5 Kasus Hilang Ingatan Paling Aneh di Dunia

Ingatan merupakan kemampuan alami yang dimiliki manusia, setiap orang akan selalu mengingat berbagai hal yang dianggap paling mengesankan atau paling berpengaruh bagi dirinya. Untuk itu banyak orang di dunia ini yang tak ingin kehilangan ingatan dari otaknya. Namun meski begitu ada juga orang-orang yang justru ingin menghilangkan ingatannya akan sesuatu yang menyiksa dirinya.

Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia, ingatan manusia yang tersimpan dalam memori otak sewaktu-waktu bisa menghilang atau terhapus. Selain itu faktor kecelakaan dan kepala terbentur bisa juga menjadi penyebab orang-orang hilang akan ingatannya. Bagi mereka yang hilang ingatan sering kita sebut dengan Amnesia.

Hilang ingatan ibarat flasdisk tanpa ada isi, semua informasi dan kenangan mendadak hilang dalam otak kita. Ada yang tak tahu dengan identitas diri sendiri ada pula yang tidak mengenal dengan orang-orang sekitar. Semua kembali dari nol seperti bayi yang baru dilahirkan. 

Meski begitu ada pula kasus hilang ingatan yang aneh dimana orang yang hilang ingatan malah bisa menguasai kemampuan tertentu. Seperti orang-orang hilang ingatan berikut ini. Salah satunya ada yang menguasai lima bahasa dikala ingatan aslinya menghilang.

5 Kasus Hilang Ingatan Paling Aneh di Dunia


Pria ini kuasai lima bahasa tapi idap amnesia

Kepolisian Norwegia tengah bingung lantaran ada seorang lelaki amnesia lupa namanya. Namun lelaki ini fasih lima bahasa. Kantor berita Associated Press melaporkan, Selasa (8/4), Ibu Kota Oslo menyebarkan foto lelaki itu ditemukan dalam kondisi tengah kedinginan di atas gundukan salju pada akhir tahun lalu. Hingga kini dia tak dapat mengetahui identitasnya dan dari mana dia berasal.

Lelaki itu berusia sekitar 20 tahun dan menguasai bahasa Inggris, Republik Ceko, Slowakia, Polandia, dan Rusia. Tingginya sekitar 187 sentimeter dan mempunyai mata biru serta berambut kemerahan. Kepolisian Norwegia mencoba mencari datanya lewat interpol namun belum berhasil. Sementara ini polisi menamai dia John Smith.

Perempuan ini menganggap usianya tetap 15 tahun

Bayangkan diri Anda terbangun dari tidur, merasa masih remaja, namun ketika melihat ke kaca Anda melihat bayangan wanita dewasa berusia 32 tahun. Tentunya Anda akan merasa kaget dan bingung setengah mati. Ini bukan guyonan atau hanya terjadi pada film saja. Naomi Jacobs, seorang wanita asal Manchester benar-benar mengalaminya.

Naomi Jacobs tidur sebagai wanita berusia 32 tahun pada tahun 2008. Namun ketika terbangun keesokan harinya, Naomi percaya dia masih berusia 15 tahun. Dia bahkan percaya bahwa John Mayor masih menjabat sebagai Perdana Menteri dan sangat terkejut ketika melihat teknologi-teknologi canggih seperti smartphone, tablet, dan DVD. Dia bahkan kaget dengan rumahnya sendiri.

Menurut pemeriksaan, Naomi terkena amnesia disosiatif, sebuah bentuk hilang ingatan akibat stres. Hal terakhir yang diingatnya adalah dia sedang tidur di tempat tidurnya saat masih remaja dan bermimpi tentang anak lelaki yang ditaksirnya. Naomi bahkan kaget ketika ada seorang anak lelaki berusia 10 tahun yang memanggilnya ibu.

"Semuanya bercampur, dari senang hingga takut ketika aku bertemu dengan anak lelaki ini. Aku tak ingat pernah melahirkannya, namun aku sangat yakin dia anakku karena dia sangat mirip denganku. Aku langsung takut karena merasa harus bertanggung jawab pada anak sekecil ini," ungkap Naomi.

Amnesia semacam ini terjadi pada lima dari 100.000 orang di Britania Raya dan bisa dipicu oleh stres ekstrem. Sebelum itu, Naomi diketahui tengah mengurusi bisnisnya, belajar untuk gelarnya, dan baru saja bercerai dari ayah anaknya.

Naomi kehilangan semua memori emosionalnya, tetapi semua memori tentang kemampuannya tetap ada. Dia tetap bisa menyetir dan menggunakan telepon genggam. Dia saat ini berusaha mengembalikan ingatannya melalui diary dan ingatan dari orang-orang terkasihnya. Naomi juga menulis kisahnya sebagai buku yang diberi judul "Forgotten Girl".

