Tujuh Gunung Yang Dianggap Suci di Dunia

Gunung adalah salah satu bagian alam yang menyimpan banyak manfaat bagi kehidupan dunia. Gunung bisa menjadi tempat pohon-pohon tumbuh serta tempat hidup para hewan. Bagi manusia keberadaan gunung bisa dijadikan sebuah pemandangan yang indah atau pun sebagai tempat untuk bercocok tanam.

Ada banyak gunung di dunia ini, mulai dari gunung biasa hingga gunung api yang sewaktu-waktu bisa memberikan bencana kepada kehidupan dunia. Dari banyaknya gunung yang ada, ternyata ada beberapa gunung yang dianggap suci oleh sebagian orang. Seperti gunung fuji di Jepang dianggap sakral dan suci oleh penduduknya.

Gunung yang dianggap suci dan sakral biasanya tak pernah lepas dari sebuah peristiwa atau kisah didalamnya. Beberapa orang percaya jika dengan kisah tersebut. Karena dianggap suci orang-orang yang datang ke gunung tersebut pun sangatlah dibatasi. Berikut adalah gunung-gunung yang dianggap suci di dunia:

Gunung Lykaion, Yunani 

Tujuh Gunung Yang Dianggap Suci di Dunia

Gunung Lykaion yang ada di Yunani memiliki kisah unik yang sangat menarik. Dikisahkan jika dulu di gunung ini hidup raja dengan 50 anak laki-laki dan 1 anak perempuan. Sialnya, anak sang raja justru dihamili oleh Zeus, di dewa terbesar. Tak tahan dengan kejadian ini, raja bernama Lykaon membunuh anak Zeus lalu membawa mayatnya ke muda si dewa besar itu. Amarah Zeus pecah, ia membunuh 50 anak laki-laki Lykaon dan mengubah sang raja jadi manusia serigala.

Di era modern, pengikut Lykaon masih melakukan ritual untuk melanjutkan kisah rajanya. Mereka akan menyuruh salah satu pengikut makan daging manusia yang dikorbankan. Setelah makan daging itu, ia akan jadi serigala selama sembilan tahun. Dalam wujud serigala itu, ia dilarang makan daging manusia, atau selamanya akan jadi serigala. Anda percaya dengan cerita ini?

Gunung Uluru atau Ayers Rock, Australia

Tujuh Gunung Yang Dianggap Suci di Dunia

Anda pernah melihat kartun Avatar Aang yang mampu berkomunikasi dengan sesuatu di alam roh? Ini versi nyatanya. Suku-suku aborigin Autralia percaya jika batu yang  sangat besar dan menjulang ini dibuat oleh nenek moyangnya. Tujuannya adalah sebagai alat komunikasi saat mereka saling bepergian jauh.

Di beberapa bagian dari gunung batu ini terdapat petroglyps berupa gambar-gambar hewan. Jika salah satu petinggi suku menyentuhnya, ia dapat berkomunikasi dengan leluhurnya. Dengan begitu ia dan suku yang dipimpinnya mampu bertahan di era modern yang kian menekan ini. Gunung batu ini sangat sakral hingga sering sekali diadakan acara adat di sana.

Gunung Fuji, Jepang

Tujuh Gunung Yang Dianggap Suci di Dunia

Pernahkah anda melihat film dari Studio Gibli berjudul Putri Kaguya? Well, cerita itu adalah awal mula dari legenda Gunung Fuji yang menjadi simbol Jepang ini. Diceritakan jika Kaguya lahir dari bambu, ia tumbuh begitu cepat selayaknya bambu muda. Kecantikannya membuat banyak orang terpesona. Hingga akhirnya banyak raja yang kesengsem. Namun Kaguya harus kembali ke bulan untuk kembali ke kayangan.

