Tidur 8 Jam Sehari Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

AnakRegular | Tidur 8 jam sehari ternyata berdampak buruk bagi kesehatan karenanya tubuh akan merasa letih dan lelah ketika bangun di pagi hari.

Tidur 8 Jam Sehari Ternyata Tidak Baik Bagi Kesehatan

Tidur merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan setiap makhluk hidup. Selain itu tidur juga menjadi salah satu kunci manusia untuk memperoleh energi yang kuat, karena kegiatan "Tidur" memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Saat tidur tubuh akan berfungsi secara otomatis mulai dari membersihkan racun yang masuk kedalam tubuh, mengembalikan energi yang terpakai akibat beraktivitas yang padat selama seharian, serta menyegarkan kembali otak yang tentunya akan merasa segar kembali ketika bangun tidur.

Kita pasti selalu dengar, tidur selama 6-8 jam dalam sehari merupakan tidur yang sangat efektif dan sangat menyehatkan bagi tubuh kita. Namun baru-baru ini sebuah penelitian baru yang dipimpin oleh profesor Jim Horne dari Loughborough University Sleep Research Center mengatakan jika tidur 8 jam dalam sehari ternyata tidak baik bagi kesehatan.

La koq bisa ?

Dalam penelitiannya profesor Jim Horne, menyatakan jika gagasan seseorang membutuhkan tidur malam delapan jam merupakan konvensi modern yang berujung pada rasa letih di pagi hari.
“Manusia berevolusi dan begitu juga dengan gaya tidur. Zaman sekarang, lebih disarankan untuk mendapatkan waktu tidur yang lebih fleksibel dan terfragmentasi. Pembagian waktu tidur seperti tidur siang yang maksimal,” jabar Horne.
Menurut Horne, tidur siang selama 15 menit tetapi maksimal sama dengan tidur malam satu jam yang berkualitas. Zaman dahulu, kata Horne, pembagian waktu tidur merupakan ritual yang lazim.

Pembagian waktu tidur yang dimaksud oleh Horne adalah meliputi tidur siang selama 15 menit, tidur dua jam sebelum waktu makan malam, dan sisanya tidur malam hingga pagi hari.
“Tidur menjelang tengah malam selama tiga hingga empat jam tanpa interupsi, lalu bangun untuk doa malam, dan lanjutkan tidur hingga pagi. Pola tidur yang seperti ini efektif mengembalikan stamina tubuh untuk beraktivitas,” urainya.
Pola tidur malam yang direkomendasikan oleh Horne tidak mencapai delapan jam. Namun, Horne mengatakan bahwa itu pun sudah cukup selama kualitas tidur Anda baik dan tidak terganggu.

Kemudian, Horne juga menjelaskan, rasa panik dan cemas karena terbangun setelah tengah malam sehingga Anda berpikir tidur Anda tidak cukup, justru semakin membuat Anda lelah karena takut tidak bisa bangun pagi.

Kekhawatiran yang demikian, kata Horne, menjadi menambah beban otak yang seharusnya lebih santai serta rileks di waktu malam.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.