Kebersihan Negara Jepang Yang Dikagumi Dunia

Jepang merupakan salah satu negara maju di dunia. Walau tidak mempunyai sumber daya alam yang melimpah Jepang bisa menjelma menjadi salah satu negara paling kuat di dunia. Teknologi otomotif menjadi salah satu unggulan negara sakura ini. 

Selain itu Jepang juga dikenal sebagai negara paling bersih di dunia. Hampir tidak ada sampah yang berserakan di jalanan Jepang, semuanya bersih bahkan solokan pun tak pernah tertimbun dengan namanya sampah. Tak seperti negara lainnya, kedisiplinan warga Jepang sangatlah tinggi. Warga jepang sangat menjungjung tinggi nilai kedisiplinan.

Hal ini tentunya menjadi pembeda antara Jepang dengan negara-negara lainnya, termasuk Indonesia. Meski pernah hancur berantakan setelah kalah dalam perang dunia ke dua Jepang bisa bangkit dan maju sangat jauh di depan. Bagi Jepang kebersihan dan kedisiplinan adalah no satu yang harus selalu dilakukan.

Saking bersihnya, kondisi di Jepang membuat sejumlah turis maupun pendatang baru berdecak kagum atas apa yang dilihatnya. Bahkan tak sedikit yang mengabadikannya dalam sebuah foto. Berikut adalah 3 Foto Super Bersih dari Jepang yang dikagumi dunia.

Baca juga : Negara maju yang tak punya sumber daya alam

Bersihnya banjir di kereta bawah tanah

Kebersihan Negara Jepang Yang Dikagumi Dunia

Sejak dihantam oleh badai tropis Etau, sejumlah tempat di Jepang dilanda banjir, salah satunya di lokasi kereta bawah tanah (subway). Banjir ini membuat seluruh dunia gempar bukan karena kerusakan akibat bencana alam itu, namun karena betapa bersihnya air banjir.

Saking bersihnya, sejumlah netizen menyangka bahwa foto-foto penampakan banjir di subway di Jepang ini merupakan hasil editan. Bagaimana tidak, banjir tersebut malah membuat lorong subway terlihat seperti kolam renang.

Dilansir dari situs media sosial China, Weibo.com, air banjir di China dan beberapa tempat di Asia sangat berbahaya karena mengandung bakteri dari sampah yang berserakan. Tak terkecuali Indonesia, saat banjir beberapa waktu lalu yang airnya keruh dan berbau. Beberapa netizen menyebut banjir di Jepang ini sebagai bukti betapa disiplinnya masyarakat Jepang dalam membuang sampah.

Bersihnya Saluran Air di Kota Tua


Bicara soal kebersihan, Jepang memang tiada duanya. Warga negeri sakura ini terkenal atas kedisiplinannya memelihara lingkungan mereka dari berbagai macam sampah. Jika sebelumnya beningnya air banjir di kereta bawah tanah bikin kagum dunia. Foto-foto ini juga mengundang kekaguman serupa. Sebuah kali kecil yang membelah wilayah bernama Hida-Furukawa, Perfektur Gifu ini bikin geleng-geleng kepala.

Aliran air di dalamnya sangat bening, bahkan orang-orang yang sedang berjalan kaki bisa melihat ikan-ikan koi berenang. Dalam keadaan tertentu, masyarakat setempat kerap menangkap ikan-ikan tersebut untuk dikonsumsi. Coba bandingkan dengan Indonesia, kali kecil saja kotornya minta ampun hingga berbau tak sedap. Orang-orang senang membuang sampah di kali daripada ke tempat sampah.

Mungkin cara yang dilakukan orang Jepang ini bisa menjadi inspirasi.

Selalu Bersih-bersih setelah ada acara besar

Kebersihan Negara Jepang Yang Dikagumi Dunia

Suporter sepakbola dikenal memiliki reputasi sebagai penyebab kekotoran stadion, apalagi usai tim yang didukung mereka mengalami kekalahan. Namun hal ini tidak berlaku bagi para pendukung Jepang di Piala Dunia 2014.

Usai Nippon menyerah dari Pantai Gading, suporter mereka justru lebih dulu membersihkan tribun Arena Pernambuco, Recife yang sebelumnya mereka kotori. Pendukung Shinji Kagawa cs memang tampil atraktif di laga tersebut dengan membawa puluhan kantong plastik berwarna biru.

Samurai Biru sendiri harus menyerah dengan skor 1-2 di laga tersebut meski unggul hingga satu jam laga melalui gol Keisuke Honda di paruh pertama. Nah walau berada di negara yang sangat juah, warga Jepang tetap saja memperhatikan kebersihan yang ada disekitarnya.

Bagi warga Jepang, kebersihan adalah hal yang harus selalu di jaga dan dilakukan kapan saja dan dimana saja. Semoga apa yang dilakukan warga Jepang bisa menjadi pelajaran bagi kita semua, betapa pentingnya mengajarkan kedisiplinan dan menjaga kebersihan sedari kecil.

t;/noscript>

loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.