6 Benda Elektronik Revolusioner yang Kini Hilang dan Dilupakan

AnakRegular | Inilah Enam Benda Elektronik di Masa lalu yang kini sudah hilang dan mulai di lupakan oleh banyak orang.

Seiring waktu berjalan dan teknologi semakin berkembang berbagai penemuan telah banyak dikembangkan. Ponsel, komputer dan otomotif setiap harinya terus berubah, banyak produk baru bermunculan yang selalu membuat kita ingin segera membelinya. Saat ini manusia telah dimanjakan dengan berbagai fasilitas canggih yang sangat menggoda. Tak heran banyak orang saling berlomba untuk mendapatkan berbagai macam gadget canggih yang dijual di pasaran.

Selain itu sanksi sosial yang menyakitkan akan menghampiri mereka yang tak ngikutin perkembangan zaman. Sering kali mereka di ejek "katrok" dan "norak" jika tidak memakai perangkat baru yang katanya sangat canggih dan mewah. Atau dibilang ketinggalan zaman jika masih memakai ponsel dengan layar hitam putih atau walkman yang masih menggunakan CD sebagai media penyimpanan datanya.

Memang barang barang seperti ponsel layar hitam putih atau walkman dengan kaset CD sudah out date banget. Bahkan penerus nya sudah di rombak beberapa kali. Meski demikian, perangkat-perangkat tersebut bagi banyak orang masih dianggap sangat canggih di masa lalu dan akan selalu berbekas di ingatan banyak orang. Benda-benda tersebut telah menjadi benda revolusioner yang banyak membawa perubahan.

Berikut adalah beberapa perangkat atau gadget di masa lalu yang mungkin pernah menjadi pengisi hari-hari indah kita di masa lalu. Meski sekarang keberadaannya sudah tidak diketahui lagi bahkan sudah ada yang punah dan tak ada yang mengingatnya. Mari kita sejenak bernostaglia dengan perangkat super keren di masa lalu yang mulai di lupakan banyak orang.

6 Benda elektronik Revolusioner di masa lalu yang sudah hilang dan dilupakan :

Nokia 3310
6 Benda Elektronik Di Masa Lalu Yang Kini Hilang dan Dilupakan

Awal tahun 2000-an, ponsel nokia 3310 dianggap sebagai ponsel paling canggih. Penemuan ponsel ini menjadi cikal bakal ponsel pintar yang sekarang ada dan menjamur di berbagai kalangan masyarakat. Nokia 3310 sangat besar namun ringan dan mudah dibawa ke mana-mana ketimbang ponsel pendahulunya yang mirip bata. Memiliki ponsel ini di masa lalu sudah seperti anak kekinian. Ya, meski fiturnya masih sangat sederhana!

Tak ada Facebook, tak ada BBM, hingga Line. Ponsel ini hanya mampu digunakan untuk saling berkirim pesan dan juga telepon. Saat ini, ponsel yang sukses membantu komunikasi banyak orang ini dianggap sebagai benda rongsokan dan mulai hilang dari ingatan banyak orang. Meski demikian, ponsel Nokia 3310 adalah ponsel bersejarah dengan jumlah pengguna terbanyak hingga dijuluki sebagai “ponsel sejuta umat”!

Disket ( Floopy Disc)

6 Benda Elektronik Di Masa Lalu Yang Kini Hilang dan Dilupakan

Sebelum muncul Flash Disk atau Hardisk eksternal, Disket dianggap sebagai perangkat elektronik paling revolusioner dalam menyimpan data. Semua orang yang memiliki komputer pasti memakai perangkat yang super “gampang” rusak ini. Jatuh sedikit maka data di dalam disket bisa rusak. Akhirnya kita selalu memperlakukan perangkat ini dengan lebih berhati-hati.

Sekarang? Disket benar-bena benda rongsokan dan dilupakan banyak orang. Hampir semua komputer tak ada yang menggunakan alat ini untuk media penyimpanan data. Semua sudah menggunakan Flash Disk, dan sejenisnya. Akhirnya, lambat laun disket mulai susah dicari hingga mungkin tak diproduksi lagi. Adakah di antara anda yang tak pernah memakai peralatan revolusioner canggih ini?

