Dampak Buruk Menggunakan Gadget Sambil Tiduran

Gagdet merupakan produk teknologi yang sudah melekat dalam kehidupan manusia. Hampir semua orang sudah memilikinya. Pada dasarnya gadget digunakan untuk mengakses informasi atau berkomunikasi dengan orang lain dalam jarak yang berbeda. Namun saat ini gadget sudah menjadi simbol sosial yang berbeda di masyarakat. Karena itu beda gadget beda pula tingkatan sosialnya.

Salah satu kebiasaan yang selalu dilakukan oleh banyak orang adalah selalu menggunakan gadget sambil tiduran entah di kasur ataupun di kursi. Bahkan sebelum dan setelah bangun tidur pun banyak orang langsung teringat dengan gadgetnya. Tanpa disadari kebiasaan tersebut selalu terjadi dengan sendirinya. Namun perlu diketahui menggunakan gadget sambil tiduran ternyata sangat berbahaya lho.


Menurut penelitian, jika Anda masih menggunakan ponsel hingga satu jam sebelum tidur, kualitas tidur akan menurun dan kesehatan pun terpengaruh secara jangka panjang. Otak manusia pun akan kehilangan sebagian kemampuannya merekam memori gegara gangguan tidur tersebut. Kualitas tidur yang buruk membuat kita sulit belajar keesokan harinya.

Dampak Buruk Menggunakan Gadget Sambil Tiduran

Layar ponsel sendiri memiliki cahaya biru yang sangat terang karena dibuat untuk bisa terlihat dalam cahaya matahari siang. Para peneliti menduga bahwa cahaya biru ini dapat merusak retina dan menyebabkan katarak walaupun studi lanjut masih diperlukan. Cahaya biru yang terang tadi membuat otak mengira malam hari sebagai siang sehingga badan tidak bisa tidur dan beristirahat.

Jika kebiasaan ini diterus-teruskan, badan akan mengalami efek buruk kekurangan istirahat di malam hari. Jika tidur terganggu, berbagai proses detok pembersihan tubuh dari racun di malam hari juga terganggu. Karena itulah sangat penting bagi semua orang untuk menjauhkan gadget di malam hari dan tidur dengan baik.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.