6 Cara Ampuh Usir Kantuk Tanpa Harus Minum Kopi

Ngantuk atau mengantuk adalah sebuah keinginan dari diri kita untuk segera tidur. Biasanya rasa kantuk datang karena kurang tidur, kurang olahraga, atau pun lelah beraktivitas. Saat tubuh lelah dan mata mulai menutup, biasanya orang-orang akan mengambil gelas lalu membuat kopi hangat untuk mengusir rasa ngantuk tersebut.

Memang dalam kehidupan sehari-hari kopi adalah pengusir kantuk paling populer di kalangan pekerja kantoran. Namun sayangnya, pengidap masalah asam lambung harus menghindari minuman tersebut. Beberapa orang mengeluhkan nyeri lambung saat terlalu banyak minum kopi. 

Ada pula yang mengalami perut begah, kembung, dan sering buang angin. Jika Anda termasuk di antaranya, mau tidak mau harus mencari alternatif pengusir kantuk. Berikut adalah beberapa cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk menghindari rasa ngantuk tanpa harus minum kopi :

6 Cara Ampuh Usir Ngantuk Tanpa Harus Minum Kopi :

Makan Permen Karet

6 Cara Ampuh Usir Kantuk Tanpa Harus Minum Kopi

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengusir rasa kantuk adalah dengan memakan permen karet. Memang tidak terlalu sehat, karena seperti yang kita tahu dalam sebuah permen mengandung banyak zat gula. Tapi untuk sekali-sekali, rasanya tidak akan terlalu berpengaruh terhadap kesehatan tubuh kita. 

Permen karet memang bisa mengusir rasa kantuk. tetapi sebenarnya bukan permennya, akan tetapi aktivitas kita saat mengunyah permen itulah yang membuat kita tidak jadi mengantuk. Mulut, gigi dan otot rahang yang bergerak-gerak itu membuat kita tetap segar dan terjaga.

Minum Air Putih

6 Cara Ampuh Usir Kantuk Tanpa Harus Minum Kopi

Salah satu penyebab rasa kantuk adalah dehidrasi, yakni kekurangan cairan pada tubuh. Dan cairan yang paling baik untuk tubuh adalah air putih. Dan sudah banyak yang merasakannya, bahwa kesegaran air putih dapat menghilangkan rasa kantuk pada diri kita. 

Saat terlalu sibuk beraktifitas, kita memang sering kali lupa untuk minum. Jangan pernah lupa untuk sering minum air putih. Rutinlah untuk minum air putih, terutama saat baru bangun dan saat akan tidur. Saat mengantuk? cobalah juga air putih ini. Dijamin rasa kantuk akan segera pergi.

Makan Buah Apel

6 Cara Ampuh Usir Kantuk Tanpa Harus Minum Kopi

Buah apel, selain nikmat dan mengandung banyak vitamin juga dapat menghilangkan rasa kantuk pada diri kita loh. Buah berwarna merah ini mengandung fruktosa, yang tidak lain adalah gula alami. Zat itulah yang dapat membuat tubuh kita tetap segar dan terjaga saat beraktivitas. 

Rasa manisnya dapat menyegarkan tubuh kita, mulai dari mulut, kerongkongan, otak hingga mengalir keseluruh tubuh kita. Selain itu, buah apel memang sangat nikmat bukan. Kita bisa memakannya begitu saja atau dibuat jus tanpa gula. Membayangkannya saja sudah terasa kesegarannya.

Makan Cokelat

6 Cara Ampuh Usir Kantuk Tanpa Harus Minum Kopi

Cara menghilangkan kantuk selanjutnya adalah dengan makan cokelat. Siapa yang tidak menyukai cokelat, rasanya yang manis dan lembut itu sering membuat kita ketagihan. Tapi, saat ini pilihlah cokelat yang berwarna gelap, atau biasa disebut dengan “dark cokelat”. 

Cokelat hitam dapat mengangkat hormon-hormon bahagia dalam diri kita. Kita pun akan kembali bersemangat setelah memakannya. Kenapa harus cokelat hitam? Karena kandungan kakao di dalamnya lebih banyak dibanding kandungan gula. Jadi, kita tidak usah khawatir akan bahaya kencing manis.

Makanan Pedas

6 Cara Ampuh Usir Kantuk Tanpa Harus Minum Kopi

Makanan pedas ternyata bisa mengusir rasa kantuk dan membuat kita tetap terjaga nih. Karena saat makan makanan dengan rasa pedas, itu dapat meningkatkan debaran pada jantung kita. Selain itu tubuh kita juga akan terasa segar, karena rasa pedas bisa merangsang sirkulasi darah. 

Akan tetapi, jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan dengan rasa ini. Apalagi jika kamu termasuk orang yang tidak tahan dengan rasa pedas atau kamu penderita penyakit maag. Karena takutnya, justru kesehatan kamu yang akan bermasalah nantinya.

Nonton video lucu

6 Cara Ampuh Usir Kantuk Tanpa Harus Minum Kopi

Sejenak berpaling dari pekerjaan, tanpa harus meninggalkan meja kerja, lalu buka video-video lucu yang menghibur di internet. Jika senang bermain games ringan di jejaring sosial, tidak ada salahnya curi-curi waktu untuk memainkannya saat sedang jenuh dan mengantuk. "Mengalihkan fokus ke hal lain, baik visual maupun stimulasi lain yang menarik, cukup untuk membangkitkan kewaspadaan," kata Anne Milasincic Andrews, pakar neurofarmakologi dari University of California.

Nah itulah kawan, 6 cara alternatif bagi Anda yang sering mengantuk di kantor ataupun disekolah. Dengan cara diatas rasa kantuk tidak akan datang, dan aktivitas Anda akan menjadi lebih lancar.


loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.