Empat Aturan Ketat China Dalam Memberantas Korupsi

Korupsi adalah salah satu penyakit masyarakat yang telah merugikan banyak orang. Demi mendapatkan kekayaan secara instan banyak orang melakukan korupsi dalam pekerjaannya. Biasanya korupsi selalu terjadi di lingkungan pemerintah, dimana para pejabat kerap melakukan penyelewengan dana ketika menentukan anggaran negara.

Korupsi ini hampir terjadi di seluruh negara, mau negara maju dan berkembang korupsi kerap terjadi walau aturan dan hukum sudah dipertegas korupsi masih tetap dilakukan. Hampir tidak ada kata takut atau menyesal ketika seseorang melakukan korupsi. Mereka masih bisa tersenyum ketika ditangkap karena telah melakukan korupsi pada negara.

Salah satu negara yang menerapkan hukum dan aturan ketat terkait korupsi adalah China. Karena kasus korupsi di China sangatlah memprihatinkan saat ini pemerintahnya telah membuat aturan dan hukum yang sangat ketat kepada para pejabat nya. Tak tanggung-tanggung hukum berat seperti hukuman mati akan diberlakukan pada para koruptor China yang terbukti bersalah.

Empat Aturan Ketat China Dalam Memberantas Korupsi


Berikut adalah Empat Aturan Pemerintah China Dalam Memberantas Korupsi :

Pejabat China dilarang ikut klub golf

Partai Komunis China melarang anggotanya menjalankan gaya hidup berlebihan dan serampangan. Di antaranya sering menyantap makanan dan minuman mahal, berselingkuh, maupun ikut dalam sebuah klub golf. Edaran ini telah di sebar kemarin, kepada seluruh pejabat Negeri Tirai Bambu.

Salah satu yang jadi sorotan, dalam edaran pemerintah pusat, adalah kebiasaan banyak pejabat main golf. Jelas disebutkan dalam surat edaran tersebut agar anggota PKC, "tidak memegang atau menggunakan kartu keanggotaan untuk pusat-pusat kebugaran, klub-klub, klub golf, atau berbagai jenis lain kartu konsumen atau memasuki klub-klub golf swasta."

Pelanggaran bisa di sanksi peringatan tertulis sampai dicabut keanggotaannya dari partai. Seluruh 88 juta pejabat di China wajib menaati edaran ini. Pengamat politik China, Willy Lam, mengatakan edaran ini melengkapi aturan sebelumnya yang juga mengatur perilaku pejabat. Misalnya dilarang menggelar pesta dengan dana besar atau membeli kue memakai uang negara.

Pejabat China disuruh lihat koruptor di penjara

Gerakan anti korupsi gaya baru dicanangkan Partai Komunis China. Setiap pejabat partai itu kini mengikuti tur ke penjara-penjara. Mereka diajak menengok rekan yang mendekam di bui karena mencuri uang rakyat.

'Piknik' merasakan penjara itu sudah digelar di Provinsi Hubei. Lebih dari 70 pejabat provinsi itu, bersama istri masing-masing - diajak menemui 15 bekas petinggi yang kini kurus kering karena dicokok polisi.

Ide mengajak pejabat mengunjungi rekannya yang dipenjara dicetuskan pertama kali oleh Komisi Pusat Disiplin Anggota Partai Komunis China (CCDI). "Dengan kunjungan ini, para kader kami dorong untuk lebih memahami hukuman yang mereka terima bila melakukan korupsi," tulis pernyataan tertulis CCDI.

Pejabat China dilarang beli kue Imlek pakai uang negara

Pejabat China diberitakan dilarang memberi parsel berisi kue bulan menggunakan uang negara. Hal ini diserukan Presiden Xi Jinping dalam programnya melawan korupsi. Pasalnya kue ini biasa digunakan mereka dalam memberi hadiah terselubung dalam festival tahunan musim gugur, sebut Komisi Pusat Pemeriksa Kedisiplinan Partai Komunis China.

Diketahui, bagi siapapun yang tidak mengindahakan aturan ini, Komisi Kedisiplinan akan segera mengadili tindakan tersebut.

Pejabat China tidak boleh buat pemakaman mewah

Partai Komunis China mengatakan akan melarang anggota mereka memiliki pemakaman mewah untuk keluarga dalam gerakan melawan hal mubazir, seperti korupsi dan bermewah-mewahan. Pelarangan diumumkan dalam surat edaran partai.

Dalam surat itu juga disebutkan setiap anggota partai tidak diperbolehkan untuk menerima uang duka dari para pelayat, karena sering ditemukan praktik suap terselubung. Penghormatan berlebihan bagi orang meninggal di China diketahui sebagai pembuktian kelas seseorang, namun partai menilai hal tersebut dapat menjadi pemborosan tersendiri.
loading...

Perhatian :
Buat kawan-kawan semua jika suka dan ingin mengcopy paste artikel dari anakregular.com Ada kiranya, kawan-kawan yang baik hati untuk mencantumkan link sumber yang aktif dari blog anakregular.com. Karena satu link yang Anda ambil dan ditaruh di blog atau media sosial lainnya sangatlah penting bagi kami. Terima Kasih.