Raja yang sedih menyuruh seluruh hadiah yang disiapkan untuk Kaguya dibakar. Dalam hadiah itu terdapat juga air keabadian. Seluruh barang yang dibakar akhirnya dimasukkan ke gunung yang berdekatan dengan bulan. Itulah mengapa Gunung Fuji dianggap sebagai gunung keabadian. Ada air keabadian yang masuk dan bersemayam di dalam perutnya.

Gunung Kailash, Tibet

Tujuh Gunung Yang Dianggap Suci di Dunia

Gunung Kailash adalah gunung yang dianggap suci di Tibet. Di sana muncul legenda tentang tempat berpestanya Dewa Siwa dan juga Dewi Parwati. Kedua dewa ini menikah dan akhirnya turun ke gunung ini untuk menikmati keindahan bumi. Sejak saat itu gunung ini menjadi suci dan dianggap banyak dihuni makhluk tak kasat mata.

Sebuah legenda mengatakan jika mengelilingi gunung ini sekali maka semua dosa dalam hidup akan dihapuskan. Mengelilingi 10 kali akan menjadikan tubuh kebal dari hal buruk. Dan jika mampu mengelilingi sebanyak 100 kali orang ini akan sejajar dengan Buddha. Meski demikian, untuk datang ke tempat ini butuh izin khusus. Selain itu tempatnya sangat ekstrem dan rawan kecelakaan.

Gunung Sanjo, Jepang

Tujuh Gunung Yang Dianggap Suci di Dunia

Gunung Sanjo adalah gunung yang banyak dipercaya menyimpan banyak emas di dalamnya. Di masa lalu raja daerah setempat percaya jika emas itu dapat membantu memperlebar kekuasaannya. Ia sampai membangun kuil dan menyuruh banyak sekali biksu Buddha untuk mampu mengeluarkan emas yang ternyata susah di dapat.

Di era modern, gunung ini dijadikan tempat peribadatan kaum Shugendo yang penuh kontroversi. Mereka memiliki syarat khusus kepada siapa saja yang boleh naik sampai ke kuil. Wanita, pria dari luar negeri, pria beda agama, penyuka sesama jenis, dan anjing tidak boleh masuk kuil. Mereka meminta tradisi ini dihormati oleh siapa saja. karena telah dilakukan selama beratus-ratus tahun.

Gunung Shasta, Amerika

Tujuh Gunung Yang Dianggap Suci di Dunia

Menurut legenda, gunung ini digunakan sebagai pertarungan antara dewa alam bawah dengan orang yang dikirim pemilik gunung. Pertarungan ini dilakukan untuk memperebutkan anak ketua suku yang terbilang sangat cantik menurut versi mereka. Pertarungan ini akhirnya dimenangkan oleh orang milik ketua suku.

Selain sebagai tempat pertarungan dewa dan dianggap sakral. Gunung ini dipercaya sebagai tempat masuk ke benua mistik bernama Lemuria. Di bagian gunung yang tersembunyi terdapat lorong masuk yang tidak semua orang mampu menemukannya. Saat ini, gunung Shasta dihuni beberapa sekte yang menganggap gunung ini sakral dan wajib dilestarikan.

Gunung Teide, Pulau Kenari

Tujuh Gunung Yang Dianggap Suci di Dunia

Seperti layaknya Gunung Shasta, gunung ini digunakan sebagai arena duel para dewa yang sangat kuat. Dewa kematian bertarung dengan dewa matahari dan mengurung dewa pemberi cahaya itu dalam gunung Teide. Akibatnya, dunia menjadi gelap abadi. Tak tahan dengan kelakuan si dewa kematian, dewa keadilan datang dan memasukkan dewa kematian dalam gunung yang erupsi. Sejak saat itu matahari kembali bersinar dan dunia tak gelap lagi.

Selain cerita dewa yang saling bertarung, gunung ini juga dianggap sebagai tempat hidupnya bangsa Atlantis yang terkenal itu. Legenda itu akhirnya menyebar ke seluruh dunia hingga sekarang. Suku Atltantis dianggap memiliki peradaban yang canggih meski akhirnya hilang dalam semalam saja.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.