5 Manusia Dengan Kemampuan Mengingat Luar Biasa di Dunia

Semua yang ada di dunia ini memang tidak ada yang sempurna dan abadi, semua yang ada awal pasti akan selalu ada akhirnya. Bagaimanapun kita mencoba semuanya akan berkurang dan rusak ditelan oleh jaman. Ingatan manusia juga seperti itu, seiring pertambahan usia ingatan manusia semakin melemah. 

Tak heran jika di masa tua banyak ingatan kita yang hilang dan untuk mengingat sesuatu pun sangat susah dilakukan. Normalnya setiap orang hanya akan mengingat sesuatu yang sangat penting dan berkesan dalam hidupnya. Sementara ingatan lainnya yang terjadi sepintas akan hilang dan tidak akan pernah diingat kembali.

Namun beda halnya dengan orang-orang berikut ini, terlahir dengan kemampuan tak biasa mereka bisa mengingat semua kejadian yang pernah mereka alami. Hebatnya lagi kemampuan ingatannya masih terus berlanjut walau usia mereka sudah tak muda lagi. Mereka bisa mengingat dengan detil seolah-olah merekam semua kejadian dalam sebuah video.


Rebecca Sharrock

5 Manusia Dengan Kemampuan Mengingat Luar Biasa di Dunia

Rebecca Sharrock, 25 tahun, punya kemampuan mengingat hampir seluruh detil dalam hidupnya yang pernah dia alami. Dia bahkan mampu mengingat seluruh isi buku novel Harry Potter hingga kata per kata. Saking hebatnya perempuan asal Brisbane, Australia tersebut termasuk satu di antara 80 orang di dunia yang disebut mempunyai Ingatan Otobiografi Super (HSAM) alias hyperthymesia.

Kelainan itu berarti dia mampu mengingat setiap detil kejadian seolah-olah hal itu baru saja terjadi. Sharrock mengaku dia mampu mengingat semua hal sejak saat itu.  Perempuan selalu memakai kacamata ini menuturkan karena kemampuannya itu terkadang ketika dia mengingat sesuatu maka dia bisa kembali merasakan emosi peristiwa itu.

"Misalnya saya ingat ketika pernah jatuh di rumah kakek saat usia saya masih tiga tahun. Lutut kiri saya saat itu terluka. Dan saat membicarakannya sekarang saya masih bisa merasakan sakitnya lutut kiri saya itu," kata dia.

Kondisi yang dialami Sharrock ternyata tidak selamanya membuat dia nyaman. Sharrock kerap merasa stres karena ingatan masa lalu yang membuat dia sakit atau sedih. Ingatan itu terkadang muncul sangat banyak dan membuat dia merasa tertekan. Dia bahkan harus tidur sambil mendengar radio dan lampu yang redup. Kalau terlalu gelap dan sunyi maka pikirannya bisa mengingat banyak hal dan itu membuat dia tidak bisa tidur.

Jill Price

5 Manusia Dengan Kemampuan Mengingat Luar Biasa di Dunia

Jill Price menjadi salah satu manusia dengan kemampuan mengingat yang luar biasa. Dia menganggapnya ini sebagai anugerah. Price yang juga warga negara Amerika Serikat merekam setiap kehidupannya di otak dia seperti kamera video. 

Dia mengingat nama-nama korban kecelakaan sebuah pesawat pada 1988 dan beberapa peristiwa penting lainnya. Meski ini sebuah anugerah namun terkadang Price juga tersiksa lantaran dia juga mengingat peristiwa paling menyakitkan dalam hidupnya seperti ditolak lelaki, tidak ada yang mengajak kencan, dan sebagainya.

Joey Degrandis

5 Manusia Dengan Kemampuan Mengingat Luar Biasa di Dunia

Warga New York bernama Joey Degrandis berusia 30 tahun, mampu mengingat setiap kejadian dalam hidupnya setiap hari sejak usia 10 tahun. Dia termasuk satu di antara 80 orang di dunia yang didiagnosa memiliki kelainan hyperthymesia kondisi yang membuat seseorang mampu mengingat segala detil dalam hidupnya.

Saat dia masih sekolah DeGrandis ingat dia pernah menunjukkan kemampuannya mengingat nama hari dari tanggal dan tahun yang disebutkan orang.

Stefan Bleekrode

5 Manusia Dengan Kemampuan Mengingat Luar Biasa di Dunia

Seniman Belanda Stefan Bleekrode telah dianugerahi bakat yang sangat menakjubkan. Dia bahkan bisa menggambar sketsa kota-kota yang telah dikunjunginya dengan luar biasa rinci. Dan menariknya, dia melakukan itu hanya dengan menggunakan daya ingatnya.

Pria 28 tahun ini telah menggunakan kekuatan ingatannya untuk membuat sebuah cityscapes, serangkaian sketsa dari beberapa kota yang paling terkenal di dunia, seperti London, New York dan Paris. Gambar Stefan begitu rinci sehingga hampir mustahil untuk percaya dia hanya mengandalkan ingatannya.

Hanya dengan menggunakan tinta dan kekuatan memorinya, dia bisa menyusun gambar yang sangat padat dan realistis. Sebagian besar gambarnya melukiskan pemandangan bangunan, jalan, lampu, jembatan dan rincian lainnya. Teknik yang canggih, perspektif yang tepat, dan detail yang menakjubkan membuat setiap gambarnya terlihat seolah-olah mereka ditangkap dari sudut pandang udara.

Menariknya, Stefan telah melakukan hal ini sejak dia berusia 10 tahun. Dia memulai bakat seninya dengan gambar impresionis dari tempat-tempat di Prancis dan Belgia, dan perlahan-lahan melatih pikirannya untuk mengingat setiap detail di lokasi tertentu.

Laurence Kim Peek

5 Manusia Dengan Kemampuan Mengingat Luar Biasa di Dunia

Laurence Kim Peek, lelaki kelahiran Negara Bagian Utah, Amerika Serikat memang sudah meninggal pada 2009. Tapi selama hidupnya dia telah menghafal sebanyak 12 ribu buku. Dia sangat luar biasa dalam mengingat informasi. Dia bahkan mampu membaca dua halaman buku sekaligus hanya menggunakan mata kiri dan kanannya.

Dia merupakan contoh manusia luar biasa dengan daya ingat sangat mengagumkan. Dia memiliki kemampuan ingatan fotografik sehingga bisa mengingat berbagai hal yang pernah dialaminya hampir 98 persen secara detail. isah hidupnya menginsipirasi pembuatan film Rain Man. Namun dia juga dikabarkan memanfaatkan kemampuannya itu dalam bermain kartu.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.