Jangan Dibuang, Inilah Manfaat Hebat Air Bekas Cucian Beras

AnakRegular | Inilah sejuta manfaat hebat air bekas cucian beras bagi kesehatan dan kecantikan tubuh manusia

Jangan Dibuang, Inilah Manfaat Hebat Air Bekas Cucian Beras

Sebelum dimasak untuk dijadikan nasi, beras biasanya dicuci terlebih dahulu sampai bersih. Setelah bersih biasanya orang akan langsung membuang air bekas cucian beras tersebut. Padahal tidak hanya berasnya saja yang bermanfaat bagi kita, tenyata air bekas cucian beras pun kaya akan manfaat. Air beras mengandung berbagai khasiat menakjubkan bagi manusia.

Air Beras kaya akan mineral dan vitamin untuk kecantikan kulit dan rambut. Butir beras kaya akan asam ferulic antioksidan yang hebat dan penuh dengan allantoin yang dikenal karena sifat anti inflamasi. Selain menjadi salah satu zat pembersih kulit paling lembut. Air beras juga mengandung vitamin B1, C, E, dan mineral yang dapat mengecilkan pori-pori, mengencangkan kulit, mencerahkan dan melembutkan kulit.

Sebenarnya untuk mendapatkan kulit yang bening dan cerah tersebut tidak butuh uang yang banyak karena Anda bisa memanfaatkan air beras. Beras mengandung beberapa zat yang dapat digunakan untuk kecantikan, Kandungan yang ada dalamberas tersebut biasa disebut dengan oryzanol. Kandungan ini memiliki kemampuan untuk menangkal sinar ultaviolet ke dalam kulit sehingga sangat baik bagi kesehatan kulit.

Selain itu, masih banyak kandungan yang lainnya yang juga sangat baik bagi kesehatan kulit. Adapun cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit bisa dilakukan dengan dua cara. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

Cara pertama ini termasuk cara mudah yakni dengan mencampur air dan beras. Beras yang dicampurkan dengan air adalah sebesar 1/4 kg, kemudian aduk merata air dengan beras dan saring beras sehingga didapatkan air cucian saja. Lakukan hal ini sebanyak tiga kali. 

Air yang disaring tersebut kemudian dimasukkan dalam wadah. Gunakan air tersebut untuk mencuci muka setiap saat sehingga didapatkan wajah yang bersih dan cantik. Jika disimpan di kulkas, air cucian beras yang disimpan dalam wadah tertutup bisa bertahan sekitar satu minggu.

Cara yang kedua ini termasuk cara langsung yakni dengan memasukkan beras ke dalam kain katun atau wadah lain yang tidak mudah robek. Setelah itu, tumbuk pelan beras dalam kain sehingga hancur. Beras dalam kain yang sudah hancur tadi masukkan ke dalam air hangat untuk diusapkan ke bagian wajah. Usapkan buntalan beras dalam kain tersebut secara merata untuk mendapatkan hasil yang maksimal. setelah itu, bilas dengan air dingin dan bersihkan dengan handuk.

Demikian dua cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan manfaat air cucian beras untuk wajah dan kulit, lakukan kegiatan mencuci muka dengan air beras secara rutin baik dengan cara satu atau cara dua untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Secara garis besar berikut adalah beberapa manfaat air beras untuk kesehatan rambut dan kulit

A. Untuk Rambut

Meningkatkan pertumbuhan rambut

Setelah mencuci rambut dengan menggunakan sampo, hindari penggunaan kondisioner. Sebaliknya, gunakan air beras untuk membilas rambut Anda. Lakukan tips ini dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik. Baca juga: 8 Cara Alami Menumbuhkan Rambut Lebat dengan Cepat

Mengurangi rambut bercabang

Jika Anda ingin mengatasi rambut bercabang secara alami, lakukan tips sederhana berikut ini. Rendam ujung-ujung rambut Anda dalam semangkuk air beras selama 15 menit. Setelah itu, bersihkan bekasnya denga mencuci rambut dengan air mengalir.

Meningkatkan tekstur rambut

Manfaat air beras lainnya untuk rambut yaitu mampu meningkatkan tekstur rambut Anda. Bagi anda yang memiliki rambut tipis, sebaiknya lakukan terapi air beras ini. Caranya, bilas rambut anda dengan air beras tiga kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil terbaik.

Menghilangkan ketombe

Ketombe merupakan masalah kulit kepala yang biasanya dialami oleh hampir semua orang. Untuk mengurangi produksi ketombe, membilas rambut dengan air beras akan menjadi cara yang efektif.

Membuat rambut berkilau

Agar rambut Anda berkilau alami, ikuti tips sederhana berikut. Buatlah campuran yang terdiri dari air beras dan air mawar, lalu bilaskan pada rambut Anda. Setelah selesai, tempatkan tutup plastik di kepala Anda. Setelah 20 menit, angkat penutup dan bilas dengan baik.

Membasmi kutu

Selain dapat menghilangkan ketombe, air beras juga terbukti mampu menyingkirkan kutu rambut. Pati yang hadir dalam air beras akan membunuh kutu langsung bersama dengan telurnya.

B. Untuk Kulit

Memudarkan noda hitam

Untuk menghilangkan noda di kulit Anda, cukup pakai air beras. Anda juga bisa menambahkan kunyit ke dalam air beras sebelum dibilaskan ke kulit.

Menyembuhkan jerawat

Air beras bila digunakan sebagai pencuci muka secara teratur membantu mengurangi produksi jerawat. Namun, penggunaan rutin air beras membuat kulit Anda kering. Simak tentang: Benarkah Memencet Jerawat Itu Berbahaya?

Mengatasi komedo

Untuk mengatasi komedo yang membandel, gunakan air beras yang suam-suam kuku untuk membilas wajah Anda, lalu biarkan hingga kering. Setelah itu, gunakan handuk lembut untuk menggosok komedo dari hidung Anda.

Memudarkan warna coklat kulit setelah berjemur

Kulit yang kecoklatan setelah berjemur di bawah terik matahari dapat diatasi dengan menggunakan air beras. Pakailah kapas atau handuk lembut untuk mengoleskan air beras di tubuh Anda selama 20 menit. Anda juga dapat menggunakan tomat sebagai campurannya. Setelah selesai, segeralah mandi untuk menghilangkan sisa-sisanya.

Mengencangkan kulit

Salah satu manfaat air beras untuk kulit Anda adalah membantu dalam mengencangkan kulit yang mulai mengendur terutama bagi Anda yang telah menjalani diet dan mengalami penurunan berat badan.

Mengurangi keriput

Ketika keriput mulai muncul di sudut mata Anda, segeralah mengatasinya dengan menggunakan air beras. Namun, dalam kasus ini, Anda harus menggunakan air yang berasal dari nasi.

Berikut Video Lengkapnya kawan :

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.