Perempuan ini menganggap setiap hari adalah 15 oktober 2014

Perempuan asal Northamptonshire, Inggris, bernama Nikki Pegram, 28 tahun, mengalami kondisi medis yang langka. Setelah insiden jatuh yang mengenai kepalanya dia kini mengidap amnesia aneh namun unik: dia menganggap setiap hari adalah 15 Oktober 2014, hari ketika dia jatuh.

Kondisi medis itu membuat otak Pegram tidak bisa menyimpan ingatan baru. Akibatnya Pegram tak bisa mengingat kejadian yang baru saja terjadi, seperti dilansir koran the Independent, Kamis (10/9). Pegram berhasil bertahan hidup dengan bantuan catatan dan membaca buku harian setiap pagi.

Kini menurut Departemen Tenaga Kerja dan Pensiun, Pegram sudah bisa bekerja seperti orang biasa. "Dia dinyatakan bisa bekerja karena sudah bisa berjalan 200 meter dan bisa bicara tanpa gagap," kata teman Pegram, Chirs Johnston kepada BBC News.

Wanita ini hilang ingatan usai berhubungan seks

Saat Anda telah berpasangan, berhubungan seks merupakan hal yang wajib untuk Anda lakukan dengan pasangan Anda. Sebab hubungan seks mampu menambah kedekatan antara Anda berdua serta meningkatkan kesehatan tubuh. Tak hanya itu saja, lewat beberapa penelitian yang telah dilakukan, hubungan seks mampu menurunkan stres sebab terjadi pelepasan hormon oksitosin yang akan membuat Anda menjadi rileks.

Walaupun telah diketahui bahwa hubungan seks bermanfaat besar untuk kesehatan, sebuah laporan kesehatan yang dilansir dari dailymail.co.uk mengungkapkan fakta mengejutkan. Lewat jurnal kesehatan Japanese Journal of Psychiatry and Neurolology pada tahun 1993, disebutkan bahwa seorang wanita mengalami hilang ingatan secara temporer setelah berhubungan seks. Untungnya, ingatannya kembali setelah 6 jam kemudian.

Para dokter yang meneliti hal ini pun mengambil kesimpulan bahwa saat Anda berhubungan seks maka terjadi peningkatan tekanan darah yang signifikan. Selanjutnya, tekanan darah Anda juga akan turun secara cepat dan kemudian menyebabkan penurunan sementara terhadap pasokan oksigen di otak. Hasilnya, sel otak Anda menjadi kaku dan mempengaruhi ingatan Anda. 

Hal tersebut memang terdengar mengejutkan. Namun nyatanya hubungan seks mampu memberikan efek buruk tersebut. Oleh karena itu para peneliti pun menyarankan Anda agar melakukan hubungan seks secara perlahan dan tidak terburu-buru demi stabilnya tekanan darah.

Hilang ingatan, wanita ini ditemukan keluarganya 12 tahun kemudian

Pada 1985 Jody Roberts, 26 tahun, tinggal di Tacoma, Washington, Amerika Serikat. Dia bekerja sebagai reporter di Tacoma News Tribune. Pada bulan Mei di tahun itu teman-teman Roberts dan keluarganya menyadari ada perubahan dalam diri perempuan itu. Dia mulai sering mabuk-mabukan dan malas mengurus diri sendiri.

Pada 20 Mei tahun itu Roberts hilang secara meisterius. Dia baru ditemui keluarganya 12 tahun kemudian. Yang tidak pernah diketahui, lima hari setelah 20 Mei itu, dia terlihat sedang berjalan-jalan di sebuah mall di Aurora, Colorado, lebih dari 1.600 kilometer dari rumahnya. Dia tidak membawa kartu identitas apa pun tapi punya sebuah kunci mobil Toyota. Dia kemudian dibawa ke rumah sakit di Denver. Dokter kemudian menyatakan dia mengalami amnesia.

Karena tak bisa mengingat masa lalunya, Roberts kemudian membuat identitas baru dengan nama Jane Dee. Dia mendapat pekerjaan di sebuah restoran makanan cepat saji dan mendaftar di Universitas Denver. Setelah menikah dengan seorang nelayan di Sitka, Alaska, dia mempunyai dua anak perempuan kembar. Dia lalu bekerja sebagai pembuat situs Internet.

Pada 1997 salah satu rekan kerja Jane Dee mengenali wajah Jody Roberts di sebuah berita di Seattle.  Roberts akhirnya kembali kepada keluarga dan teman-temannya tapi dia tetap tidak bisa mengingat masa lalunya. Hingga kini tidak diketahui bagaimana dia bisa ada di Colorado.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.