaklah baik.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.