Kamera yang Memakai Film

6 Benda Elektronik Revolusioner yang Kini Hilang dan Dilupakan

Memiliki kamera (ada yang menyebutnya “Tustel”) adalah hal yang hebat di masa lalu. Tua, muda akan bolak-balik ke studio foto untuk mengisi film, mencuci film, hingga mencetaknya dalam selembar foto. Saat ini mungkin masih ada kamera ini, namun fungsinya telah digantikan oleh kamera digital yang jauh lebih canggih.

Meski demikian, kamera jenis ini adalah terobosan baru dalam dunia perfotoan. Orang tak lagi harus susah-susah ke studio foto untuk mengabadikan momen berharganya. Di antara anda semua masihkah ada yang menyimpan kamera bersejarah ini? Atau telah membuangnya karena dianggap tak berguna seperti barang rongsokan?

Telepon Rotary

6 Benda Elektronik Revolusioner yang Kini Hilang dan Dilupakan

Penemuan telepon dianggap sebagai terobosan super hebat dalam dunia komunikasi. Kita tak perlu lagi mengirim surat yang datangnya bisa saja lama. Telepon adalah komunikasi jarak jauh yang real-time. Dalam perkembangannya, telepon masih menggunakan telepon rotary. Kita harus memutar angka-angka yang sesuai dengan tujuan kita.

Saat ini telepon kabel sudah lebih digital, kita tak lagi menggunakan mesin lawas seperti gambar di atas. Hayo, di antara anda semua adakah yang masih menggunakan telepon kabel seperti ini di rumah? Sepertinya tak ada ya? Anda semua pasti menggunakan telepon kabel yang lebih canggih, atau ponsel pintar yang bisa digunakan untuk banyak hal. Termasuk membaca ini sekarang!

Mesin Ketik

6 Benda Elektronik Revolusioner yang Kini Hilang dan Dilupakan

Jika mesin keti tak ditemukan, mungkin saat ini kita masih terus menulis menggunakan tangan. Coba bayangkan buku-buku yang anda baca, semua menggunakan tulisan tangan! Hmm, kalau tulisannya bagus sih enggak masalah. Kalau tulisannya enggak jelas? Wah bisa pusing! Untunglah peralatan revolusioner ini diciptakan hingga akhirnya berkembang canggih hingga sekarang.

Mesin ketik saat ini mungkin sudah jarang yang pakai. Kalau pun ada pasti di kantor-kantor pinggiran kota. Saat ini, segala hal yang berhubungan dengan pengetikan, surat-menyurat dan sejenisnya dilakukan dengan komputer atau laptop. Mesin ketik mungkin sudah seperti barang rongsokan sekarang, namun benda ini dianggap sebagai benda antik hingga kadang harganya jauh melambung!

Walkman dan Discman

6 Benda Elektronik Revolusioner yang Kini Hilang dan Dilupakan

Orang yang kekinian banget di masa lalu adalah mereka yang menggunakan Walkman atau Discman. Hampir semua anak muda pasti punya perangkat yang sekarang sudah jarang ada. Atau bahkan dianggap seperti benda rongsokan. Saat ini kita cenderung menggunakan Ipod atau juga ponsel untuk media penyimpanan lagu yang lebih efisien dan bentuknya lebih enak dikantongi.

Walkman dan juga Discman membutuhkan baterai. Biasanya kita akan membawa charger untuk mengisi baterai. Jika di jalan baterai habis artinya perangkat revolusioner ini tak bisa digunakan lagi. Adakah yang masih menyimpan benda pemutar musik sangat bersejarah ini? Jangan dibuang ya, siapa tahu nanti jadi mahal karena banyak kolektor yang mencari.

Nah itulah kawan, sekiranya benda elektronik di masa lalu yang sangat dekat dengan kehidupan orang dulu. Ponsel nokia dan mesin ketik sejatinya sudah pernah menjadi kenangan dan kebanggaan bagi kita yang hidup di masa lalu. Orang yang terlahir di era sekarang belum tentu bisa merasakan kebahagiaan bagaimana ketika kita mengetik dengan mesin ketik atau menelpon dengan ponsel nokia 3310 yang begitu wah dan menggoda.

Teringat akan suatu pepatah masa lalu memang tak bisa di lupakan, bagi mereka yang pernah merasa hidup di masa lalu tentunya akan selalu ingat dengan kenangan benda-benda elektronik yang telah merubah banyak kehidupan.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.