Peraturan Unik sekolah di Korea Selatan





AnakRegular - Inilah beberapa tradisi - peraturan unik yang dilakukan sekolah di Korea Selatan, dimana terbukti telah membentuk kepribadian serta kualitas siswa yang lebih baik, tak heran bila banyak siswa siswa Korea Selatan yang memiliki masa depan yang cerah dari yang lainnya :

Peraturan Unik sekolah di Korea Selatan

Peraturan Unik sekolah di Korea Selatan -  Bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah, atau orang tua yang sedang menyekolahkan anaknya, tentunya mempunyai buah hati yang berprestasi adalah suatu keinginan. Untuk itu para orang tua selalu memberikan pendidikan serta sekolah terbaik bagi anak-anaknya. 

Bagi siswa sendiri mematuhi segala peraturan yang diterapkan sekolah adalah suatu kewajiban. Dengan begitu pihak sekolah bisa memaksimalkan potensi yang ada untuk menyongsong masa depan lebih baik bagi setiap siswanya.

Untuk mewujudkan itu semua, tentunya setiap negara pasti mempunyai ciri khas masing-masing dalam membentuk sebuah cara atau tradisi di sekolah. Tradisi tersebut tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan dan juga karakter masyarakat dari negara tersebut. 

Meskipun beberapa diantaranya terdengar aneh, tapi siswa dan orang-orang yang terlibat dengan senang hati melakukannya. Seperti apa yang dilakukan para siswa di Korea Selatan ini.

Negara yang terkenal dengan salah satu produk gadgetnya ini menerapkan sebuah sistem pendidikan yang bisa dibilang lebih ketat dan disiplin. Selama mereka masih menyandang status siswa, maka hampir seluruh waktu sehari-harinya dihabiskan di ruang sekolah. Ini memang tuntutan dari negara tersebut yang ingin terus meningkatkan kualitas SDM nya.

Berikut adalah beberapa tradisi unik dan menarik dari sekolah Korea Selatan yang bisa Anda tiru di sekolah Anak Anda kelak :

Sekolah Selama 18 Jam

Siswa SMA di Korea menghabiskan hampir seluruh waktunya di sekolah. Durasi wajib belajar mereka di sana adalah 18 jam. Mereka mulai masuk dari jam 8 pagi dan baru berakhir jam 9 malam.

Ini dilakukan karena tuntutan para siswa agar bisa masuk ke perguruan tinggi favoritnya. Persaingan masuk ke perguruan tinggi di Korea sangat ketat. Untuk itu, tidak jarang siswa di sana masih menambahkan jam belajar nya lewat les private atau belajar bersama. 

Sangat Menghormati Guru

Di Korea ada sebuah pepatah 'Guru sama mulianya dengan Tuhan'. Para siswa sangat dituntut menghormati gurunya. Ini sudah berlaku sejak dulu bahkan sebelum Perang Korea pecah.

Tradisi positif ini tentu saja berdampak pada tingkat serapan materi yang diberikan oleh guru kepada siswanya. Siswa akan lebih fokus tanpa dan benar-benar melakukan instruksi seorang guru. Tidak heran, guru menjadi salah satu profesi paling bergengsi di sana.

Punya Sepatu Khusus Siswa dan Guru

Jika kita di sini selalu memakai sepatu yang sama di sekolah, lain halnya ketika sekolah di Korea. Tradisi memakai sepatu selop khusus di sana terbilang unik. Dampaknya, lingkungan sekolah tampak lebih bersih.

Tradisi ini sama dengan yang ada di Jepang yang disebut dengan 'uwabaki'. Sekolah menyediakan sepatu khusus untuk digunakan di dalam ruang kelas. Mereka baru menggunakan sepatu outdoor ketika ada kelas khusus seperti olahraga.

Tidak Ada Tisu Di Toilet

Toilet di sekolah Korea Selatan tidak menyediakan tisu bagi para siswa. Terdengar menjijikkan memang. Namun, pihak sekolah mempunyai tujuan khusus dalam hal ini.

Para siswa dituntut membawa tisu toilet sendiri di sekolah. Ini supaya mereka bisa sadar dan mandiri dengan kebersihan mereka. Disiplin tingkat tinggi memang diterapkan untuk mempersiapkan mereka di masa depan.

Menu Makanan Sama dan Menyehatkan

Sekolah di sana menyediakan menu makan siang bagi para siswa. Menu yang disediakan pun sangat sehat dan lezat. Ini agar siswa juga terjamin asupan nutrisi dan bisa memaksimalkan potensi otak sebagai penyerap utama materi-materi sekolah.

Menu yang mereka sediakan juga diproses dengan baik. Semua bahan yang digunakan masih fresh tanpa harus dipanaskan di microwave. Memang membutuhkan biaya tidak sedikit, namun ini juga demi masa depan mereka selaku penopang kehidupan bagi negara Korea Selatan.

Korea dengan budaya dan tradisi di sekolah yang unik dan terkesan sangat ketat memang bukan tanpa maksud. Apa yang mereka lakukan adalah berdasarkan pengalaman dan sesuai dengan karakter masyarakat Korea yang bekerja keras. Hal yang baik ini mungkin patut dicontoh di negara kita.

Semoga sekolah sekolah yang ada di seluruh Indonesia bisa mencontoh dan memberikan yang terbaik bagi setiap siswanya, jangan terus memperkeruh dengan biaya sekolah yang setiap tahunnya terus saja meningkat. Tapi kualitas serta sarana dan prasarana sekolah tetap-tetap saja.





Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com dengan judul "Peraturan Unik sekolah di Korea Selatan" Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.
Loading...

0 Response to "Peraturan Unik sekolah di Korea Selatan"

Post a Comment

Silahkan berkomentar Sesuai dengan Topik yang dibahas..